Contoh Program Kerja Perpustakaan

Posted on

Program Kerja Perpus – Membaca merupakan salah satu cara yang  paling efektif untuk belajar. Dengan membaca maka kita akan mengetahui sesuatu hal yang sebelumnya tidak kita ketahui. Bukankah ada sebuah istilah bahwa buku adalah jendela dunia. Apabila anda tidak suka jalan karena alasan sibuk atau tidak memiliki budget yang cukup maka anda tidak perlu berkeliling dunia untuk mengetahui segalanya.



Hanya cukup bemodalkan buku saja, anda bisa mengetahui segala isi dunia. Bukankah belum tentu orang yang menyukai traveling akan mengetahui segala hal mengenai tempat yang telah dikunjunginya karena mungkin tujuan dia traveling hanyalah untuk menghilangkan penat stress otaknya dan bukan untuk mengetahui sejarah tempat travelingnya.

Sejak memasuki dunia sekolah kita telah diajarkan bagaimana cara membaca, mulai dari mengenal huruf, kemudian mengeja dan menyambung huruf menjadi sebuah kata bahkan kalimat. Bahkan tak jarang orang tua juga terjun langsung untuk menjadi seorang guru di rumah dan bahkan banyak juga orang tua yang mendatangkan  guru private ke rumah untuk mengajari anaknya membaca.

program kerja perpustakaan

Salah satu fasilitas sekolah adalah memberikan sebuah ruang khusus untuk siswa agar bebas membaca dan mencari informasi yang berkaitan dengan pelajaran atau dunia pendidikan yang biasa disebut dengan ruang membaca (perpustakaan). Perpustkaan sendiri adalah fasilitas yang wajib dimiliki oleh sebuah sekolah karena berfungsi sebagai tempat penyimpanan berbagai buku pembelajaran yang akan menunjang kelancaran proses belajar siswa.

Para siswa bebas menggunakan semua fasilitas yang terdapat di dalam perpustakaan, tidak hanya buku saja tetapi juga media pembelajaran lainnya seperti globe, menonton dvd edukasi dan lainnya. Sebebas apapun siswa di dalam perpustakaan, mereka harus tetap mematuhi ketentuan dan peraturan yang ada di perpustakaan, diantaranya :

  • Pengunjung dilarang merokok, makan, dan minum di dalam perpusatakaan. Sesuai dengan Permendikbud Nomor 64 Tahun 2015 Tentang Kawasan Tanpa Rokok Di Lingkungan Sekolah.
  • Pengunjung dilarang menimbulkan suara gaduh atau bising yang bisa menganggu pengunjung yang lainnya.
  • Pengunjung harus menjaga kebersihan, kerapihan, dan kesopanan..
  • Pengunjung tidak diperbolehkan untuk membawa barang yang tidak perlu seperti tas, jaket, dan lainnya.
  • Pengunjung dilarang untuk merusak buku seperti merobek, melipat, mencoret-coret, atau mengotori bahan pustaka.

Untuk dapat meningkatkan dan menjaga kualitas perpustakaan maka dibutuhkan kerjasama antara kepala perpustakaan, pustakawan, guru, dan juga siswa. Strategi-strategi dan pendataan perpustakaan semuanya sudah tertera dalam program kerja perpustakaan.



Yang berkewajiban untuk membuat program kerja perpustakaan adalah kepala perpustakaan dan pustakawan yang biasanya memiliki tugas ganda sebagai guru mata pelajaran. Hal ini pastinya akan menambah daftar tugas yang perlu disiapkan pada tahun pelajaran baru.

Pada kesempatan kali ini kami akan membantu para kepala perpustakaan meringankan beban tugas dalam membuat program kerja perpusatakaan.

Supaya artikel ini menjadi lebih bermanfaat dan berkah kiranya dibagikan kepada rekan-rekan yang lainnya yang sedang membutuhkan. Sedangkan untuk filenya nanti bisa anda download melalui tautan yang telah kami sematkan di bawah.

Sebelum akan membuat program perpustakaan sebaiknya anda perhatikan dulu contoh salah satu program kerja perpustakaan SMP di bawah ini

Perpustakaan merupakan jantung sebuah lembaga pendidikan, maka sudah seharusnya mendapatkan porsi dan posisi yang strategis guna untuk merealisasikan visi dan misi sekolah. Semua pihak, terutama kepala sekolah harus memberikan perhatian yang lebih akan eksistensi perpustakaan sekolah, dan tidak dianggap sebagai tempat untuk menyimpan buku-buku bekas, barang-barang yang sudah tidak digunakan, dan bahkan tempat bermain.



Hal seperti ini tentu sangat ironis dan tidak mendidik, padahal di negara maju perpustakaan sekolah menjadi pusat  guna untuk mendukung kegiatan belajar mengajar yang dimanfaatkan oleh para warga sekolahnya dengan sangat optimal. Hal ini pastinya sangat berbeda dengan kondisi di negara kita Indonesia.

perpustakaan kampus

Dari berbagai sudut pemikiran di atas, Perpustakaan SMPN 3 Rambang Dangku berupaya untuk melakukan terobosan dan revitalisasi peran dan fungsi perpustakaan sekolah untuk dapat mendukung proram dan visi misi sekolah. Semua program dan terobosan yang telah direncanakan, diharapkan mampu memberi ruang yang lebih besar supaya perpustakaan sekolah sebagai pusat pengetahuan (center of knowledge) bisa terealisasi secara optimal.

Perpusatakaan sekolah merupakan perpustakaan yang bergabung menjadi satu pada sebuah sekolah, dikelola sepenuhnya oleh sekolah yang bersangkutan yang memiliki tujuan untuk membantu sekolah dalam mencapai tujuan khusus sekolah dan tujuan pendidikan pada umumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *