RPP K13 Kelas 5 Semester 1 Dan 2 Revisi 2017


RPP Kelas 5 Revisi 2017 Kurikulum 2013 – Berdasarkan Permendikbud Nomor 103 tahun 2014 yang membahas tentang pembelajaran menyebutkan bahwa pengertian RPP adalah suatu rencana pembelajaran yang dikembangkan dengan mengacu pada silabus, buku teks pelajaran, dan buku panduan guru.

Sementara komponen RPP yang disesuaikan dengan Permendikbud meliputi: (1) identitas sekolah, mata pelajaran, dan kelas atau semester; (2) alokasi waktu; (3) KI, KD, indikator pencapaian kompetensi; (4) materi pembelajaran; (5) kegiatan pembelajaran; (6) penilaian; dan (7) media atau alat, bahan, dan sumber belajar.

Dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 yang membahas tentang Standar Proses, menyebutkan bahwa komponen RPP terdiri identitas sekolah, identitas mapel atau mata pelajaran, kelas atau semester, materi pokok, alokasi waktu, tujuan pembelajaran, KD (Kompetensi Dasar) dan IPK (Indikator Pencapaian Kompetensi), materi pembelajaran, metode, media atau alat, sumber belajar, tahapan dalam pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran.

Permendikbud tersebut pada intinya sama, karena keduanya membahas tentang komponen RPP. Sesuai dengan kedua Permendikbud tersebut maka RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) bisa dikembangkan dengan menggunakan tiga alternatif, yaitu (1) mengacu pada komponen Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014, (2) mengacu pada komponen Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, dan (3) menggabungkan komponen dari kedua Permendikbud atau saling melengkapi.

Nah sebelum membahas lebih jauh, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang RPP Kurikulum 2013 Kelas 5 SD revisi 2017. Informasi yang akan kami sampaikan ini tentunya penting untuk diketahui oleh rekan-rekan guru, terutama bagi guru yang sekolahnya sudah menerapkan Kurikulum 2013.

Disamping itu, kami juga akan membahas beberapa perbedaan pada RPP Kurikulum 2013 revisi tahun 2017. Bahkan kami juga akan memberikan memberikan contoh RPP Kurikulum 2013 kelas 5 sekolah dasar revisi terbaru 2017. Untuk lebih jelasnya silahkan langsung saja simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: RPP Matematika Kelas 5 SD Revisi 2018

RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kurikulum 2013

 

Pertama kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai perbedaan RPP Kurikulum 2013 Edisi Revisi dengan RPP Kurikulum 2013 Revisi 2016. Kurikulum 2013 saat ini sudah tidak dilakukan revisi lagi untuk tahun 2017. Revisi Kurikulum 2017 sebenarnya tidak mengalami perubahan yang terlalu signifikan, tetapi perubahan yang dilakukan lebih di fokuskan untuk meningkatkan hubungan antara KI (Kompetensi Inti) dengan KD (Kompetensi Dasar).

Sementara dalam pembuatan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Kurikulum 2013 revisi 2017 harus memuat 4 point penting, yaitu PPK, Literasi, 4C, dan HOTS. Sehingga dalam hal ini dibutuhkan kreatifitas guru untuk menyusunnya. Berikut ini adalah perbaikan atau revisi Kurikulum 2013 tahun 2017:

Mengintergrasikan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) saat melaksanakan proses pembelajaran. Adapun karakter utama yang harus diperkuat ada 5, yakni religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Mengintegrasikan literasi: keterampilan pada abad 21 atau yang biasa disebut dengan 4C (Creative, Critical Thinking, Communicative, dan Collaborative):

Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill)

Gerakan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) diharuskan untuk mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan menyeimbangkan berbagai macam program serta kegiatan pendidikan karakter yang telah dilaksanakan sampai saat ini. Pengintegrasian dalam hal ini bisa berupa:

  • Pemaduan kegiatan kelas, luar kolah di lingkungan sekolah, dan luar sekolah (masyarakat atau komunitas);
  • Pemaduan kegiatan ekstrakurikuler, intrakurikuler, dan kokurikuler;
  • Pelibatan secara bersamaan antara warga sekolah, keluarga, dan masyarakat;

Perdalaman dan Perluasan bisa berupa:

  • Penambahan dan pengintensifan berbagai aktivitas yang berorientasi pada pengembangan karakter peserta didik,
  • Penambahan dan penajaman aktivitas belajar peserta didik, dan pengaturan ulang waktu belajar peserta didik baik di sekolah ataupun di luar sekolah;
  • Penyelarasan bisa berupa penyesuaian tugas pokok seorang pendidik atau guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan juga fungsi dari Komite Sekolah dengan kebutuhan gerakan PPK.

Penjelasan Singkat Mengenai Gerakan Literasi Sekolah

Dalam konteks Gerakan Literasi Sekolah, pengertian literasi adalah kemampuan dalam mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu dengan baik melalui berbagai kegiatan seperti membaca, melihat, menyimak, menulis, dan berbicara.

Gerakan Literasi Sekolah atau yang biasa disingkat dengan GLS merupakan salah satu upaya yang dilakukan secara menyeluruh dengan tujuan utama untuk membuat sekolah menjadi organisasi pembelajaran yang seluruh warganya literat sepanjang hayat dengan melalui pelibatan publik.

Literasi sebenarnya tidak hanya sekedar membaca ataupun menulis, tetapi juga meliputi keterampilan berpikir dengan menggunakan berbagai sumber pengetahuan yang biasanya dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi bisa dijabarkan menjadi:

  1. Literasi Dini atau Early Literacy,
  2. Literasi Dasar atau Basic Literacy,
  3. Literasi Perpustakaan atau Library Literacy,
  4. Literasi Media atau Media Literacy,
  5. Literasi Teknologi atau Technology Literacy,
  6. Literasi Visual atau Visual Literacy.

Keterampilan abad 21 atau yang biasa disebut dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking dan Problem Solving, dan Creativity and Innovation).

Sebenarnya inilah yang akan dicapai dengan hadirnya Kurikulum 2013, bukan hanya sekedar transfer materi saja namun juga pembentukan 4C. Para ahli menjelaskan bahwa 4C sangat penting untuk dikuasai karena nantinya dapat dijadikan sebagai sarana untuk meraih kesuksesan, terutama abad 21. Abad 21 ini sendiri merupakan abad yang dimana dunia berkembang secara cepat dan dinamis.

Penguasaan keterampilan abad 21 juga terbilang penting, 4C merupakan jenis softkill yang pada implementasi keseharian jauh lebih berguna jika dibandingkan dengan penguasaan hardskill saja.

HOTS (Higher Order of Thingking Skill) merupakan kemampuan berpikir secara kritis, logis, reflektif, metakognitif dan berpikir kreaktif. Berpikir kreatif dalam hal ini berarti kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kurikulum 2013 juga mengharuskan bahwa materi pembelajarannya harus sampai metakognitif yang mensyaratkan siswa memiliki kemampuan untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan.

Sejalan dengan hal tersebut, ranah dari HOTS adalah analisis yang merupakan kemampuan berpikir untuk menspesifikasi berbagai aspek atau elemen dari suatu konteks tertentu. Evaluasi adalah kemampuan berpikir untuk menentukan keputusan yang sesuai dengan fakta atau informasi.

Sedangkan mengkreasi adalah kemampuan berpikir untuk membangun gagasan atau ide-ide. Sehingga tidak mungkin lagi untuk menggunakan berbagai model/metode/strategi/pendekatan yang berpusat kepada guru, namun juga harus mengaktifkan peserta didik dalam proses pembelajaran atau Active Learning. Khusus untuk PPK nantinya menjadi program yang akan disesuaikan dengan 5 hari belajar (8 jam sehari) dan untuk sisanya, yaitu 2 hari  akan diberikan khusus untuk pendidikan keluarga.

CONTOH RPP K13 REVISI KELAS 5 SEMESTER 1 DAN 5 TAHUN 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan      : SD/MI

Kelas / Semester        :  5 /1

Tema                           :  Organ Gerak Hewan Dan Manusia(Tema 1)

Sub Tema                  :  Organ Gerak Hewan (Sub Tema 1)

Pembelajaran ke         :  1

Alokasi waktu              :  1 Hari

A. KOMPETENSI INTI

  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan : IPA

No Kompetensi Indikator
3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara

memelihara kesehatan alat gerak manusia.

3.1.1 Mengetahui fungsi alat gerak pada

manusia dan hewan.

3.1.2 Menunjukan cara menjaga

kesehatan alat gerak.

4.1 Membuat model sederhana alat gerak manusia dan hewan. 4.1.1   Menciptakan alat peraga dari bahan bekas.

Muatan : Bahasa Indonesia

No Kompetensi Indikator
3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis. 3.1.1 Menunjukan ide pokok pada sebuah

paragraf

3.1.2 Mencari pokok pikiran pada sebuah

percakapan.

4.1 Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran 4.1.1 Mengindentifikasi pokok pikiran yang

terdapat pada sebuah teks.

C. TUJUAN

  1. Dengan membaca teks tentang organ gerak hewan dan manusia, siswa dapat menyebutkan alat gerak hewan dan manusia secara benar.
  2. Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan secara tepat.
  3. Dengan menulis, siswa dapat mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf secara runtut.
  4. Dengan berdiskusi, siswa dapat menebutkan pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan secara percaya diri.

D. Materi

  1. Bacaan organ gerak hewan dan manusia
  2. Bacaan beberapa paragarap.
  3. Gambar dan percakapan.

E. PENDEKATAN & METODE

Pendekatan          : Scientific

Strategi                 : Cooperative Learning

Teknik                  : Example Non Example

Metode                 : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

F. KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi

Waktu

Pembukaan

1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa

2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).

3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.

4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.

5. Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit materi non pelajaran seperti tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Apa yang tergambar pada sampul buku.
  • Apa judul buku
  • Kira-kira ini menceritakan tentang apa
  • Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini 15 menit

Inti Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

  • Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari.
  • Siswa mengamati gambar dan percakapan tentang organ gerak hewan dan manusia.
  • Biarkan siswa mengamati dan menganalisa gambar dan percakapan secara cermat.

Catatan:

1) Eksplorasi: Ajarkan siswa untuk mengeksplorasi gambar secara cermat untuk menggali informasi.

2) Pengumpulan Data: Ajarkan siswa sehingga terbiasa untuk mengolah data menjadi sebuah informasi yang berguna melalui konsep pelaporan tertulis.

3) Komunikasi: Rangsang keingintahuan siswa dengan dialog interaktif.

Hasil yang Diharapkan

  1. Siswa terangsang untuk ingin tahu dan mempelajari lebih lanjut tentang organ gerak hewan dan manusia.
  2. Siswa memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap organ gerak.

A. Ayo Membaca

  • Siswa membaca bacaan berjudul Organ Gerak Manusia dan Hewan.

Alternatif kegiatan membaca:

  1. Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta dalam hati.
  2. Guru menunjuk satu siswa untuk membacakan bacaan tersebut dan meminta siswa lain menyimak.
  3. Bacaan tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa.

Hasil yang diharapkan

– Siswa gemar membaca.

– Siswa memiliki keterampilan untuk menggali informasi dari sebuah bacaan.

– Melalui bacaan, siswa dapat mengetahui organ gerak manusia dan hewan.

  • Selesai membaca, siswa mencari dan menentukan ide pokok tiap    paragraf  dari bacaan yang telah dibacanya.

Alternatif jawaban

  1. Paragraf 2: Gerak pada manusia dan hewan menggunakan organ    geraktersusun dalam sistem gerak.
  2. Paragraf 3: Organ gerak manusia dan hewan memiliki kesamaan yakni tulang dan otot.
  3. Paragraf 4: Tulang merupakan alat gerak pasif.
  4. Paragraf 5: Otot merupakan alat gerak aktif.

Hasil yang diharapkan

– Siswa memiliki keterampilan berbahasa Indonesia dengan baik dan benar khususnya dalam memahami bacaan dan menentukan ide pokok bacaan.

– Siswa mampu menentukan ide pokok bacaan.

B. Ayo Menulis

  • Pada kegiatan: Ayo Menulis, secara mandiri siswa mencoba membuat paragraf berdasarkan ide pokok yang telah ditentukan.

Alternatif Jawaban

  1. Paragraf 1: Organ gerak manusia dan hewan terdiri dari dua macam. Ada organ gerak pasif, yakni tulang. Ada juga organ gerak aktif, yakni otot. Tulang dan otot memiliki fungsi masing-masing dalam sistem gerak manusia dan hewan.
  2. Paragraf 2: Organ gerak banyak sekali fungsinya. Dengan organ gerak, kita dapat melakukan gerakan-gerakan dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya, berjalan, berlari, memanjat, memegang, berenang, menggenggam, menoleh, dan lain-lain.
  3. Paragraf 3: Tanpa organ gerak manusia tidak akan bisa melakukan gerakan apa-apa. Manusia tidak akan bisa melakukan aktivitas sehari-hari. Hal tersebut dikarenakan organ gerak adalah sistem yang meneruskan perintah dari otak dalam mengendalikan gerakan-gerakan, baik gerakan-gerakan spontan karena adanya rangsangan dari luar maupun gerakan-gerakan terencana.

Hasil yang diharapkan

– Siswa memiliki keterampilan mengembangkan ide pokok menjadi

– sebuah paragraf.

– Siswa mengetahui fungsi organ gerak.

– Siswa dapat mandiri, bertanggung jawab, serta tekun dalam mengerjakan tugas.

C. Ayo Berdiskusi

  • Siswa membentuk kelompok untuk berdiskusi tentang pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan.

Alternatif Pelaksanaan Diskusi

  1. Guru menciptakan suasana interaktif dan atraktif dengan mengajak siswa melaksanakan diskusi secara klasikal.
  2. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilih para petugas diskusi, seperti pembawa acara, sekretaris/notulis, dan lain-lain. Sementara anak-anak yang lain bertindak sebagai peserta diskusi.
  3. Pembawa acara bertanggung jawab atas jalannya diskusi. Pembawa acara juga bertugas untuk membacakan pertanyaan-pertanyaan untuk didiskusikan oleh peserta.
  4. Notulis bertugas untuk mencatat kejadian-kejadian yang terjadi saat diskusi berlangsung, seperti pendapat-pendapat yang disampaikan oleh peserta diskusi. Notulis juga bertugas untuk membuat laporan dan kesimpulan hasil diskusi.
  5. Setiap peserta diskusi berhak mengemukakan pendapatnya berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pembawa acara.
  6. Setelah siswa memberikan pendapatnya, guru mengonfirmasi pendapat-pendapat siswa. Kemudian guru memandu siswa untuk menarik kesimpulan.
  7. Masing-masing siswa menulis jawaban sesuai pertanyaan pada buku siswa berdasarkan hasil diskusi

Alternatif Jawaban

– Ide Pokok: Ide/gagasan yang menjadi dasar atau pokok pengembangan sebuah paragraf.

– Fungsi Ide Pokok: Menjadi dasar pengembangan paragraf.

– Cara menetukan ide pokok: Membaca kalimat dalam paragraf satu demi satu, menentukan inti paragraf tersebut. Inti paragraf itulah yang disebut ide pokok/pikiran utama.

Hasil yang diharapkan

–  Siswa memahami pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok dari sebuah bacaan.

– Siswa mampu mengembangkan sikap kerja sama dalamkelompok serta menghargai pendapat orang lain.

  • Pada kegiatan Ayo Berdiskusi, secara mandiri siswa membuat kesimpulan hasil diskusi.
  • Cara membuat kesimpulan dengan mencatat dan memerhatikan semua pendapat yang disampaikan dalam diskusi kemudian membandingkan pendapat tersebut.
  • Setelah membandingkan, carilah pendapat yang banyak didukung oleh peserta diskusi dan yang dirasa mendekati kebenaran.
  • Siswa meminta penguatan kepada guru mengenai kesimpulan yang telah diambil.
  • Siswa diberikan kesempatan untuk bertaya dan memberikan tanggapan.

Hasil yang diharapkan

– Siswa memahami konsep dan memiliki ketrampilan untuk menyimpulkan suatu kejadian atau peristiwa.

– Kemandirian dalam mengerjakan tugas serta kepekaan dan berpikir kritis.

Hasil yang diharapkan

– Kemandirian dan ketekunan dalam mengerjakan tugas.

– Siswa mengisi tabel mengenai kompetensi yang sudah dipelajari, berkaitan dengan organ gerak manusia dan hewan.

Catatan  :

  • Kegiatan ini merupakan media untuk mengukur seberapa banyak materi yang sudah dipelajari dan dipahami siswa.
  • Pada ativitas ini lebih ditekankan pada sikap siswa setelah mempelajari materi.
  • Sebagai tindaklanjut dari kegiatan ini, guru dapat memberikan REMEDIAL dan PENGAYAAN sesuai dengan tingkat pencapaian masing-masing siswa.

Hasil yang diharapkan

– Siswa meningkatkan kegiatan belajarnya sesuai dengan tingkat pencapaian yang dicapainya.

D. Kerja Sama Dengan Orang Tua

  • Dengan bantuan orang tuanya, siswa mengamati hewan-hewan yang ada di sekitar tempat tinggalnya. Siswa mengidentifikasi organ gerak hewan-hewan tersebut.

Hasil yang diharapkan

– Mengetahui organ gerak hewan.

– Menambah rasa ingin tahu.

– Kerja sama.

– Keterampilan mengumpulkan dan mengolah data atau informasi melalui kegiatan pengamatan. 140 menit

Penutup

1. Siswa mampu mengemukan hasil belajar hari ini

2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

3. Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya

4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.

5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa. 15 menit

A. PENILAIAN

enilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut

Teknik Penilaian:

  1. Penilaian Sikap: Percaya diri, peduli, tanggung jawab, disiplin

Disiplin

Selengkapnya silahkan download berikut ini…..

Download RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 5 Semester 1

RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Kurikulum 2013 Revisi 2017 memang mengacu pada Kurikulum 2013 yang sudah dilakukan revisi dan selesai pada tahun 2017. Revisi Kurikulum 2013 ini mengalami banyak perubahan yang menyangkut;

  1. Kompetensi Inti
  2. Kompetensi Dasar
  3. Tujuan Pembelajaran
  4. Materi Pembelajaran
  5. Pendekatan, Pola dan Muatan Pembelajaran
  6. Pemisahan Mata Pelajaran

Berkaitan dengan hal tersebut maka sekarang ini telah dikemas pedoman kurikulum baru yang dibuat dan disusun silabus baru serta direvisi buku guru dan buku siswa.

RPP Kurikulum 2013 Kelas 5 Semester 1 dan 2 Revisi 2017 jauh berbeda jika dibandingkan dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Kurikulum 2013 yang sudah pernah dibuat pada tahun-tahun sebelumnya yang masih belum menggunakan buku guru atau murid edisi revisi 2017.

Bagi Anda yang ingin memiliki RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 5 Semester 1 dan 2. Silahkan langsung saja unduh dengan melalui link berikut ini tanpa ribet akan diarahkan menuju laman dan menunggu selama beberapa detik saja.

Namun pastikan terlebih dahulu bahwa Anda sudah memiliki Akun Google atau Dropbox, untuk dropbox bisa langsung login Via Google. Hal ini bertujuan untuk memudahkan dalam melakukan download dan keamanan penyimpanan berkas. File yang tersedia hanya RPP Tematik dan masih belum dilengkapi dengan RPP khusus seperti RPP Matematika dan RPP PJOK.

Link Download RPP Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017

Semester 1

  • Tema 1 – Benda-Benda di Lingkungan Sekitar : Download
  • Tema 2 – Peristiwa Dalam Kehidupan : Download
  • Tema 3 – Kerukunan Dalam Bermasyarakat : Download
  • Tema 4 – Sehat Itu Penting : Download
  • Tema 5 – Bangga Sebagai Bangsa Indonesia : Download

Semester 2

  • Tema 6 – Panas dan Perpindahannya : Download
  • Tema 7 – Peristiwa dalam Kehidupan Buku : Download
  • Tema 8 – Lingkungan Sahabat Kita : Download
  • Tema 9 – Benda-Benda di Sekitar Kita : Download

Baca juga: RPP Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi 2020

Demikian informasi kali ini yang dapat kami sampaikan tentang RPP Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2 Revisi 2017. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini bisa dijadikan sebagai referensi Bapak/Ibu guru sebelum memulai proses pembelajaran. Terima kasih sudah berkunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *