Prota Dan Promes Guru SMP Kurikulum 2013

Posted on

Prota Dan Promes Guru SMP Kurikulum 2013 – Memasuki akhir semester, guru diharuskan untuk membuat perencanaan pembelajaran untuk tahun pelajaran ataupun semester berikutnya. Perencanaan pembelajaran yang harus dibuat beberapa diantaranya adalah Program Tahunan (Prota) dan Program Semester (Promes).



Prota dan Promes Guru SMP Kurikulum 2013 bisa dijadikan sebagai pedoman bagi guru untuk menyusun administrasi pembelajaran tahun pelajaran 2021/2022, terutama untuk mengembangkan Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Baca juga: Struktur Kurikulum 2013 SMP Sesuai Permendikbud

Program Tahunan (Prota)

Program tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu dalam waktu satu tahun untuk mengetahui pencapaian Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang ada dalam Kurikulum.

Penetapan alokasi waktu sangat dibutuhkan untuk bisa mengetahui pencapaian dan penguasaan materi seluruh Kompetensi Dasar (KD) oleh peserta didik. Hal penting yang harus diperhatikan dalam penentuan alokasi waktu adalah jumlah jam pelajaran yang sesuai dengan struktur kurikulum. Selain itu, penentuan alokasi waktu juga harus memperhatikan keluasan materi.

Langkah-Langkah dalam Menyusun Prota:

  1. Menganalisis jumlah KD atau tema dan subtema dalam suatu kelas.
  2. Menghitung jumlah MBE (Minggu Belajar Efektif) selama satu tahun.
  3. Menambahkan alokasi waktu MBE (Minggu Belajar Efektif) ke dalam KD atau subtema.

Komponen Program Tahunan



  1. Identitas (kelas, muatan pelajaran, tahun pelajaran)
  2. Format isian ( KD atau tema, sub tema, dan alokasi waktu).

Baca juga: Struktur Kurikulum 2013 SMP dan MTS

Program Semester (Promes)

Promes merupakan bentuk penjabaran dari prota yang berisi tentang gambaran pembelajaran dan pencapaian yang ingin dicapai selama satu semester dengan mempertimbangkan alokasi waktu yang ada, jumlah Kompetensi Dasar, dan Indikator. Promes akan memudahkan guru dalam menyampaikan materi sehingga bisa dikuasai dengan mudah oleh peserta didik selama satu semester.

Langkah-Langkah Menyusun Promes:

  1. Menganalisis kalender pendidikan dan menyesuaikan kebutuhan berdasarkan ciri atau karakter unit satuan pendidikan.
  2. Memberikan tanda khusus untuk hari libur, yang ada pada permulaan tahun pelajaran, selanjutnya bisa mengetahui minggu belajar efektif dan waktu pembelajaran efektif (per minggu). Maka dari itu, dalam penentuan jam efektif belajar setiap minggu harus sesuai dengan kalender pendidikan yang sudah ditentukan. Hari-hari libur tersebut meliputi jeda tengah semester, jeda antar semester, libur akhir tahun pelajaran, hari libur keagamaan, hari libur umum yang termasuk hari-hari besar nasional dan hari libur khusus.
  3. Menghitung jumlah HBE (Hari Belajar Efektif) dan JBE (Jam Belajar Efektif) setiap bulan dan semester dalam waktu satu tahun.
  4. Mendistribukan alokasi waktu yang ada untuk suatu subtema dan mempertimbangkan waktu untuk ujian dan analisis materi.

Komponen Program Semester

Komponen dalam progam semester atau promes adalah sebagai berikut:

  1. Identitas (satuan pendidikan, mata pelajaran, kelas atau semester, dan tahun pelajaran).
  2. Format isian (tema, sub tema, pembelajaran ke alokasi waktu, dan bulan terinci setiap minggu, dan keterangan yang diisi pelaksanaan pembelajaran sedang berlangsung).

Baca juga: Download RPP Adiwiyata SMP dan MTS

Peran Kepala Sekolah dalam Penyusunan Program Tahunan dan Semester



Kepala Sekolah memimpin guru-guru di dalam menyusun rencana pembelajaran

  1. Memastikan bahwa seluruh KD, atau tema dan sub tema yang ada dalam setiap kelas sudah memiliki prota dan promes.
  2. Memastikan bahwa perhitungan alokasi minggu efektif sudah sesuai dengan kalender pendidikan.
  3. Memastikan bahwa pendistribusian alokasi waktu MBE (Minggu Belajar Efektif) ke dalam subtema dapat dilakukan secara tepat.
  4. Memfasilitasi guru untuk menelah kalender pendidikan dan ciri khas satuan pendidikan sesuai kebutuhan tingkat satuan pendidikan.
  5. Memfasilitasi guru untuk memberikan tanda pada hari-hari libur, permulaan tahun pelajaran, minggu pembelajaran efektif, dan waktu pembelajaran efektif untuk setiap minggu.
  6. Kepala sekolah bersama guru melakukan perhitungan pada jumlah HBE (Hari Belajar Efektif) dan JBE (Jam Belajar Efektif) setiap bulan dan semester selama satu tahun.
  7. Kepala sekolah bersama guru mendistribusikan alokasi waktu yang ada untuk suatu subtema dan mempertimbangkan waktu untuk ulangan dan analisis materi.

Baca juga: Materi MPLS SMP Tahun 2021-2022

Prota Dan Promes Guru SMP Kelas 7

  • Program Tahunan (Prota)

1. Prota Matematika kelas 7 SMP/MTs K13 – Download

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *