Cara Cek Progress Pengiriman PMP

Posted on

Cara Cek Progress Pengiriman PMP Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang progress data pengiriman PMP dari step awal hingga akhir.



Pada artikel ini juga akan memberikan uraian langkah – langkah serta penjelasan tentang cara untuk melakukan pengecekkan progress dari pengiriman PMP atau Penjaminan Mutu pendidikan yang dapat anda lihat pada artikel kami kali ini.

Baca juga: Download Faster PMP Dan Panduan Instalasi

Salah satu faktor utama dalam menciptakan penerus – penerus bangsa yang lebih baik dan berakhlak adalah terjaminnya mutu pendidikan. Rapor Mutu Pendidikan menjadi suatu penjaminan atas meningkatanya mutu pendidikan menjadi yang lebih baik.

Dalam mnggunakan aplikasi PMP diperlukan untuk mengisi kuesioner yang harus diisi oleh responden sebagai pelengkap dalam memproses PMP. Kuesioner yang telah diisi oleh responden kemudian dikirim dan sekolah – sekolah tinggal menunggu hasil pengiriman data pengisian kuesioner di masing – masing sekolah.

Namun sebelum mempelajari lebih lanjut tentang cara untuk mengecek pengiriman PMP, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu PMP.

Baca juga: Cara Download Rapor PMP 2018-2019 Excel

Penjamin Mutu Pendidikan

PMP yang memiliki kepanjangan Penjaminan Mutu Pendidikan untuk Dikdasmen atau pendidikan dasar dan menengah yang dirancang untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional di Indonesia.



PMP Dikdasmen merupakan suatu upaya untuk melakukan peningkatan mutu serta kualitas dari pendidikan dasar dan menengah yang dilandaskan berdasarkan Standar Pendidikan Nasional.

PMP tidak hanya digunakan dalam perencanaan suatu instansi pendidikan saja namun juga baik pendidik dan tenaga kependidikan (PTK). Dengan turut memperhatikan mutu dari pendidik dan tenaga kependidikan tentu akan membantu meningkatkan mutu pendidikan yang sesuai dengan standar nasional pendidikan di Indonesia.

Dalam melakukan pengisian kuesioner pada aplikasi PMP membutuhkan waktu yang sangat lama, hal ini dikarenakan bukan hanya satu responden saya yang mengisi kuesioner melainkan 19 orang yang terdiri dari 1 kepala sekolah, 15 orang guru , dan 3 orang komite.

Diperlukan ketelitian dalam melakukan pengisian kuesioner PMP, hal ini dikarenakan banyaknya jumlah pertanyaan dan juga pilihan jawaban yang memiliki opsi yang banyak pula membuat proses pengisian kuesioner PMP menjadi tahap yang paling melelahkan.

Ketelitian ini harus dilakukan agar tidak terjadi kesalahan dalam memberikan jawaban pada saat melakukan pengisian kuesioner PMP.



Baca juga: Cara Download Rapor Mutu PMP 2017

Orang yang paling lelah dalam menangani proses pengisian PMP adalah operator sekolah yang ditunjuk sebagai admin untuk mengelola aplikasi PMP di masing – masing sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.