Jurnal Kegiatan Laboratorium IPA SMP 2020/2021


Jurnal Kegiatan Laboratorium IPA SMP – Pada kesempatan kali ini kami akan bagikan program kerja laboratiorioum IPA SMP dalam format DOC sehingga akan memudahkan Anda dalam melakukan pengeditan. Seperti yang kita ketahui bahwa kebanyakan siswa pada umumnya lebih menyukai proses pembelajaran yang diimbangi dengan praktek.

Hal ini karena mereka akan lebih mudah untuk memahami konsep yang sedang diajarkan dan dijelaskan oleh guru.

Jurnal Kegiatan Laboratorium IPA SMP

Nah, salah satu mapel atau mata pelajaran yang seringkali menggunakan metode praktek adalah mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Histeria para siswa tentu berbeda saat guru mengajak siswa untuk melakukan kegiatan pratikum materi daripada metode pembelajaran yang dilakukan di dalam ruang kelas.

Sebagian besar materi yang ada pada mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) umumnya didominasi oleh materi yang mengharuskan materi untuk dipraktekan secara langsung dengan tujuan untuk menunjang serta menguatkan pemahaman konsep materi. Praktek ini biasanya dilaksanakan di ruang laboratorium IPA, namun tak jarang juga di lapangan lingkungan sekolah.

Baca juga: Program Kerja Perpustakaan

Pengertian dan Fungsi Laboratorium

Pengertian dan Fungsi Laboratorium

Pengertian laboratorium adalah sebuah tempat yang digunakan untuk mengadakan percobaan, penyelidikan, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan ilmu fisika, ilmu kimia, bahasa, dan biologi atau bidang ilmu lainnya. Adapun fungsi dari laboratorium IPA adalah sebagai berikut :

  1. Sebagai sumber belajar terutama untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
  2. Sebagai metode pembelajaran karena di dalam laboratorium dapat menggunakan metode percobaan serta pengamatan.
  3. Sebagai prasarana pendidikan. Laboratorium memiliki banyak ruang yang dilengkapi dengan berbagai perlengkapan dengan berbagai macam kondisi yang bisa dikendalikan. Terutama peralatan yang digunakan untuk melaksanakan percobaan dan pengamatan.

Pengelolaan laboratorium adalah tanggung jawab dari pihak-pihak yang terkait, yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, kepala laboratorium, laboran dan guru mata pelajaran IPA. Pihak-pihak terkait harus menjalin kerja sama dengan tujuan untuk selalu menjaga kualitas dari laboratorium.

Namun meski demikian laboratorium sangat jarang sekali digunakan ataupun dimanfaatkan oleh guru mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) dengan berbagai macam alasan seperti misalnya praktikum yang memakan banyak waktu, sulit untuk mengendalikan siswa yang sedang melakukan praktikum, kurangnya berbagai alat bahan di laboratorium, dan bahkan dikarenakan pengelolaan laboratorium yang tidak baik.

Apabila ruang laboratorium dikelola dengan baik dan profesional, maka akan menjadi nilai lebih dan bisa membuat Bapak/Ibu guru untuk memanfaatkan serta menggunakan laboratorium yang digunakan sebagai sarana dan metode pembelajaran. Selain karena fasilitas yang terawat dengan baik, kriteria dari pengelolaan laboratorium yang baik adalah lengkapnya administrasi laboratorium, salah satunya yaitu program kerja laboratorium.

Contoh Program Kerja Laboratorium IPA

Contoh Program Kerja Laboratorium IPA

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan contoh program kerja laboratorium yang ingin dijadikan sebagai pelengkap administrasi laboratorium yang sedang Anda kelola seperti misalnya jadwal kegiatan laboratorium IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), program pengembangan Lab IPA, dan lain sebagainya.

Untuk memudahkan Anda dalam menyusun program kerja Lab IPA yang baik dan benar, maka Bapak/Ibu guru kepala Lab diharuskan untuk mengetahui bagian dari suatu program kerja Lab IPA. Adapun bagian-bagian dari program kerja Lab IPA adalah sebagai berikut:

  1. Cover Depan Program Kerja
  2. Lembar pengesahan
  3. Pengantar
  4. Daftar Isi
  5. BAB I pendahuluan
  6. BAB II Rencana Kegiatan Laboratorium IPA
  7. Keterangan Gambar
  8. BAB III Organisasi Laboratorium IPA
  9. Struktur Organisasi Laboratorium IPA
  10. BAB IV Penutup

Contoh Program Kerja Laboratorium IPA

BAB I
PENDAHULUAN

A. LatarBelakang

Dalam rangka mencapai standarkompetensi siswa sekolah menengah pertama (SMP) khususnya dalam penguasaan ilmu pengetahuan alam (IPA) sebagai bagian dari kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi, maka perlu dilaksanakan program kegiatan pengembangan laboratorium IPA sebagai sarana bagi siswa dalam pelaksanaan praktikum di sekolah yang menunjang pengembangan sikap ilmiah dan pemecahan masalah sebagi karakteristik mata pelajaran IPA. Berdasarkan analisis masalah yang dihadapi guru dan siswa SMPN 3 Rambang Dangku, dalam penguasaan standar kompetensi IPA khususnya yang berkaitan dengan pemecahan masalah melalui metode ilmiah, maka SMPN 3 Rambang Dangku merasa perlu adanya suatu program kerja laboratorium IPA sebagai salah satu upaya dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi guru dan siswa dalam penguasaan standar kompetensi tersebut. Program kerja yang dilaksanakan merupakan kegiatan terstruktur baik dalamperencanaan, pengorganisasian, penyediaan, pemanfaatan dan perawatan alat dan bahan praktikum, pengelolaan ruang laboratorium, evaluasi maupun penyusunan laporan program kerja laboratrium IPA.

B. Dasar Pemikiran

a. Pasal 12 ayat (1) danPasal 30 UU No. 20 Tahun 23 tentang Sistem Pendidikan Nasional
b. VIsi, Misiserta Program Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Muara Enim
c. Visi, Misi, Tujuan, dan Program Kerja SMPN 3 Rambang Dangku
d. Program Kerja Laboratorium IPA SMPN 3 Rambang Dangku

C. Tujuan Program Kegiatan

Program kegiatan laboratorium IPA bertujuan untuk membantu guru dan siswa dalam melaksanakan praktikum IPA sekaligus membantu pihak sekolah dalam pemberdayaan sarana dan prasarana pendidikan di sekolah, secara khusus tujuan program laboratorium IPA antara lain:

  1. Memotivasi siswa dalam belajar IPA dengan melaksanakan kegiatan praktikum
  2. Mengembangkan keterampilan dasar bereksperimen melalui praktikum sebagai salah satu tuntutan dalam pembelajaran IPA
  3. Sebagai wahana dalam pembelajaran melalui pendekatan ilmiah berdasarkan fakta dan data yang diperoleh
  4. Menunjang materi pembelajaran dalam kegiatan tatap muka di dalam kelas melalui kegiatan praktikum sebagai upaya pembuktian teori-teori ilmiah.
  5. Membantu sekolah dalam program pemberdayaan sarana dan prasarana sekolah, khususnya dalam perawatan dan penambahan fasilitas pokok dan failitas pendukung yang terdapat di dalam laboratorium IPA agar fungsi laboratorium IPA dapat berjalan seusai dengan yang diharapkan.

Selengkapnya ada di dalam file:

Download Program Kerja Laboratorium IPA.DOC – UNDUH DISINI

Download Program Kerja Laboratorium IPA.PDF – UNDUH DISINI

Untuk selengkapanya silahkan Anda download program kerja laboratorium diatas secara gratis. Anda bisa memilih sendiri apakah ingin mendapatkannya dalam bentuk DOC atau bisa juga PDF tergantung keinginan. Langsung saja download dengan melalui tautan yang kami sematkan diatas.

Organisasi Laboratorium IPA

Organisasi laboratorium IPA merupakan bentuk kerja sama yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Pada gambar berikut ini kami akan memberikan sebuah contoh struktur organisasi laboratorium:

ORGANISASI LABORATORIUM IPA

Orang-orang atau petugas yang terlibat secara langsung dalam organisasi laboratorium IPA adalah sebagai berikut ini:

Kepala Sekolah:

Tugas kepala sekolah :

  1. Kepala sekolah memberikan tugas kepada penanggung jawab teknis laboratorium IPA, penanggungjawab mata pelajaran fisika, biologi, dan kimia.
  2. Bertugas untuk memberikan bimbingan, motivasi, pemantuan dan evaluasi kepada seluruh petugas laboratorium IPA.
  3. Bertugas untuk memberikan motivasi kepada seluruh guru mata pelajaran IPA dalam hal kegiatan laboratorium IPA.
  4. Menyiapkan dana yang digunakan untuk keperluan operasional laboratorium.

Penanggung Jawab Teknis Laboratorium

Tugas dari Penanggung Jawab teknis laboratorium adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki tugas untuk bertanggungjawab secara penuh atas kelengkapan administrasi laboratorium
  2. Memiliki tugas untuk bertanggungjawab secara penuh atas kelancara kegiatan laboratorium
  3. Bertugas untuk memberikan usulan kepada kepala sekolah mengenai pengadaan alat atau bahan laboratorium
  4. Memiliki tanggung jawab atas kebersihan, penyimpanan, perawatan, dan juga perbaikan alat

Koordinator atau Kepala Laboratorium

Berikut ini adalah tugas-tugas dari kepala laboratorium :

  1. Melakukan koordinasi dengan guru mata pelajaran IPA baik itu guru fisika, biologi, ataupun kimia
  2. Perencanaan pengadaan alat dan juga bahan laboratorium
  3. Membuat jadwal dan tata tertib dalam penggunaan laboratorium
  4. Mengatur penyimpanan serta daftar berbagai alat laboratorium
  5. Menjaga dan melalukan perbaikan pada alat-alat laboratorium
  6. Inventarisasi serta pengadministrasian peminjaman berbagai macam alat laboratorium
  7. Membuat laporan pelaksanaan kegiatan laboratorium IPA

Baca juga: Program Kerja Wali Kelas

Demikian share program kerja laboratorium IPA tahun pelajaran terbaru yang dapat admin sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang telah kami sampaikan kali ini bisa memberikan banyak manfaat dan membantu penyelesaian program kerja laboratorium bagi Bapak/Ibu guru yang sedang membutuhkan. Jangan lupa dishare untuk rekan-rekan lainnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *