Program Kerja UKS


Program Kerja UKS – Dalam setiap organisasi umumnya dibutuhkan sebuah program kerja. Program kerja ini disusun sebagai acuan kegiatan apa saja yang akan dilakukan dalam satu periode ke depan kepengurusan anggota UKS. Program kerja UKS ini wajib dibuat oleh semua tingkat.

Program kerja UKS pada dasarnya memiliki inti yang sama. Jadi pembaca bisa menjadikan program kerja UKS SD sebagai acuan program kerja UKS SMP. Atau memanfaatkan program kerja UKS SMA atau program kerja UKS SMP sebagai gambaran ketika ingin menyusun program kerja UKS SMP.

Akan tetapi tentunya kegiatan yang termuat di dalam program kerja tidak akan sama. Sebab kegiatan yang bisa dilakukan oleh anggota UKS beragam sehingga bisa berbeda-beda. Pada pembahasan kali ini kami akan memberikan contoh program kerja UKS. Akan tetapi sebelumnya kita bahas terlebih dahulu mengenai apa itu UKS.

Pengertian UKS

Baca juga : Program Kerja OSIS

UKS atau Unit Kesehatan Sekolah adalah upaya membina dan mengembangkan kebiasaan hidup sehat yang dilakukan secara terpadu lewat program pendidikan dan pelayanan kesehatan di sekolah, perguruan agama maupun usaha-usaha yang dilakukan dalam rangka pembinaan dan pemeliharaan kesehatan di lingkungan sekolah.

Menurut Departemen Kesehatan, UKS adalah usaha kesehatan masyarakat yang digerakkan di sekolah-sekolah dengan anak didik dan lingkungan hidupnya sebagai sasaran utama.

UKS menjadi sarana untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat. Serta selanjutnya membentuk perilaku hidup sehat yang pada gilirannya menghasilkan derajat kesehatan yang optimal.

UKS merupakan bagian dari usaha kesehatan pokok yang menjadi beban tugas puskesmas yang ditujukan kepada sekolah-sekolah dengan anak beserta lingkungan hidupnya. Tujuannya adalah untuk mencapai keadaan kesehatan anak sebaik-baiknya dan meningkatkan prestasi belajar anak setinggi-tingginya.

Ada beberapa alasan mengapa Unit Kesehatan Sekolah itu penting. Berikut adalah beberapa poin yang menjadi alasan di balik pentingnya UKS.

  • Anak usia sekolah adalah kelompok umur yang rentan terhadap masalah kesehatan.
  • Usia sekolah merupakan saat penting untuk menanamkan pengertian dan kebiasaan hidup sehat.
  • Sekolah menjadi institusi masyarakat yang terorganisasi dengan baik.
  • Keadaan kesehatan anak sekolah akan sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar yang dicapainya.
  • Anak sekolah adalah kelompok terbesar dari kelompok usia anak-anak yang menerapkan wajib belajar.
  • Pendidikan kesehatan lewat anak-anak sekolah sangat efektif untuk mengubah perilaku dan kebiasaan ibu sehat umumnya.

Tujuan UKS

Unit Kesehatan Sekolah secara garis besar memiliki dua tujuan, yakni tujuan umum dan tujuan khusus. Berikut akan kami jabarkan masing-masing tujuan tersebut.

Tujuan Umum

Untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik. Serta menciptakan lingkungan sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan anak yang harmonis dan optimal dalam rangka pembentukan manusia Indonesia seutuhnya.

Tujuan Khusus

Tujuan khusus UKS adalah untuk memupuk kebiasaan hidup sehat dan meningkatkan derajat kesehatan peserta didik yang mencakup:

  • Menurunkan angka kesakitan anak sekolah
  • Meningkatkan kesehatan peserta didik, baik secara fisik, mental maupun sosial
  • Supaya peserta didik mempunyai pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk melaksanakan prinsip-prinsip hidup sehat serta berpartisipasi aktif dalam usaha peningkatan kesehatan di sekolah
  • Meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan terhadap anak sekolah
  • Meningkatkan daya tangkal dan daya hayat terhadap pengaruh buruk narkotika, rokok, alkohol dan obat berbahaya lainnya.

Sasaran UKS

Pelayanan UKS memiliki sasaran yang mencakup seluruh peserta didik dari tingkat pendidikan:

  • sekolah taman kanak-kanak
  • pendidikan dasar
  • pendidikan menengah
  • pendidikan agama
  • pendidikan Kejuruan
  • pendidikan khusus (sekolah luar biasa)

Khusus sekolah dasar, program UKS diprioritaskan untuk kelas 1, 3 dan 6. Ada alasan tertentu mengapa demikian. Kelas 1 merupakan fase penyesuaian dalam lingkungan sekolah yang baru dan lepas dari pengawasan orangtua. Sehingga kemungkinan kontak dengan berbagai penyakit lebih besar lantaran ketidaktahuan dan ketidakmengertian mereka mengenai kesehatan.

Sedangkan untuk kelas 3 untuk mengevaluasi hasil pelaksanaan UKS di kelas 1 dan langkah-langkah selanjutnya yang akan dilakukan dalam program pembinaan UKS. Untuk kelas 6 bertujuan mempersiapkan kesehatan peserta didik ke jenjang pendidikan selanjutnya. Sehingga membutuhkan pemeriksaan dan pemeliharaan kesehatan yang cukup.

Baca juga : Program Kerja Pramuka

Contoh Program Kerja UKS

Penulisan program kerja UKS SD, SMP, SMA/MA/SMK sebenarnya sama saja dengan program kerja lainnya. Di dalamnya ada beberapa poin yang perlu dimasukkan. Seperti pendahuluan, dasar, tujuan, sasaran, program kegiatan UKS dan penutup.

Di bagian atasnya biasanya terdapat kop sekolah atau UKS itu sendiri. Pada pendahuluan, berisi pengantar program kerja UKS. Lalu pada bagan dasar berisi Undang-Undang dan peraturan lain yang berkaitan dengan UKS.

Bab tujuan berisi mengenai tujuan adanya kegiatan UKS. Dilanjutkan ke sasaran yang berisi mengenai sasaran UKS di suatu sekolah. Program kegiatan UKS tentu saja berisi jenis-jenis kegiatan apa saja yang akan dilakukan oleh Unit Kesehatan Sekolah dalam periode tertentu. Dalam hal ini perlu dijabarkan secara detail supaya pelaksanaannya nanti lebih mudah. Penutup berisi kata-kata penutup program kerja UKS.

Supaya pembaca lebih mudah dalam memahami program kerja UKS, berikut ini kami berikan tautan untuk mengunduh program kerja UKS SD, program kerja SMP atau program kerja SMA.

Perlu dicatat, program kerja UKS doc di atas hanya sebagai contoh saja. Penulisan program kerja tidak harus seperti contoh di atas. Karena contoh di atas hanya diambil dari beberapa sekolah saja.

Pembaca bisa memanfaatkan contoh itu ketika ingin menyusun contoh program kerja UKS dengan mengeditnya sesuai dengan kebutuhan.

Sumber:
1) https://www.padamu.net/
2) http://www.uki.ac.id/

Leave a Comment