RPP Kelas 6 Semester 1 Dan 2 Revisi 2018

RPP Kelas 6 Semester 1 Dan Semester 2 – RPP Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 merupakan salah perangkat mengajar yang harus disiapkan oleh guru kelas 6 SD. RPP ini nantinya akan digunakan sebagai pedoman untuk guru kelas 6 SD untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran berdasarkan rambu-rambu yang telah ditetapkan.

Guru kelas 6 SD memang wajib memiliki perangkat pembelajaran yang cukup dengan tujuan supaya proses pembelajaran bisa berjalan dengan baik dan dapat mencapai tujuan pembelajaran sesuai harapan, diantaranya adalah RPP Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018.

Baca juga: RPP Matematika Kelas 6 SD Semester 1 Dan Semester 2

Pengertian RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)

RPP adalah rencana pembelajaran yang telah mengalami perkembangan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema yang tertentu berpedoman pada silabus dengan tujuan untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran siswa agar dapat mencapai KD (Kompetensi Dasar).

Seperti yang sudah kami bahas diatas bahwa setiap guru atau pendidik dalam satuan pendidikan memiliki kewajiban untuk membuat RPP secara lebih detail dan sistematis supaya kegiatan pembelajaran dapat berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memberi motivasi pada siswa untuk berpartisipasi secara aktif, memberi ruang yang cukup  bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian yang sesuai dengan bakat, minat, perkembangan fisik, dan psikologis siswa.

Untuk RPP Kelas 6 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018 ini terdiri dari 4 tema, yaitu:

  1. RPP Kelas 6 Edisi Revisi 2018 Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera
  2. RPP Kelas 6 Edisi Revisi 2018 Tema 7 Kepemimpinan
  3. RPP Kelas 6 Edisi Revisi 2018 Tema 8 Bumiku
  4. RPP Kelas 6 Edisi Revisi 2018 Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar

RPP Tematik Kelas 6 SD Tema 6 7 8 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 ini mencakup tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di dalam pembelajaran yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Disamping itu, RPP Kelas 6 SD Semester 2 K13 Revisi 2018 juga telah di integrasikan literasi; keterampilan abad 21 atau disebut dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative); dan HOTS (High Order Thingking Skill).

Baca juga: Soal UTS Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Komponen dan Identitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Pada umumnya dalam sebuah RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) terdiri dari beberapa komponen sebagai berikut:

  1. Identitas sekolah, yakni nama satuan pendidikan.
  2. Identitas mata pelajaran atau tema/sub tema.
  3. Kelas dan semester.
  4. Materi esensial atau pokok.
  5. Alokasi waktu.
  6. Tujuan pembelajaran.
  7. Kompetensi inti.
  8. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi.
  9. Materi pembelajaran.
  10. Metode pembelajaran.
  11. Media pembelajaran.
  12. Sumber belajar.
  13. Tahapan atau skenario dalam pembelajaran.
  14. Penilaian hasil belajar.

Sementara itu, berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 tahun 2014 mengenai Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah ditentukan oleh komponen dan sistematika RPP adalah sebagai berikut:

  1. Identitas, yang mencakup mata pelajaran, kelas atau semester, dan alokasi waktu yang telah ditetapkan.
  2. KI (Kompetensi Inti).
  3. KD (Kompetensi Dasar)
  4. Indikator Pencapaian Kompetensi.
  5. Materi Pembelajaran.
  6. Kegiatan Pembelajaran.
  7. Penilaian, Pembelajaran, dan Remidial.
  8. Media atau Alat termasuk Bahan dan Sumber Belajar.

Baca juga: Soal Tematik Kelas 6 Semester 1 & 2 Revisi 2018

Prinsip-Prinsip dalam Menyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)

Saat menyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), ada beberapa prinsip penting yang harus diperhatikan.  Adapun prinsip-prinsip yang kami maksud tersebut adalah sebagai berikut ini:

  1. Perbedaan individual siswa yang termasuk kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi dalam belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, latar belakang budaya, norma, nilai dan lingkungan siswa.
  2. Partisipasi aktif siswa.
  3. Fokus pada siswa untuk memberi semangat dalam belajar, motivasi, minat, kreativitas, inspirasi inovasi dan kemandirian.
  4. Mengembangkan budaya membaca dan menulis yang dirancang khusus untuk mengembangkan kegemaran dalam membaca, pemahaman mengenai beragam bacan, dan berekspresi dalam berbagai macam bentuk tulisan.
  5. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut, mencakup rancangan program dengan memberikan umpan balik yang positif, penguatan, pengayaan, dan remidi.
  6. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan diantara KD (Kompetensi Dasar), materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan juga sumber belajar.
  7. Mengakomodasi pembelajaran tematik secara terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan juga keanekaragaman budaya.
  8. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegritas, sistematis, dan efektif dengan menyesuaikan pada situasi dan kondisi.

Langkah-Langkah dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) :

  1. Menuliskan Identitas Mata Pelajaran

Menuliskan identitas mata pelajaran yang mencakup identitas sekolah, mata pelajaran, kelas atau semester, alokasi waktu, materi atau tema.

  1. Menuliskan KI (Kompetensi Inti)

KI (Kompetensi Inti) merupakan tingkat kemampuan untuk dapat mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang wajib dimiliki oleh siswa pada setiap tingkat kelas atau program yang dijadikan sebagai landasar dalam Pengembangan Kompetensi Dasar (KD).

Dalam Kompetensi Inti ini meliputi 4 dimensi yang mencerminkan : (1) sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan.

  1. Menuliskan Kompetensi Dasar

Kompetensi dasar merupakan suatu kemampuan yang wajib dimiliki oleh seorang siswa pada mata pelajaran tertentu  untuk dijadikan sebagai rujukan dalam menyusun indikator kompetensi.

  1. Menuliskan Indikator Pencapaian Kompetensi

Indikator kompetensi merupakan perilaku yang bisa diukur atau diobservasi untuk menggambarkan tercapaian kompetensi dasar tertentu yang dijadikan sebagai pedoman dalam penilaian mata pelajaran.

  1. Merumuskan Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran menunjukkan proses dan hasil belajar yang ingin dicapai oleh siswa dengan menyesuaikan kompetensi dasar. Penyusunan tujuan pembelajaran ini adalah berdasarkan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator yang sudah ditentukan.

  1. Materi Ajar

Materi ajar mencakup fakta, konsep, prinsip, dan prosedur  secara relevan, dan pada umumnya ditulis berupa peta konsep dengan menyesuaikan rumusan indikator pencapaian kompetensi.

  1. Alokasi Waktu

Penentuan alokasi waktu  disesuaikan dengan kebutuhan untuk mencapai Kompetensi Dasar dan beban belajar.

  1. Menentukan Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran digunakan oleh setiap pendidik atau guru dengan tujuan untuk mewujudkan suasan belajar dan proses pembelajaran supaya siswa dapat mencapai Kompetensi Dasar atau indikator yang sudah ditetapkan.

  1. Penilaian Hasil Belajar

Prosedur dan instrumen penilaian hasil belajar harus berdasarkan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu pada standar penilaian.

  1. Menentukan Media, Alat, Bahan, dan Sumber Belajar

Dalam menentukan sumber belajar harus disesuaikan dengan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, materi ajar, kegiatan pembelajarn, dan indikator pencapaian kompetensi.

  1. Merumuskan Kegiatan Pembelajaran

a. Pendahuluan

Pendahuluan adalah awal mulai kegiatan pada sebuah pertemuan pembelajaran dengan tujuan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian pada siswa supaya bisa berpartisipasi secara akti dalam proses pembelajaran.

b. Inti

Kegiatan inti adalah suatu proses pembelajaran yang dilakukan untuk mencapai Kompetensi Dasar (KD). Proses pembelajaran dilaksanakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memberikan motivasi pada siswa.

Saat melaksanakan kegiatan inti, siswa akan diajak untuk melakukan partisipasi secara aktif, memberi ruang yang cukup untuk kreativitas, kemandirian sesuai dengan bakat, minat, serta perkembangan fisik dan psikologisnya.

c. Penutup

Penutup adalah kegiatan yang dilakukan dengan untuk menghentikan atau mengakhiri kegiatan pembelajaran. Kegiatan ini bisa dilakukan dalam bentuk rangkuman atau simpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut.

Baca juga: Jurnal Kelas Harian Guru K13 SD, SMP, SMA

RPP Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018

Untuk melengkapi pembahasan kali ini,  kami disini juga akan share RPP Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Bapak dan Ibu guru bisa mengembangkan perangkat pembelajaran ini sendiri sesuai dengan kebutuhan.

Bapak dan Ibu guru disini dapat mengunduh semua file RPP Kelas 6 yang ada, mulai dari semester 1 sampai semester 2 tanpa adanya iklan dan tanpa harus dialihkan ke LINK yang lain. Dengan demikian Bapak dan Ibu guru nantinya bisa lebih cepat dan mudah untuk mendownloadnya. Bahkan kami juga sudah mengurutkannya sesuai dengan tema, dimana di dalamnya sudah kami cantumkan subtema dan pembelajaran.

Nah, bagi Bapak dan Ibu guru yang ingin memiliki RPP Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi mulai dari 1 sampai dengan tema 9 maka bisa langsung mendownloadnya dengan mudah melalui tautan yang sudah kami sediakan berikut ini. File RPP yang kami bagikan disini kebanyakan menggunakan format DOC sehingga jika kurang sesuai bisa Bapak/Ibu guru edit sendiri dengan mudah.

Download RPP Kelas 6 SD Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018:

Berikut ini adalah deretan RPP Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Revisi 2018 semester 1 mulai dari tema 1 sampai tema 5:

  • RPP Kurikulum 2013 Kelas 6 SD Revisi 2018 Tema 1 – Download
  • RPP Kurikulum 2013 Kelas 6 SD Revisi 2018 Tema 2 – Download
  • RPP Kurikulum 2013 Kelas 6 SD Revisi 2018 Tema 3 – Download
  • RPP Kurikulum 2013 Kelas 6 SD Revisi 2018 Tema 4 – Download
  • RPP Kurikulum 2013 Kelas 6 SD Revisi 2018 Tema 5 – Download

Sedangkan berikut adalah RPP Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Revisi 2018 semester 2 mulai dari tema 6 sampai tema 9:

  • RPP Kurikulum 2013 Kelas 6 SD Revisi 2018 Tema 6 – Download
  • RPP Kurikulum 2013 Kelas 6 SD Revisi 2018 Tema 7 – Download
  • RPP Kurikulum 2013 Kelas 6 SD Revisi 2018 Tema 8 – Download
  • RPP Kurikulum 2013 Kelas 6 SD Revisi 2018 Tema 9 – Download

Baca juga: Contoh Proposal PTK SD Kelas 1 Sampai Kelas 6

Demikian informasi mengenai RPP Kelas 6 SD Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 yang dapat kami sampaikan kali ini. Kami berharap dengan adanya RPP Kelas 6 SD yang kami bagikan ini bisa membantu meringankan beban administrasi Bapak/Ibu guru kelas 6 SD. Semoga bermanfaat!

Ayo Cilacap - - - -