Format Raport K13 SMP Revisi 2017

Posted on

Format Raport SMP Revisi 2017  – Saat memasuki semester baru atau semester genap tentunya para guru akan disibukkan dengan berbagai hal. Salah satunya adalah mengolah nilai ulangan siswa untuk diisikan ke raport.



Bagi guru yang mengajar KTSP pastinya tidak akan mengalami kesulitan karena sudah disediakan buku raport yang didapat dari dinas.

Lalu bagaimana dengan raport K13 atau Kurikulum 2013? Bagi sekolah yang baru saja menerapkan Kurikulum 2013 tentunya masih belum memiliki buku raport 2013 sehingga nantinya diharuskan untuk membuatnya sendiri.

Maka dari itu, untuk membantu Bapak/Ibu guru dalam mengisi raport kami disini akan bagikan contoh format raport Kurikulum 2013 SMP revisi 2017 yang sudah sesuai dengan aturan yang diberlakukan oleh Kemdikbud.

Namun sebelum bagikan formatnya, simak lebih dulu pembahasan mengenai raport di bawah ini.

Baca juga: Download Aplikasi EDS SMP Terbaru

Pengertian dan Fungsi Raport SMP



Raport adalah pencatatan akhir dari suatu evaluasi yang dilakukan pada seluruh kegiatan pembelajaran dalam suatu periode yang tertentu (Semester). Rapot juga merupakan dokumen yang dapat dijadikan sebagai penghubung komunikasi baik itu antara sekolah dengan orang tua siswa ataupun dengan pihak terkait yang ingin mengetahui tentang hasil belajar siswa.

Oleh karena itu, raport yang dibuat harus komunikatif, informatif, dan komprehensif (menyeluruh) sebagai gambaran mengenai hasil belajar siswa.

Perlu diketahui raport dibuat karena memiliki banyak fungsi dan manfaat. Adapun manfaat-manfaat buku raport adalah sebagai berikut ini:

  1. Bagi Siswa

Berikut ini adalah beberapa manfaat dibuatnya buku raport bagi siswa:

  • Untuk mengetahui perkembangan hasil belajar siswa
  • Untuk mengetahui berbagai konsep atau materi yang masih belum dikuasai oleh siswa
  • Untuk memberikan motivasi supaya bisa belajar menjadi lebih baik
  • Untuk memperbaiki cara belajar siswa
  1. Bagi Wali Murid

Sedangkan manfaat dibuatnya buku raport bagi wali murid adalah sebagai berikut:

  • Untuk membantu anaknya belajar agar lebih baik
  • Untuk memberi motivasi kepada anaknya untuk terus belajar
  • Membantu sekolah untuk dapat meningkatkan hasil kinerja siswa
  1. Bagi Guru Mata Pelajaran

Hasil penilaian raport akan digunakan guru atau pendidik untuk mengetahui kekuatan serta kelemahan yang dimiliki oleh siswa dalam satu kelas. Hasil penilaian harus mampu mendorong guru supaya bisa mengajar lebih baik, serta membantu guru untuk dapat menentukan strategi mengajar secara lebih tepat.



  1. Bagi Wali Kelas

Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan siswa yang ada dalam satu kelas, maka hal ini akan memudahkan wali kelas untuk mengatur tempat duduk, membagi anggota kelompok dalam belajar serta langkah strategis yang lainnya sehingga dapat membantu siswa dalam meningkatkan kompetensinya atau untuk mengatasi kesulitan belajar siswa yang tidak bisa memahami pembelajaran dengan baik.

Baca juga: Contoh SK Penetapan KKM SD SMP SMA

Format Raport Kurikulum 2012 SMP Revisi 2017

Untuk lebih jelasnya berikut ini kami akan bagikan contoh format raport Kurikulum 2013 edisi revisi mulai dari cover, identitas siswa, nilai kompetensi sikap inti, pengetahuan dan keterampilan, ekstrakurikuler, tinggi berat badan, kondisi kesehatan, prestasi, kehadiran dan blanko belakang raport keterangan pindah sekolah.

  1. Cover Raport K13 SMP Revisi 2017
  2. Identitas Raport K12 SMP Revisi 2017
  3. Format Nilai Raport K13 SMP Revisi 2017 (Kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan)
  4. Format Nilai Ekstrakurikuler Raport Kurikulum 2013 SMP Revisi 2017
  5. Format Kehadiran dan Prestasi Siswa Raport Kurikulum 2013 SMP Revisi 2017

Baca juga: Cara Cetak Dan Download Rapor PMP 2017

Download Aplikasi Raport K13 SMP Terbaru

Untuk melengkapi pembahasan ini, kami disini akan bagikan tampilan aplikasi raport Kurikulum 2013 SMP terbaru beserta file download secara gratis. Adapun tujuan utamanya adalah untuk memudahkan penilaian bagi guru-guru yang sudah menerapkan Kurikulum 2013.

Aplikasi Raport SMP Kurikulum 2013 ini memiliki tampilan yang sederhana dan tidak terlalu rumit, sehingga Bapak /Ibu guru nantinya akan dimudahkan saat melakukan pengisian data. Bahkan aplikasi ini juga tidak bisa diproteksi sehingga dapat digunakan oleh siapa saja, baik itu guru kelas 7, ataupun guru kelas 8.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *