Cara Download Prefill Dapodik 2021

Posted on

Cara Download Prefill Dapodik – Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai aplikasi dapodik terutama yang berhubungan dengan tugas dari seorang operator dapodik sekolah. Perlu diketahui bahwa sekarang ini aplikasi dapodik baru saja di rilis, yakni aplikasi dapodik dengan versi terbaru yang dinamakan dengan aplikasi dapodikdasmen versi 2021. Aplikasi Dapodikdasmen sendiri adalah sebuah aplikasi dapodik yang digunakan untuk menginput data pada tahun pelajaran 2021/2022.



Saat memasuki tahun pelajaran baru pastinya pihak kemendikbud yang dalam hal ini merupakan pengembang aplikasi dapodikdasmen pusat akan merilis aplikasi dapodik dengan versi terbaru. Hal ini bertujuan supaya aplikasi yang sebelumnya mengalami pembaharuan dan semakin meningkatkan performa aplikasi yang ingin digunakan sehingga para pengguna nantinya bisa menggunakannya dengan mudah.

Sedangkan untuk masalah penginputan data sekolah yang dimulai dari data guru, data peserta didik, data sarana prasarana, dan data sekolah yang lainnya sudah menjadi tanggung jawab dan tugas yang harus dilakukan oleh operator sekolah. Jika Anda merupakan seorang operator sekolah maka sudah pasti Anda mengetahui bagaimana cara menginstall aplikasi dapodik dan bagaimana prosedur awal yang perlu dilakukan sebelum menggunakan aplikasi dapodik.

Baca juga: Cara Login Dapodikdasmen

Akan tetapi, jika Anda merupakan pegawai baru yang baru saja mendapat tugas sebagai operator sekolah maka Anda harus banyak belajar dari berbagai sumber atau bisa juga melalui buku panduan dalam menggunakan dapodik supaya Anda nantinya bisa melakukan pengisian dapat di dapodik dengan baik dan benar. Langkah awal yang harus dilakukan sebelum menginput data pada aplikasi dapodik adalah dengan mendownload aplikasi dapodik terlebih dahulu. Selain itu, Anda juga harus mendownload prefill dapoduk yang disesuaikan dengan prefill sekolah Anda sendiri.

Setiap sekolah mempunyai prefill dapodik yang tidak sama, karena di dalam prefill dapodik tersebut ada beberapa data terbaru yang dimiliki oleh masing-masing sekolah ketika sekolah melakukan syncronisasi data dapodik.

Kami disini akan memberikan tutorial mengenai cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mendownload prefill dapoduk yang sesuai dengan prefill sekolah masing-masing.  Bagi Anda yang masih belum mengetahu bagaimana cara download prefill dapodik 2021 maka Anda bisa mengikuti panduan cara yang akan kami sampaikan pada artikel ini. Namun sebelum itu, kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai prefill dapodik.



Prefill Dapodik 2021

Prefill dapodik merupakan suatu tahapan yang dilakukan untuk mengambil data sebuah sekolah langsung dari server dengan tujuan agar bisa dilakukan registrasi pada aplikasi dapodikdasmen secara offline atau bisa berupa fail atau prf. Sedangkan pengertian dari generate prefill adalah data sekolah yang merupakan hasil dari sinkronisasi terakhir.

Supaya keamanan para pengguna lebih terjamin, sekarang ini proses untuk generate prefill dapat dilakukan setelah petugas pendataan memasukkan suatu username dan password yang benar lengkap dengan kode registrasi yang didapat dari Dapodikdasmen sekolah yang masih aktif.

Ketentuan Umum

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai langkah-langkah dalam mendownload prefill dapodik, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu ketentuan-ketentuan umum yang berlaku. Adapun ketentuan-ketentuan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Generate prefill adalah suatu tahapan yang dilakukan untuk mengambil data dari setiap sekolah secara langsung dari server agar bisa dilakukan registrasi pada aplikasi dapodik dengan cara offline.
  • Data sekolah yang ingin diambil merupakan data hasil dari sinkronisasi yang terakhir.
  • Ketentuan yang ketiga adalah memasukkan username, password dan kode registrasi yang sesuai dengan yang tercantum dalam aplikasi dapodik.
  • Jika petugas atau operator yang melakukan pendataan di sekolah tersebut mengalami pergantian maka untuk kode registrasi, username dan password bisa diganti oleh admin dari dapodik dinas pendidikan.
  • Untuk registrasi awal pada aplikasi dapat dilakukan langsung tanpa perlu menggunakan prefill, namun dalam hal ini harus terkoneksi dengan jaringan internet (online).
  • Jangan sampai melakukan registrasi dengan menggunakan prefill yang sudah lama alias kadaluarsa.
  • Jika ingin berpindah dengan menggunakan komputer atau PC yang lain, maka Anda harus melakukan siklus “sinkronisasi lalu generate prefill ulang”. Adapun tujuannya adalah untuk mencegah dalam menduplikasi data.

Mungkin itulah beberapa ketentuan yang wajib dipatuhi oleh petugas ataupun operator yang ingin melakukan pendataan suatu prefill dapodik. Nah, untuk pembahasan berikutnya adalah cara menginstall aplikasi dapodik yang merupakan versi terbaru tahun 2021.

Cara Menginstal Dapodik 2021

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa aplikasi dapodik versi terbaru untuk tahun 2021 telah di rilis sehingga kami akan menjelaskan bagaimana cara menginstal aplikasinya terlebih dahulu. Adapun cara menginstallnya adalah sebagai berikut ini:



  • Langkah pertama silahkan Anda buka google chrome atau bisa juga mozilla firefox pada komputer yang Anda gunakan. Pada kolom search Anda bisa ketik DAPODIK 2021.
  • Selanjutnya klik yang paling atas, jika sudah Anda klik maka akan langsung muncul tampilan seperti gambar berikut ini.
  • Setelah berhasil masuk maka Anda bisa scrol kebawah hingga menemukan bacaan “Link Unduh Aplikasi Dapodik 2021” dan disini Anda bisa langsung memilih link yang pertama hingga link kelima, namun kami sarankan untuk menggunakan link yang pertama.
  • Jika Anda sudah klik link yang pertama maka Anda akan diarahkan menuju ke sebuah laman google drive. Pada laman tersebut akan ada bacaan download, kemudian langsung saja Anda klik bacaan download tersebut.
  • Selanjutnya aplikasi dapodik terbaru telah terdownload secara otomatis, tinggal Anda pastikan bahwa jaringan internet yang Anda miliki benar-benar lancar supaya tidak menunggu terlalu lama.
  • Setelah download selesai maka Anda bisa langsung menginstallnya, namun jika Anda sebelumnya sudah menginstall aplikasi dapodik versi lama maka Anda harus menghapus terlebih dahulu versi lama tersebut kemudian barulah menginstal versi yang terbarunya.

Cara Mendownload Prefill Dapodik 2021

Jika Anda sudah mengunduh dan menginstal aplikasinya, selanjutnya kami akan langsung menjelaskan bagaimana cara mendownload prefil dapodiknya. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Sama dengan cara yang sebelumnya, silahkan Anda buka google chrome atau mozila firefox pada komputer Anda. Pada kolom search langsung saja ketik DAPODIK 2021.
  • Kemudian klik yang paling atas, jika sudah di klik maka akan muncul tampilan seperti gambar berikut ini.
  • Selanjutnya Anda bisa langsung klik samping berita yakni unduhan, jika sudah di klik maka kemudian klik data prefill.
  • Jika sudah muncul maka kemudian Anda bisa memilih data dari provinsi manakah yang ingin Anda download. Berikut ini adalah beberapa provinsi yang bisa Anda pilih.
    1. Prov. Aceh
    2. Prov. Sumatera Utara
    3. Prov. Lampung
    4. Prov. Jambi
    5. Prov. D.K.I. Jakarta
    6. Prov. Riau
    7. Prov. D.I. Yogyakarta
    8. Prov. Jawa Barat
    9. Prov. Jawa Tengah
    10. Prov. Jawa Timur
    11. Prov. Sumatera Barat
    12. Prov. Sulawesi Selatan
    13. Prov. Sumatera Selatan
    14. Prov. Kalimantan Barat
    15. Prov. Kalimantan Tengah
    16. Prov. Bengkulu
    17. Prov. Kalimantan Selatan
    18. Prov. Kalimantan Timur
    19. Prov. Sulawesi Utara
    20. Prov. Kepulauan Bangka Belitung
    21. Prov. Sulawesi Tengah
    22. Prov. Sulawesi Tenggara
    23. Prov. Kepulauan Riau
    24. Prov. Kalimantan Utara
    25. Prov. Maluku
    26. Prov. Papua Barat
    27. Prov. Bali
    28. Prov. Nusa Tenggara Barat
    29. Prov. Nusa Tenggara Timur
    30. Prov. Papua
    31. Prov. Maluku Utara
    32. Prov. Banten
    33. Prov. Gorontalo
    34. Prov. Sulawesi Barat
    35. Luar Negeri
    36. Hong Kong
  • Setelah Anda memilih provinsi yang ingin di download maka akan tampil beberapa pilihan, silahkan Anda pilih salah satu dari beberapa pilihan tersebut. Kemudian jika sudah dipilih maka akan muncul tampilan yang dimana Anda harus mengisi username, password dan juga kode registrasi yang benar.
  • Setelah berhasil masuk maka akan muncul tampilan seperti gambar berikut ini. Lalu silahkan Anda klik bacaan download dan secara otomatis untuk data prefillnya sudah terdownload.
  • Apabila Anda sudah selesai untuk mendownload maka Anda bisa langsung mengcopy datanya, lalu pindah ke Local disk C yang ada di komputer. Lalu klik prefill_dapodik setelah berhasil masuk tinggal Anda paste data tersebut.

Baca juga: Cara Mengisi Absen Guru Online Dapodik

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara download prefill dapodik 2021 secara lengkap beserta pengertian prefill dapodik, ketentuan, dan cara download aplikasi dapodik. Untuk aplikasi dapodik versi apapun, cara untuk melakukan unduh atau download prefill dapodik caranya adalah sama seperti yang telah saya jelaskan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *