RPP Kelas 6 Semester 1 Dan 2 Revisi 2018

Posted on

RPP Kelas 6 Semester 1 Dan Semester 2 – RPP Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 merupakan salah perangkat mengajar yang harus disiapkan oleh guru kelas 6 SD. RPP ini nantinya akan digunakan sebagai pedoman untuk guru kelas 6 SD untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran berdasarkan rambu-rambu yang telah ditetapkan.



Guru kelas 6 SD memang wajib memiliki perangkat pembelajaran yang cukup dengan tujuan supaya proses pembelajaran bisa berjalan dengan baik dan dapat mencapai tujuan pembelajaran sesuai harapan, diantaranya adalah RPP Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018.

Baca juga: RPP Matematika Kelas 6 SD Semester 1 Dan Semester 2

Pengertian RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)

RPP adalah rencana pembelajaran yang telah mengalami perkembangan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema yang tertentu berpedoman pada silabus dengan tujuan untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran siswa agar dapat mencapai KD (Kompetensi Dasar).

Seperti yang sudah kami bahas diatas bahwa setiap guru atau pendidik dalam satuan pendidikan memiliki kewajiban untuk membuat RPP secara lebih detail dan sistematis supaya kegiatan pembelajaran dapat berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memberi motivasi pada siswa untuk berpartisipasi secara aktif, memberi ruang yang cukup  bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian yang sesuai dengan bakat, minat, perkembangan fisik, dan psikologis siswa.

Untuk RPP Kelas 6 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018 ini terdiri dari 4 tema, yaitu:



  1. RPP Kelas 6 Edisi Revisi 2018 Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera
  2. RPP Kelas 6 Edisi Revisi 2018 Tema 7 Kepemimpinan
  3. RPP Kelas 6 Edisi Revisi 2018 Tema 8 Bumiku
  4. RPP Kelas 6 Edisi Revisi 2018 Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar

RPP Tematik Kelas 6 SD Tema 6 7 8 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 ini mencakup tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di dalam pembelajaran yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Disamping itu, RPP Kelas 6 SD Semester 2 K13 Revisi 2018 juga telah di integrasikan literasi; keterampilan abad 21 atau disebut dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative); dan HOTS (High Order Thingking Skill).

Baca juga: Soal UTS Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Komponen dan Identitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Pada umumnya dalam sebuah RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) terdiri dari beberapa komponen sebagai berikut:

  1. Identitas sekolah, yakni nama satuan pendidikan.
  2. Identitas mata pelajaran atau tema/sub tema.
  3. Kelas dan semester.
  4. Materi esensial atau pokok.
  5. Alokasi waktu.
  6. Tujuan pembelajaran.
  7. Kompetensi inti.
  8. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi.
  9. Materi pembelajaran.
  10. Metode pembelajaran.
  11. Media pembelajaran.
  12. Sumber belajar.
  13. Tahapan atau skenario dalam pembelajaran.
  14. Penilaian hasil belajar.

Sementara itu, berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 tahun 2014 mengenai Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah ditentukan oleh komponen dan sistematika RPP adalah sebagai berikut:

  1. Identitas, yang mencakup mata pelajaran, kelas atau semester, dan alokasi waktu yang telah ditetapkan.
  2. KI (Kompetensi Inti).
  3. KD (Kompetensi Dasar)
  4. Indikator Pencapaian Kompetensi.
  5. Materi Pembelajaran.
  6. Kegiatan Pembelajaran.
  7. Penilaian, Pembelajaran, dan Remidial.
  8. Media atau Alat termasuk Bahan dan Sumber Belajar.

Baca juga: Soal Tematik Kelas 6 Semester 1 & 2 Revisi 2018

Prinsip-Prinsip dalam Menyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)

Saat menyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), ada beberapa prinsip penting yang harus diperhatikan.  Adapun prinsip-prinsip yang kami maksud tersebut adalah sebagai berikut ini:

  1. Perbedaan individual siswa yang termasuk kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi dalam belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, latar belakang budaya, norma, nilai dan lingkungan siswa.
  2. Partisipasi aktif siswa.
  3. Fokus pada siswa untuk memberi semangat dalam belajar, motivasi, minat, kreativitas, inspirasi inovasi dan kemandirian.
  4. Mengembangkan budaya membaca dan menulis yang dirancang khusus untuk mengembangkan kegemaran dalam membaca, pemahaman mengenai beragam bacan, dan berekspresi dalam berbagai macam bentuk tulisan.
  5. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut, mencakup rancangan program dengan memberikan umpan balik yang positif, penguatan, pengayaan, dan remidi.
  6. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan diantara KD (Kompetensi Dasar), materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan juga sumber belajar.
  7. Mengakomodasi pembelajaran tematik secara terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan juga keanekaragaman budaya.
  8. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegritas, sistematis, dan efektif dengan menyesuaikan pada situasi dan kondisi.

Langkah-Langkah dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *