Prota Dan Promes Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Posted on

Prota Dan Promes Kelas 4 SD – Jika membahas tentang file perangkat pembelajaran pastinya ada banyak sekali yang harus Bapak dan ibu miliki, salah satunya adalah program semester dan tahunan yang memiliki peran cukup penting untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran. Maka dari itu, untuk membantu Bapak / Ibu guru kelas 4, pada kesempatan kali ini admin akan bagikan Prota dan Promes Kelas 4 SD Semester 1 dan 2 Revisi 2017 secara lengkap untuk kegiatan pembelajaran Kurikulum 2013.



File yang akan kami bagikan ini disusun berdasarkan ketentuan Permendikbud dan buku guru siswa edisi revisi tahun 2017 dari Kemendikbud. Prota dan Promes Kelas 4 SD/MI ini bisa dijadikan sebagai pedoman untuk menyusun administrasi pembelajaran yang selanjutnya, seperti Silabus, KKM, dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran).

Penyusunan Silabus dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) sendiri memang dikembangkan dengan berpedoman pada Prota dan Promes. Dengan demikian maka dalam menyusun prota dan promes harus benar-benar sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan sehingga bisa dijadikan sebagai dasar pembuatan administrasi pembelajaran yang lainnya.

Baca juga: Perangkat Pembelajaran KTSP SD

Pengertian Prota dan Promes

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa prota (program tahunan) dan promes (program semester) merupakan administrasi pembelajaran yang digunakan sebagai dasar dalam penyusunan administrasi pembelajaran lainnya. Hal ini berarti bahwa prota dan promes sudah menjadi gambaran umum yang akan dilakukan oleh Bapak dan Ibu guru dalam waktu satu tahun atau semester. Untuk lebih jelasnya, simak pengertiannya secara spesifik berikut ini!

  1. Program Tahunan (Prota)

Program tahunan atau prota merupakan susunan alokasi waktu pembelajaran dalam waktu satu tahun untuk mencapai KI (Kompetensi Inti) dan KD (Kompetensi Dasar) yang telah ditetapkan. Alokasi waktu sangat dibutuhkan dengan tujuan supaya seluruh KI dan KD nantinya dapat diterapkan dan diterima dengan baik oleh peserta didik.



Untuk menentukan alokasi waktu ini harus berdasarkan jumlah jam pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum yang sedang berlaku serta keluasan materi yang wajib dikuasai oleh peserta didik. Prota sudah menjadi program umum untuk masing-masing mata pelajaran. Prota berisi garis-garis besar yang ingin dicapai dalam waktu satu tahun kemudian dikembangkan oleh guru terkait.

Fungsi Prota

Berikut ini adalah fungsi prota atau program tahunan secara lengkap:

  • Mengorganisir pembelajaran supaya dapat berjalan secara maksimal.
  • Dijadikan sebagai pedoman untuk menyusun promes, rencana mingguan, rencana harian, silabu, dan sistem penilaian pembelajaran.
  • Prota juga dijadikan sebagai pedoman untuk menyusun kalender pendidikan.
  • Prota menjadi acuan untuk dapat mengoptimalkan penggunaan waktu efektif pembelajaran yang ada.

Langkah-Langkah Dalam Penyusunan Prota:

Perlu diketahui bahwa komponen program tahunan atau prota mencakup beberapa identifikasi (satuan pendidikan, mata pelajaran, tahun pelajaran), KI (Kompetensi Inti), KD (Kompetensi Dasar), alokasi waktu, dan keterangan. Adapun langkah-langkah dalam menyusun prota atau program tahunan adalah sebagai berikut:

  1. Menganalisis kalender pendidikan dan menyesuaikan kebutuhan berdasarkan ciri atau karakter unit satuan pendidikan.
  2. Menelaah jumlah KD (Kompetensi Dasar) setiap mata pelajaran.
  3. Memberikan tanda untuk hari libur, awal tahun pelajaran, pekan atau minggu efektif untuk belajar, dan juga jam belajar efektif setiap minggu. Adapun hari libur yang wajib diberi tanda yaitu libur akhir tahun ajaran, libur keagamaan, libur hari besar nasional, dan libur untuk hari khusus.
  4. Menghitung jumlah MBE (Minggu Belajar Efektif) selama satu tahun.
  5. Mendistribusikan alokasi waktu MBE (Minggu Belajar Efektif) ke dalam Kompetensi Dasar, Materi Pokok, dan juga Sub Materi Pokok. Sebenarnya ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam menentukan alokasi waktu seperti jumlah jam pelajaran, struktur kurikulum, dan keluasan materi yang wajib dikuasai oleh peserta didik.

Program Tahunan berikutnya akan dijabarkan secara detail pada program semester atau promes. Prota disusun oleh guru sebelum memasuki tahun ajaran baru karena memang sudah menjadi pedoman yang paling utama untuk mengembangkan program-program selanjutnya.



Baca juga: Silabus SD Dan MI Kurikulum 2013

  1. Program Semester (Promes)

Program semester atau promes merupakan program yang berisi garis-garis besar mengenai berbagai hal yang ingin dilaksankan dan dicapai dalam satu semester. Semester sendiri merupakan satuan waktu yang digunakan untuk menyelenggarakan program pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *