×

RPP K13 Kelas 5 Semester 1 Dan 2 Revisi 2017

Posted on

RPP Kelas 5 Revisi 2017 Kurikulum 2013 – Berdasarkan Permendikbud Nomor 103 tahun 2014 yang membahas tentang pembelajaran menyebutkan bahwa pengertian RPP adalah suatu rencana pembelajaran yang dikembangkan dengan mengacu pada silabus, buku teks pelajaran, dan buku panduan guru.

Sementara komponen RPP yang disesuaikan dengan Permendikbud meliputi: (1) identitas sekolah, mata pelajaran, dan kelas atau semester; (2) alokasi waktu; (3) KI, KD, indikator pencapaian kompetensi; (4) materi pembelajaran; (5) kegiatan pembelajaran; (6) penilaian; dan (7) media atau alat, bahan, dan sumber belajar.



Dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 yang membahas tentang Standar Proses, menyebutkan bahwa komponen RPP terdiri identitas sekolah, identitas mapel atau mata pelajaran, kelas atau semester, materi pokok, alokasi waktu, tujuan pembelajaran, KD (Kompetensi Dasar) dan IPK (Indikator Pencapaian Kompetensi), materi pembelajaran, metode, media atau alat, sumber belajar, tahapan dalam pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran.

Permendikbud tersebut pada intinya sama, karena keduanya membahas tentang komponen RPP. Sesuai dengan kedua Permendikbud tersebut maka RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) bisa dikembangkan dengan menggunakan tiga alternatif, yaitu (1) mengacu pada komponen Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014, (2) mengacu pada komponen Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, dan (3) menggabungkan komponen dari kedua Permendikbud atau saling melengkapi.

Nah sebelum membahas lebih jauh, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang RPP Kurikulum 2013 Kelas 5 SD revisi 2017. Informasi yang akan kami sampaikan ini tentunya penting untuk diketahui oleh rekan-rekan guru, terutama bagi guru yang sekolahnya sudah menerapkan Kurikulum 2013.

Disamping itu, kami juga akan membahas beberapa perbedaan pada RPP Kurikulum 2013 revisi tahun 2017. Bahkan kami juga akan memberikan memberikan contoh RPP Kurikulum 2013 kelas 5 sekolah dasar revisi terbaru 2017. Untuk lebih jelasnya silahkan langsung saja simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: RPP Matematika Kelas 5 SD Revisi 2018

RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kurikulum 2013

 

Pertama kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai perbedaan RPP Kurikulum 2013 Edisi Revisi dengan RPP Kurikulum 2013 Revisi 2016. Kurikulum 2013 saat ini sudah tidak dilakukan revisi lagi untuk tahun 2017. Revisi Kurikulum 2017 sebenarnya tidak mengalami perubahan yang terlalu signifikan, tetapi perubahan yang dilakukan lebih di fokuskan untuk meningkatkan hubungan antara KI (Kompetensi Inti) dengan KD (Kompetensi Dasar).

Sementara dalam pembuatan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Kurikulum 2013 revisi 2017 harus memuat 4 point penting, yaitu PPK, Literasi, 4C, dan HOTS. Sehingga dalam hal ini dibutuhkan kreatifitas guru untuk menyusunnya. Berikut ini adalah perbaikan atau revisi Kurikulum 2013 tahun 2017:

Mengintergrasikan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) saat melaksanakan proses pembelajaran. Adapun karakter utama yang harus diperkuat ada 5, yakni religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Mengintegrasikan literasi: keterampilan pada abad 21 atau yang biasa disebut dengan 4C (Creative, Critical Thinking, Communicative, dan Collaborative):

Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill)

Gerakan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) diharuskan untuk mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan menyeimbangkan berbagai macam program serta kegiatan pendidikan karakter yang telah dilaksanakan sampai saat ini. Pengintegrasian dalam hal ini bisa berupa:

  • Pemaduan kegiatan kelas, luar kolah di lingkungan sekolah, dan luar sekolah (masyarakat atau komunitas);
  • Pemaduan kegiatan ekstrakurikuler, intrakurikuler, dan kokurikuler;
  • Pelibatan secara bersamaan antara warga sekolah, keluarga, dan masyarakat;

Perdalaman dan Perluasan bisa berupa:

  • Penambahan dan pengintensifan berbagai aktivitas yang berorientasi pada pengembangan karakter peserta didik,
  • Penambahan dan penajaman aktivitas belajar peserta didik, dan pengaturan ulang waktu belajar peserta didik baik di sekolah ataupun di luar sekolah;
  • Penyelarasan bisa berupa penyesuaian tugas pokok seorang pendidik atau guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan juga fungsi dari Komite Sekolah dengan kebutuhan gerakan PPK.

Penjelasan Singkat Mengenai Gerakan Literasi Sekolah

Dalam konteks Gerakan Literasi Sekolah, pengertian literasi adalah kemampuan dalam mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu dengan baik melalui berbagai kegiatan seperti membaca, melihat, menyimak, menulis, dan berbicara.

Gerakan Literasi Sekolah atau yang biasa disingkat dengan GLS merupakan salah satu upaya yang dilakukan secara menyeluruh dengan tujuan utama untuk membuat sekolah menjadi organisasi pembelajaran yang seluruh warganya literat sepanjang hayat dengan melalui pelibatan publik.

Literasi sebenarnya tidak hanya sekedar membaca ataupun menulis, tetapi juga meliputi keterampilan berpikir dengan menggunakan berbagai sumber pengetahuan yang biasanya dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi bisa dijabarkan menjadi:

  1. Literasi Dini atau Early Literacy,
  2. Literasi Dasar atau Basic Literacy,
  3. Literasi Perpustakaan atau Library Literacy,
  4. Literasi Media atau Media Literacy,
  5. Literasi Teknologi atau Technology Literacy,
  6. Literasi Visual atau Visual Literacy.

Keterampilan abad 21 atau yang biasa disebut dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking dan Problem Solving, dan Creativity and Innovation).

Sebenarnya inilah yang akan dicapai dengan hadirnya Kurikulum 2013, bukan hanya sekedar transfer materi saja namun juga pembentukan 4C. Para ahli menjelaskan bahwa 4C sangat penting untuk dikuasai karena nantinya dapat dijadikan sebagai sarana untuk meraih kesuksesan, terutama abad 21. Abad 21 ini sendiri merupakan abad yang dimana dunia berkembang secara cepat dan dinamis.

Penguasaan keterampilan abad 21 juga terbilang penting, 4C merupakan jenis softkill yang pada implementasi keseharian jauh lebih berguna jika dibandingkan dengan penguasaan hardskill saja.

HOTS (Higher Order of Thingking Skill) merupakan kemampuan berpikir secara kritis, logis, reflektif, metakognitif dan berpikir kreaktif. Berpikir kreatif dalam hal ini berarti kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kurikulum 2013 juga mengharuskan bahwa materi pembelajarannya harus sampai metakognitif yang mensyaratkan siswa memiliki kemampuan untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan.

Sejalan dengan hal tersebut, ranah dari HOTS adalah analisis yang merupakan kemampuan berpikir untuk menspesifikasi berbagai aspek atau elemen dari suatu konteks tertentu. Evaluasi adalah kemampuan berpikir untuk menentukan keputusan yang sesuai dengan fakta atau informasi.

Sedangkan mengkreasi adalah kemampuan berpikir untuk membangun gagasan atau ide-ide. Sehingga tidak mungkin lagi untuk menggunakan berbagai model/metode/strategi/pendekatan yang berpusat kepada guru, namun juga harus mengaktifkan peserta didik dalam proses pembelajaran atau Active Learning. Khusus untuk PPK nantinya menjadi program yang akan disesuaikan dengan 5 hari belajar (8 jam sehari) dan untuk sisanya, yaitu 2 hari  akan diberikan khusus untuk pendidikan keluarga.

CONTOH RPP K13 REVISI KELAS 5 SEMESTER 1 DAN 5 TAHUN 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan      : SD/MI

Kelas / Semester        :  5 /1

Tema                           :  Organ Gerak Hewan Dan Manusia(Tema 1)

Sub Tema                  :  Organ Gerak Hewan (Sub Tema 1)

Pembelajaran ke         :  1

Alokasi waktu              :  1 Hari

A. KOMPETENSI INTI

  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan : IPA

No Kompetensi Indikator
3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara

memelihara kesehatan alat gerak manusia.

3.1.1 Mengetahui fungsi alat gerak pada

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *