Program Tahunan Dan Program Semester Guru SD

Posted on

Program Tahunan Dan Program Semester Guru SD – Prota dan Promes selalu menjadi pedoman bagi setiap guru untuk menyusun administrasi pembelajaran yang selanjutnya, seperti silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.



Penyusunan Prote dan Promes memang harus sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan supaya bisa dijadikan sebagai dasar dalam pembuatan administrasi pembelajaran yang lainnya.

Baca juga: Program Kerja UKS

Program Tahunan (Prota)

 

Program tahunan merupakan rencana umum pelaksanaan dalam pembelajaran yang berisi rencana penetapan alokasi waktu tahun pembelajaran. Sebagai contoh, sebuah sekolah menetapkan jumlah hari belajar yang efektif selama satu tahun pelajaran paling sedikit adalah 200 hari dan paling banyak 245 hari.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, program tahunan ini harus disusun sebelum tahun pelajaran, hal ini karena nantinya dijadikan sebagai pedoman untuk pengembangan program berikutnya seperti Program Semester, Silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.



Baca juga: Program Kerja Pramuka

Langkah-Langkah Menyusun Prota:

  1. Menganalisis jumlah tema dan subtem dalam suatu kelas.
  2. Memberikan tanda khusus untuk hari-hari libur, permulaan tahun pelajaran, minggu efek pada kalender akademik. Hari-hari libur yang harus diberi tanda adalah jeda tengah semester, jeda akhir semester, libur akhir tahun pelajaran, hari libur keagamaan, hari libur umum yang termasuk hari-hari besar Nasional, hari libur khusus, dan kegiatan khusus dalam satuan pendidikan.
  3. Menghitung jumlah MBE (Minggu Belajar Efektif) selama satu tahun.
  4. Menambahkan alokasi waktu MBE (Minggu Belajar Efektif) dalam subtema.

Berikut ini adalah beberapa komponen dalam penyusunan Prota:

  • Identitas (meliputi muatan pelajaran, kelas, dan tahun pelajaran).
  • Format isian (meliputi tema, subtema, dan alokasi waktu).

Ada banyak sekali alternatif format program tahunan yang bisa digunakan dalam perkembangan dan pengkajian penyusunan PROTA. Sehingga hal ini akan membuat pendidik bebas untuk menentukan format program tahunan.

Program Semester (Promes)

Program Semester adalah bentuk penjabaran dari program tahunan yang berisi gambaran pelajaran dan pencapaian yang ingin diraih dalam satu semester. Sehingga program ini tidak dapat disusun sebelum menyusun program tahunan.

Baca juga: Program Kerja Kepala Sekolah

Langkah-Langkah Penyusunan Promes:



  • Menganalisis kalender pendidikan dan ciri khas satuan pendidikan sesuai kebutuhan tingkat satuan pendidikan.
  • Memberikan tanda khusus untuk hari-hari libur, permulaan tahun pelajaran, minggu efek pada kalender akademik. Hari-hari libur yang harus diberi tanda adalah jeda tengah semester, jeda akhir semester, libur akhir tahun pelajaran, hari libur keagamaan, hari libur umum yang termasuk hari-hari besar Nasional, hari libur khusus, dan kegiatan khusus dalam satuan pendidikan.
  • Menghitungan jumlah HBE (Hari Belajar Efektif) dan JBE (Jam Belajar Efektif) dalam setiap bulan dan semester selama satu tahun.
  • Menghitung jumlah JP (Jam pembelajaran) berdasarkan ketentuan yang ada pada struktur kurikulum yang berlaku.
  • Mendistribusikan alokasi waktu yang dimiliki untuk sebuah subtema dan mempertimbangkan waktu yang digunakan untuk penilaian dan review materi.

Program Semester ini berisi garis-garis besar tentang berbagai hal yang ingin dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut. Program semester (Promes) pada umumnya berisikan:

  • Identitas (meliputi satuan pendidikan, muatan pelajaran, kelas atau semester, dan tahun pelajaran).
  • Format isian (meliputi tema, sub tema, pembelajarak ke alokasi waktu, bulan yang terinci selama satu minggu, dan keterangan yang berisi mengenai waktu pelaksanaan pembelajaran sedang berlangsung.

Baca juga: Contoh Program Kerja Perpustakaan

Program Tahunan dan Program Semester Guru SD

Selanjutnya kami akan bagikan Prota dan Promes SD terbaru yang bisa dilengkapi dan disempurnakan sendiri oleh Bapak/Ibu Guru sesuai dengan kebutuhan.

Prota dan Promes SD bisa diunduh melalui link di bawah ini:

  • Program Tahunan dan Program Semester Kelas I – Download
  • Program Tahunan dan Program Semester Kelas II – Download
  • Program Tahunan dan Program Semester Kelas III – Download
  • Program Tahunan dan Program Semester Kelas IV – Download
  • Program Tahunan dan Program Semester Kelas V – Download
  • Program Tahunan dan Program Semester Kelas VI – Download

Baca juga: Program Kerja Wali Kelas Tahun Pelajaran 2021/2022

Demikian informasi yang dapat kami bagikan tentang Program Tahunan dan Program Semester guru SD. Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *