RPP Bahasa Indonesia SMA K13 Revisi 2017

Posted on

RPP Bahasa Indonesia SMA K13 Revisi 2017 – Gurupengajar.com merupakan portal penyedia perangkat pembelajaran sebagai pelengkap administrasi yang sudah berdiri sejak lama. Jika Anda merupakan seorang pendidik, tenaga pengajar, atau guru dalam satuan pendidikan format pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya perangkat pembelajaran.



RPP Bahasa Indonesia SMA K13 Revisi 2017 Doc-PDF

Perangkat pembelajaran sendiri harus dibuat sebelum melaksanakan proses belajar mengajar. Sehingga hal ini sudah menjadi tugas rutin para guru dan tentunya guru tidak akan mengalami kesulitan saat menyusun berbagai dokumen yang berhubungan dengan perangkat pembelajaran. Adapun dokumen yang penting untuk menyusun sebuah perangkat pembelajaran adalah RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Nah, sebagai guru yang profesional, Bapak / Ibu guru pastinya harus bisa membuat RPP dengan baik dan benar. Penyusunan RPP juga harus mengikuti berbagai macam perubahan yang terbaru. Disamping itu, akan lebih sempurna lagi jika RPP disusun lebih kreatif.

Pembuatan RPP dan Silabus K13 Terbaru

RPP Bahasa Indonesia SMA K13 Revisi 2017 Doc-PDF

Seperti yang Bapak / Ibu guru ketahui, bahwa dalam menyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang digunakan sebagai pedoman adalah silabus. Maka dari itu, sebelum menyusun RPP tentunya Bapak / Ibu guru harus membuat silabus terlebih dahulu.

Karena pada postingan kali ini yang akan kami bahas adalah RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) untuk Kurikulum 2013 dan bukan KTSP, sebaiknya kita melihat kembali berbagai perubahan pada RPP yang telah dilakukan revisi pada kurikulum 2013 tahun 2016.



Ada 2 poin penting yang telah kami rangkum dalam pembuatan RPP dan Silabus K13 terbaru, diantaranya:

  1. Silabus Kurikulum 2013 revisi 2017 jauh lebih sederhana karena hanya terdiri dari 3 kolom, yaitu KD (Kompetensi Dasar), Materi Pembelajaran, dan Kegiatan Pembelajaran.
  2. Pada RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), tidak wajib untuk menyebutkan nama metode pembelajaran yang digunakan dan materi yang dibuat adalah bentuk lampiran sebagai berikut dengan rubrik penilaian (jika ada).

Contoh RPP Bahasa Indonesia SMA Kurikulum 2013

Contoh RPP Bahasa Indonesia SMA Kurikulum 2013

Pada postingan kali ini, RPP yang akan dibagikan oleh blog gurupengajar.com adalah mata pelajaran wajib bahasa Indonesia SMA Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2 untuk kelas X, XI, dan XII. Sedangkan untuk mata pelajaran lainnya, akan kami bagikan pada pembahasan berikutnya.

Berikut ini kami akan memberikan salah satu contoh rangkuman RPP kelas X mata pelajaran wajib Bahasa Indonesia. Untuk lebih jelasnya silahkan Anda simak contoh rangkuman RPP dibawah ini.

A. Kompetensi Inti

KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnyadengan mematuhi norma-norma bahasa Indonesia serta mensyukuri dan mengapresiasi keberadaan bahasa dan sastra Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan menunjukkan sikap pro-  aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam kehidupan sosial secara efektif dengan memiliki sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia serta mempromosikan penggunaan bahasa Indonesia dan mengapresiasi sastra Indonesia.
KI 3 : Memahami , menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahu tentang  bahasa dan sastra Indonesia serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian bahasa dan sastra yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (ipteks).
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  untuk mengembangkanilmu bahasa dan sastra Indonesia secara mandiri dengan menggunakan metode ilmiah sesuai kaidah keilmuan terkait.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator



1.3.      Mengetahui dan memahami definisi dan karakteristik sastra, jenis-jenis dan struktur sastra, serta memahami sastra sebagai karya seni dan bidang ilmu yang dekat dengan kita

Leave a Reply

Your email address will not be published.