Program Kerja Wali Kelas Tahun Pelajaran 2020/2021

Posted on

Program Kerja Wali Kelas  – Seorang guru memiliki tanggung jawab secara penuh terhadap siswa-siswi ketika berada di lingkungan sekolah dan saat jam sekolah berlangsung. Hal ini berarti guru berubah peran sebagai orang tua untuk para siswa. Di lingkungan sekolah yang berperan sebagai orang tua bagi para siswa adalah semua guru terutama guru wali kelas.

Program Kerja Wali Kelas Tahun Pelajaran 2020/2021



Inilah yang menjadi alasan mengapa wali kelas memiliki tanggung jawab secara penuh terhadap semua siswa siswi di kelasnya selama satu tahun pelajaran. Untuk satu kelas pada umumnya mempunyai satu guru wali kelas. Dalam hal ini wali kelas bertanggungjawab untuk menyelesaikan permasalah, mengawasi tingkah laku siswanya, membantu saat kesulitan dan bahkan juga bertanggungjawab terhadap peningkatan hasil belajar siswa yang dibimbingnya.

Guru yang mendapat tugas sebagai wali kelas umumnya akan ditunjuk secara langsung oleh kepala sekolah, dimana sudah termuat dalam surat keputusan (SK) pembagian tugas karena tugas wali kelas untuk:

  • Semakin meningkatkan ketaqwaan siswa terhadap Tuhan Yang Maha Esa
  • Membantu untuk mengembangkan potensi atau prestasi yang dimiliki oleh siswa
  • Membantu dalam mengembangkan bakat, keterampilan, dan minat baik itu dalam bidang akademik ataupun non akademik siswa
  • Meningkatkan dan membina budi pekerti siswa supaya menjadi insan yang memiliki akhlak mulia
  • Mengayomi satu kelas siswa yang memiliki sifat berbeda

PROGRAM KERJA WALI KELAS

Untuk menjalankan tugasnya, maka seorang wali kelas harus bisa membuat suatu strategi dan perencanaan. Pengenalan data profil siswa siswi mulai dari latar belakang sampai dengan sifat siswa dan perencanaan yang dijalankan oleh seorang wali kelas akan dimuat dalam suatu program kerja. Program kerja tersebut kemudian akan diserahkan kepala sekolah

Penyusunan program kerja wali kelas akan membuat kelas akan membuat kelas menjadi kondusif dan terarah sehingga bisa menunjang keberhasilan siswa untuk menempuh pendidikan di sekolah terutama dalam ruang lingkup kelas. Biasanya program kerja ini dibuat saat memasuki awal semester atau tahun pelajaran baru.

Download Program Kerja Wali Kelas

Download Program Kerja Wali Kelas

Selanjutnya kami akan berbagi contoh program kerja wali kelas untuk SD, SMP, SMK. Adapun format yang kami berikan adalah berupa dokumen Word sehingga akan memudahkan dalam mengedit. Anda bisa mengedit nama sekolah, nama guru, kepala sekolah dan kemudian disesuaikan dengan program sekolah masing-masing.

Apabila Anda berminat untuk menjadikannya sebagai referensi maka berikut ini kami akan berikan link downloadnya yang telah di upload ke google drive:

  1. Program Kerja Wali Kelas SD – Link Download DOC
  2. Program Kerja Wali Kelas SMP – Link Download DOC
  3. Program Kerja Wali Kelas SMA – Link Download DOC
  4. Program Kerja Wali Kelas SD – Link Download DOC

Contoh Program Kerja Wali Kelas Untuk SD, SMP, dan SMA

Sekarang ini telah memasuki awal tahun pelajaran baru, sehingga untuk lebih jelasnya kami juga akan membantu tugas wali kelas dengan memberikan contoh sebuah program kerja wali kelas. Anda bisa langsung download dengan mudah kemudian dibagikan untuk guru lain yang mungkin sedang membutuhkan. Berikut ini adalah contoh program kerja wali kelas :

Leave a Reply

Your email address will not be published.