Robbisrohli Sodri, Penjelasan Dan Tulisan Arabnya

Posted on

Robbisrohli Sodri, Penjelasan Arti Dan Tulisan Arab – Pada artikel kali ini kami akan memberikan infromasi tentang doa robbisrohli sodri secara lengkap dengan penulisan Arab dan juga penjelasnnya.



Dalam Islam terdapat do’a – do’a yang bisa dipanjatkan kepada Alah Swt. Setiap do’a memiliki arti dan tujuan yang berbeda – beda. Namun, tempat kita memanjatkan do’a tetap sama, yakni kepada Allah Swt.

Sebagai umat muslim tentunya kita sudah tidak asling lagi dengan kalimat atau bacaan do’a robbisrohli sodri. Mungkin ada beberapa yang belum tau atau baru saja mendengar doa ini. Tidak perlu khawatir, mari simak pembahasannya berikut ini.

Baca juga: Doa Penutup Belajar Al-Quran Metode Ummi

Baca juga: Doa Pembuka Belajar Al-Quran Metode Ummi

Baca juga: Doa Zikir Pagi Hari Rodhitu Billahi Robba



Penjelasan Do’a Robbisrohli Sodri

Asal mula doa robisrohli sodri adalah bacaan yang diucapkan oleh nabi Musa AS ketika beliau sedang diperintah Allah Swt untuk berdakwah kepada Fir’aun.

اذْهَبْ إِلَى فِرْعَوْنَ إِنَّهُ طَغَى

“Pergilah (wahai Musa) kepada Fir’aun, sesungguhnya dia telah berbuat melampaui batas.” Qs. Thaha ayat 24

Ketika itu Nabi Musa AS menyadari bahwa tugas yang diberikan Allah ini adalah tugas yang berat. Karena tidak ada seorang pun yang berani menantang dan melawan Fir’aun. Namun, ternyata ini menjadi ini menjadi salah satu tugas yang harus dilaksanakannya yakni berdakwah kepada Fir’aun.

Oleh sebab itu, Nabi Musa AS berdoa kepada Allah Swt untuk meminta diberikan kelancaran pada saat ia berdakwah kepada Fir’aun.



Nabi Musa AS lalu berdoa dengan membaca bacaan :

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي. وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي. وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي. يَفْقَهُوا قَوْلِي

Robbisrohli sodri wayassirli amri wahlul uqdatam millisani yafqohu qouli

Wahai Pemeliharaku, lapangkan dadaku, mudahkan urusanku, dan lepaskan ikatan dari lidahku agar mereka memahami ucapanku.

Doa tersebut merupakan bentuk berserah diri kepada Allah untuk menghadapi segala sesuatu yang harus kita hadapi. Kita tidak bisa berbuat apa – apa selain mendapatkan pertolongan dari Allah Swt.

Baca juga: Soal Agama Islam Kelas 1 SD Kurikulum 2013

Baca juga: RPP Kelas 6 Semester 1 Dan 2 Revisi 2018

Keutamaan dan khasiat dari doa tersebut antara lain :

  1. Agar segala sesuatu yang membuat dada menjadi sesak diangkat oleh Allah.
  2. Agar segala kesusahan dalam menghadapi rintangan hidup dihilangkan oleh-Nya.
  3. Agar ucapan mudah dipahami oleh orang yang mendengarnya.

Itulah kiranya informasi yang dapat kami sampaikan, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya. Aamiin Yaa Robbal Alamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.