Prinsip Prinsip Belajar

Posted on

  1. Perbedaan individual

Setiap siswa mempunyai karakteristik masing-masing yang berbeda satu dengan yang lain. Kesadaran bahwa dirinya berbeda dengan siswa yang lainnya, akan membantu siswa untuk menentukan cara belajar dan sarana belajar bagi dia sendiri. Contohnya adalah ketika siswa menentukan tempat duduk dikelas, menyusun jadwal belajar, dan lain sebagainya.

Berdasakan pendapat para ahli, maka bisa disimpulkan bahwa prinsip belajar meliputi perhatian dan motivasi, keaktifan, keterlibatan langusung (berpengalaman), pengulangan, tantangan, balikan dan penguatan, serta perbedaan individual.



Faktor-faktor yang Mempengaruhi Belajar

Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar dapat dibedakan menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eskternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri siswa. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri siswa.

Hal ini dapat diuraikan sebagaimana yang telah disebutkan oleh Djaali (2014, 99), sebagai berikut.

Faktor dari dalam diri (internal)

a. Kesehatan

Faktor kesehatan akan mempengaruhi belajar seseorang. Jika orang tersebut mengalami sakit, maka akan membuatnya menjadi tidak termotivasi dalam belajar. Hal tersebut juga akan berdapampak pada psikologis, karena dalam tubuh yang kurang sehat maka pikiran juga akan mengalami gangguan pula.

b. Inteligensi

Intelegensi dan bakat adalah faktor yang paling berpengaruh terhadap kemajuan belajar. Seseorang yang memiliki inteligensi dan bakat yang tinggi dapat memberikan pengaruh terhadap hidupnya.

c. Minat dan Motivasi

Minat dan motivasi juga faktor penting dalam belajar. Minat yang besar terhadap sesuatu merupakan dasar untuk mencapai tujuan. Sedangkan motivasi merupakan dorongan dari dalam maupun luar diri seseorang, umumnya motivasi itu timbul karena adanya keinginan yang besar untuk mencapai sesuatu.

d. Cara belajar

Teknik merupakan cara yang dilakukan seseorang dalam melakukan kegiatan belajar. Cara belajar meliputi bagaimana bentuk catatan yang dipelajari dan pengaturan waktu belajar, tempat serta fasilitas belajar lainnya. Cara belajar yang baik akan tercipta kebiasaan yang baik dan dapat meningkatkan hasil belajar yang baik pula.

Faktor dari luar diri (eksternal)

a. Keluarga

Situasi keluarga sangat berpengaruh terhadap keberhasilan anak dalam keluarga. Pendidikan, status ekonomi, rumah kediaman, persentase hubungan dengan orang tua, perkataan, dan bimbingan orantua, mempengaruhi pencapaian hasil belajar anak.

b. Sekolah, tempat, gedung sekolah, kualitas guru, perangkat instrument pendidikan, lingkungan sekolah, dan rasio guru dan murid per kelas, mempengaruhi kegiatan belajar siswa.

c. Masyarakat

Apabila di sekitar tempat tinggal keadaan masyarakat terdiri atas orang-orang yang berpendidikan, terutama anak-anaknya rata-rata bersekolah tinggi dan moralnya baik, hal ini akan mendorong anak lebih giat belajar.

d. Lingkungan sekitar, bangunan rumah, suasana sekitar, keadaan lalu lintas, dan iklim dapat mempengaruhi pencapaian tujuan belajar, sebaliknya tempat-tempat dengan iklim yang sejuk, dapat menunjang proses belajar.

Sedangkan Purwanto (2010:102), mengklasifikasikan faktor-faktor yang mempengaruhi belajar menjadi dua macam, antara lain faktor yang ada pada diri organisme itu sendiri yang kita sebut faktor individual dan faktor yang ada di luar individu yang kita sebut faktor sosial.

Faktor yang ada pada diri organisme itu sendiri atau faktor individual meliputi kematangan/pertumbuhan, kecerdasan/intelejensi, latihan dan ulangan, motivasi, sifat-sifat pribadi seseorang.

Faktor yang kedua adalah faktor yang ada di luar individu yang kita sebut faktor sosial meliputi, keadaan keluarga, guru dan cara mengajar, alat-alat pelajaran, motivasi sosial, lingkungan dan kesempatan.

Berdasarkan pendapat beberapa ahli diatas adapun faktor yang mempengaruhi belajar yaitu, faktor intern dan faktor ekstern. Kedua faktor tersebut mempunyai pengaruh yang kuat dalam proses belajar.

Jika faktor-faktor yang mempengaruhi tersebut mendukung proses belajar (pengaruh positif) maka hasil belajar yang akan dicapai siswa akan maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.