RPP IPA Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Posted on

RPP IPA Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017 – Selamat datang kembali di website gurupengajar.com. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai RPP, terutama untuk mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) tingkat SMP Kelas 7 untuk semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 edisi yang sudah direvisi 2017.



Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini sebenarnya sudah diberlakukan sejak tahun 2017/2018. Maka dari itu, diperlukan persiapan administrasi yang mendukung supaya Kurikulum 2013 ini bisa dilaksanakan.  Adapun administrasi yang harus disiapkan adalah RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang nantinya akan dijadikan sebagai pedoman oleh para guru kelas.

Pada umumnya RPP  akan dibuat oleh guru atau pendidik untuk membantunya dalam melaksanakan proses pembelajaran supaya bisa sesuai dengan aturan yang berlaku. Namun RPP yang dibuat pastinya harus berdasarkan Permendikbud 22 – 24 tahun 2016. Disamping itu, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang dibuat harus terintegrasi sebagai berikut:

  • PPK atau Pendidikan Karakter dalam melaksanakan proses pembelajaran. Adapun karakter utama yang harus diperkuat ada 5, yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.
  • Mengintegrasikan literasi; keterampilan abad 21 atau yang biasa disebut dengan istilah 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Colllaborative);
  • Mengintegrasikan HOTS atau Higher Order Thinking Skill

Baca juga: Download RPP Adiwiyata SMP Kurikulum 2013

RPP Edisi Terbaru Berdasarkan Buku IPA Kelas 7 (Buku Guru dan Siswa) Kurikulum 2013 Revisi 2017

Bagi Bapak dan Ibu guru mata pelajaran IPA yang sekarang ini sedang menyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) untuk mata pelajaran IPA maka kami akan bagikan contoh RPP IPA Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang terintegrasi PPK, Literasi, 4C, dan HOTS. Pastinya IPA Kelas 7 SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang akan kami bagikan ini dibuat berdasarkan materi yang ada pada buku IPA Kelas 7 (buku pegangan guru dan siswa) Kurikulum 2017 Revisi 2017.

Adapun materi yang ada dalam buku IPA Kelas 7 SMP Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang dijadikan sebagai sumber atau bahan penyusunan RPP adalah sebagai berikut ini:

  1. Objek ilmu pengetahuan alam dan pengamatannya, pengukuran besaran pokok dan turunan, satuan baku dan satuan tak baku.
  2. Klasifikasi mengenai makhluk hidup dan benda yang tak hidup, ciri-ciri makhluk hidup, klasifikasi makhluk hidup, pengenalan mikroskop.
  3. Zat dan karakteristik zat, zat padat, cair dan gas, unsur senyawa, unsur campuran, sifat fisika, sifat kimia, serta perubahan fisika dan kimia.
  4. Suhu dan kalor, suhu, alat untuk mengukur suhu, pemuaian kalor, perpindahan kalor, menstabilkan suhu tubuh makhluk hidup di kehidupan sehari-hari.
  5. Energi, berbagai macam bentuk energi, sumber energi, perubahan bentuk energi, transformasi energi yang terjadi pada sel, fotosintetis, respirasi.
  6. Sistem organisasi kehidupan, sel, jaringan organ, sistem organ, dan organisme.
  7. Sistem organisasi kehidupan, sel, jaringan organ, sistem organ, organisme.
  8. Makhluk hidup dan lingkungan sekitar, interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungan, serta dinamika populasi.
  9. Pencemaran terhadap lingkungan, udara, air, tanah dan dampak dari pencemaran bagi ekosistem.
  10. Perubahan iklim, yang menyebabkan terjadinya perubahan iklim, dampak perubahan iklim bagi ekosistem.
  11. Lapisan bumi dan bencana, lapisan bumi, gunung api, gempa bumi dan tsunami, tindakan terhadap bencana.
  12. Tata surya, sistem dalam tata surya, karakteristik yang dimiliki anggota tata surya, matahari sebagai bintang, dampak dari rotasi dan revolusi bumi terhadap kehidupan yang ada di bumi, gerhana bulan dan matahari, serta terjadinya pasang dan surut.

Baca juga: RPP Kurikulum SD SMP SMA Lengkap

Fungsi RPP IPA SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017

Fungsi utama adanya RPP IPA SMP Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang akan kami share adalah untuk memudahkan Bapak dan Ibu guru. Sebab, saat memasuki semester atau tahun ajaran baru guru mulai disibukkan dengan jadwal pelajaran dan materi yang akan diajarkan kepada peserta didik apakah masih dalam kelas yang sama atau justru mengalami pergantian kelas, atau bisa juga mendapat materi pelajaran yang lain sesuai dengan kebutuhan sekolah guru tersebut mengajar.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *