Prinsip Prinsip Belajar

Posted on

Prinsip Belajar dan Pembelajaran – Menurut Sudjana (2014, 28), belajar merupakan sebuah proses yang ditandai dengan adanya perubahan pada diri seseorang.

Sedangkan menurut Slameto (2010:2) menyebutkan bahwa belajar adalah sebuah proses usaha yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil dari pengalammnya sendiri dalam interaksi dengan lingkungnya.



Pendapat yang lain menurut Crow and Crow dalam Hamdani (2010:21) menyebutkan bahwa, belajar merupakan suatu upaya untuk memperoleh kebiasaan-kebiasaan, pengetahuan, dan sikap baru.

Sementara itu, Syah (2009:63) berpendapat bahwa belajar ialah suatu kegiatan yang berproses dan  merupakan unsur yang sangat fundamental dalam penyelanggaraan setiap jenis dan tingkat pendidikan.

Majid (2009:225) menyebutkan bahwa, belajar pada hakikatnya merupakan sebuah aktiitas yang mengharapkan perubahan tingkah laku (behavior change) pada individu yang belajar.

Sementara itu, menurut Hamalik (dalam Hamdani, 2011:20) menyebutkan bahwa selain mempelajari mata pelajaran, belajar juga mempelajari penyusunan, kebiasaan, persepsi, kesenangan atau minat, penyesuaian sosial, bermacam-macam keterampilan lain, dan cita-cita. Dalam hal seperti ini, kebiasaan merupakan suatu komponen dalam belajar.

Pengertian Belajar

Berdasarkan beberapa pendapat para ahli diatas, maka bisa disimpulkan bahwa belajar merupakan suatu proses yang bisa menghasilkan perubahan pada setiap individu dimana perubahan tersebut berbentuk dari perilaku.

Perubahan yang terjadi pada setiap individu akan didapat dari hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Perubahan seseorang ini akan terjadi secara bertahap, tidak langsung bisa kita lihat setelah proses belajar tetapi bisa dilihat pada kesempatan yang akan datang pula.

Perubahan ini tidak hanya bertambahnya ilmu pengetahuan, tetapi juga berwujud keterampilan, kecakapan, sikap, tingkah laku, pola pikir, kepribadian, dan lain-lain.

Baca juga : Hakikat Belajar

Prinsip-Prinsip Belajar

Proses belajar memang kompleks, tetapi juga bisa dianalisa dan diperinci dalam bentuk prinsip-prinsip atau azaz-azaz belajar. Hal ini perlu diketahui supaya kita memiliki pedoman belajar secara efisien. Menurut Dimyati (2009:42) prinsip prinsip belajar tersebut adalah sebagai berikut ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published.