Jurnal Kegiatan Laboratorium IPA SMP 2020/2021

Posted on

Jurnal Kegiatan Laboratorium IPA SMP – Pada kesempatan kali ini kami akan bagikan program kerja laboratiorioum IPA SMP dalam format DOC sehingga akan memudahkan Anda dalam melakukan pengeditan. Seperti yang kita ketahui bahwa kebanyakan siswa pada umumnya lebih menyukai proses pembelajaran yang diimbangi dengan praktek.

Hal ini karena mereka akan lebih mudah untuk memahami konsep yang sedang diajarkan dan dijelaskan oleh guru.



Jurnal Kegiatan Laboratorium IPA SMP

Nah, salah satu mapel atau mata pelajaran yang seringkali menggunakan metode praktek adalah mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Histeria para siswa tentu berbeda saat guru mengajak siswa untuk melakukan kegiatan pratikum materi daripada metode pembelajaran yang dilakukan di dalam ruang kelas.

Sebagian besar materi yang ada pada mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) umumnya didominasi oleh materi yang mengharuskan materi untuk dipraktekan secara langsung dengan tujuan untuk menunjang serta menguatkan pemahaman konsep materi. Praktek ini biasanya dilaksanakan di ruang laboratorium IPA, namun tak jarang juga di lapangan lingkungan sekolah.

Baca juga: Program Kerja Perpustakaan

Pengertian dan Fungsi Laboratorium

Pengertian dan Fungsi Laboratorium

Pengertian laboratorium adalah sebuah tempat yang digunakan untuk mengadakan percobaan, penyelidikan, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan ilmu fisika, ilmu kimia, bahasa, dan biologi atau bidang ilmu lainnya. Adapun fungsi dari laboratorium IPA adalah sebagai berikut :

  1. Sebagai sumber belajar terutama untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
  2. Sebagai metode pembelajaran karena di dalam laboratorium dapat menggunakan metode percobaan serta pengamatan.
  3. Sebagai prasarana pendidikan. Laboratorium memiliki banyak ruang yang dilengkapi dengan berbagai perlengkapan dengan berbagai macam kondisi yang bisa dikendalikan. Terutama peralatan yang digunakan untuk melaksanakan percobaan dan pengamatan.

Pengelolaan laboratorium adalah tanggung jawab dari pihak-pihak yang terkait, yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, kepala laboratorium, laboran dan guru mata pelajaran IPA. Pihak-pihak terkait harus menjalin kerja sama dengan tujuan untuk selalu menjaga kualitas dari laboratorium.

Namun meski demikian laboratorium sangat jarang sekali digunakan ataupun dimanfaatkan oleh guru mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) dengan berbagai macam alasan seperti misalnya praktikum yang memakan banyak waktu, sulit untuk mengendalikan siswa yang sedang melakukan praktikum, kurangnya berbagai alat bahan di laboratorium, dan bahkan dikarenakan pengelolaan laboratorium yang tidak baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.