×

RPP Bahasa Indonesia SMA K13 Revisi 2017

Posted on

Pada postingan kali ini, RPP yang akan dibagikan oleh blog gurupengajar.com adalah mata pelajaran wajib bahasa Indonesia SMA Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2 untuk kelas X, XI, dan XII. Sedangkan untuk mata pelajaran lainnya, akan kami bagikan pada pembahasan berikutnya.

Berikut ini kami akan memberikan salah satu contoh rangkuman RPP kelas X mata pelajaran wajib Bahasa Indonesia. Untuk lebih jelasnya silahkan Anda simak contoh rangkuman RPP dibawah ini.

A. Kompetensi Inti



KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnyadengan mematuhi norma-norma bahasa Indonesia serta mensyukuri dan mengapresiasi keberadaan bahasa dan sastra Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan menunjukkan sikap pro-  aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam kehidupan sosial secara efektif dengan memiliki sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia serta mempromosikan penggunaan bahasa Indonesia dan mengapresiasi sastra Indonesia.
KI 3 : Memahami , menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahu tentang  bahasa dan sastra Indonesia serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian bahasa dan sastra yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (ipteks).
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  untuk mengembangkanilmu bahasa dan sastra Indonesia secara mandiri dengan menggunakan metode ilmiah sesuai kaidah keilmuan terkait.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator

1.3.      Mengetahui dan memahami definisi dan karakteristik sastra, jenis-jenis dan struktur sastra, serta memahami sastra sebagai karya seni dan bidang ilmu yang dekat dengan kita

2.4.      Mengembangkan sikap apresiatif dalam menghayati karya sastra.

3.5.        Membandingkan karakteristik prosa lama dan baru serta mengapresiasinya

Indikator :

3.5.1.    Mengidentifikasi karakteristik prosa lama

3.5.2.    mengidentifikasi karakteristik prosa baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *