Hakikat dan Prinsip Pengembangan RPP Kurikulum 2013

Selamat datang di website kami. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai RPP Kurikulum 2013 secara rinci dan jelas. Tahukah anda apa yang di maksud dengan RPP Kurikulum 2013? Nah, untuk menemukan jawabannya mari simak ulasan di bawah ini.

RPP Kurikulum 2013 adalah kependekan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013. RPP Kurikulum 2013 merupakan sebuah rencana yang menggambarkan langkah-langkah yang dilakukan oleh seorang guru yang akan menjalankan pembelajaran yang berdasarkan ketentuan kurikulum 2013. Kesuksesan dalam implementasi Kurikulum 2013 ditentukan oleh strategi pembelajaran yang tepat dan menunjang terwujudnya kompetensi yang termuat dalam kurikulum 2013. Dalam kurikulum 2013 ini memuat apa yang semestinya diajarkan guru kepada para peserta didik. Sementara itu, pembelajaran adalah cara bagaimana apa yang telah diajarkan dapat dikuasai oleh para peserta didik.

RPP Kurikulum 2013 adalah sebuah jembatan sukses implementasi Pembelajaran Kurikulum 2013 yang menurut dokumen kurikum berpusat pada siswa. Maka dari itu, pelaksanaan pembelajaran  harus didahului dengan penyiapan rencana pelaksanaan pembelajaan (RPP Kurikulum 2013) yang dikembangkan oleh semua guru baik itu secara individual ataupun kelompok yang mengacu pada Silabus. Oleh sebab itulah sebelum akan mengajar setiap guru diharuskan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP Kurikulum 2013).

Hakikat RPP Kurikulum 2013

RPP Kurikulum 2013 pada hakikatnya merupakan rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari sebuah materi pokok atau tema tertantu yang mengacu pada silabus kurikulum 2013 (Permendikbud 81a, 2013). Dari definisi tersebut RPP Kurikulum 2013 seharusnya berisi rencana yang inci mengenai pembelajaran yang akan dilaksanakan berdasar kurikulum 2013. Seharusnya RPP Kurikulum 2013 ini berisi langkah-langkah yang lebih detail tentang pembelajaran yang mengatur beberapa aspek dalam pembelajaan kurikulum 213. Dalam pengertian tersebut (secara rinci dan detail) RPP Kurikulum 2013 akan menjadi sebanding dengan model RPP yang telah dikembangkan oleh guru-guru di negara tetangga yaitu Singapore. Model RPP Singapore mempunyai struktur yang sangat lengkap dan detail sehingga akan mempemudah pelaksanaan di dalam pembelajaran. Pengalaman ini bisa saya dapatkan setelah secara langsun ‘dipaksa’ untuk menyusun model RPP Singapore dalam program pelatihan MTPP Indonesia – Singapore.

RPP Kurikulum 2013 berdasar penjelasan yang tercantum di dalam Permendikbud 81a berisi beberapa elemen, diantaranya :

  1. Data sekolah, mata pelajaran, dan kelas/semester;
  2. materi pokok;
  3. alokasi waktu;
  4. tujuan pembelajaran, KD dan indikator pencapaian kompetensi;
  5. materi pembelajaran; metode pembelajaran;
  6. media, alat dan sumber belajar;
  7. langkah- langkah kegiatan pembelajaran; dan
  8. penilaian.

RPP Kurikulum 2013 apabila dibandingkan dengan model RPP Kurikulum 2006 atau KTSP maka elemen-elemen di atas hampir sama. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah bahwa pembelajaran kurikulum 2013 akan sangat berbeda dengan pembelajaran kurikulum pendahulunya. Sehingga RPP Kurikulum 2013 harus disusun berbeda yaitu secara Rinci dan lebih Detail.

Prinsip Pengembangan RPP Kurikulum 2013

RPP Kurikulum 2013, masih berdasar Permendikbud 81a tahun 2013 semestinya dikembangkan oleh semua guru baik itu secara individual ataupun berkelompok dengan mempertimbangkan asas atau dasar sebagai berikut :

  1. RPP Kurikulum 2013 dibuat oleh para guru sebagai terjemahan dari ide kurikulum dan berdasarkan silabus yang sudah dikembangkan di tingkat nasional ke dalam bentuk rancangan proses pembelajaran untuk diterapkan dalam pembelajaran.
  2. RPP Kurikulum 2013 dikembangkan oleh para guru dengan menyesuaikan apa yang telah dinyatakan dalam silabus dengan kondisi di satuan pendidikan baik itu kemampuan awal para siswa, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan siswa.
  3. RPP Kurikulum 2013 harus mendukung partisipasi aktif para peserta didik.
  4. RPP Kurikulum 213 harus sesuai dengan tujuan dari Kurikulum 2013 untuk bisa menghasilkan peserta didik sebagai sesorang yang mandiri dan rajin belajar proses pembelajaran dalam RPP Kurikulum 2013 dirancang dengan berpusat pada para peserta didik untuk dapat mengembangkan motivasi, minat, rasa ingin tahu, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, semangat belajar, keterampilan belajar dan kebiasaan belajar.
  5. RPP Kurikulum 2013 harus untuk mengembangkan budaya membaca dan menulis.
  6. RPP Kurikulum 2013 dirancang khusus untuk bisa mengembangkan kegemaran dalam membaca, pemahaman berbagai macam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
  7. RPP Kurikulum 2013 dapat memberikan umpan balik dan tidak lanjut.
  8. RPP Kurikulum 2013 memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan juga remedi. Pemberian pembelajaran remedi ini umumnya akan dilakukan guru setiap saat setelah suatu ulangan atau ujian selesai, hasilnya dianalisis, dan kelemahan setiap peserta didik bisa teridentifikasi. Pemberian pembelajaran ini diberikan sesuai dengan kelemahan para peserta didik.
  9. RPP Kurikulum 2013 dapat menjalin keterkaitan dan keterpaduan
  10. Perancangan RPP Kurikulum 2013 memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI dan KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. RPP dirancang dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran untuk sikap dan keterampilan, dan keragaman budaya.
  11. RPP Kurikulum 2013 menerapkan teknologi informasi dan komunikasi
  12. RPP Kurikulum 2013 disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

Komponen dan Sistematika RPP Kurikulum 2013

  • Sekolah                  :
  • Mata pelajaran      :
  • Kelas/Semester    :
  • Materi Pokok        :
  • Alokasi Waktu       :

A. Kompetensi Inti (KI)

B. Kompetensi Dasar dan Indikator

1. (KD pada KI-1)

2. (KD pada KI-2)

3. (KD pada KI-3)

Indikator          :

4. (KD pada KI-4)

Indikator          :


Catatan:

KD-1 dan KD-2 dari KI-1 dan KI-2 tidak harus dikembangkan dalam indikator karena keduanya dicapai melalui proses pembelajaran yang tidak langsung. Indikatordikembangkan hanya untuk KD-3 dan KD-4 yang dicapai melalui proses pembelajaran langsung


C.  Tujuan Pembelajaran

D.  Materi  Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)

E.  Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)

F.  Media, Alat dan Sumber Pembelajaran

1. Media

2. Alat/Bahan

3. Sumber Belajar

G.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Pertemuan Kesatu:

a.  Pendahuluan/Kegiatan Awal (…menit)

b.  Kegiatan Inti (…menit)

c.  Penutup (…menit)

2. Pertemuan Kedua:

a.  Pendahuluan/Kegiatan Awal (…menit)

b.  Kegiatan Inti (…menit)

c.  Penutup (…menit)

H.  Penilaian

  1. Jenis/teknik penilaian
  2. Bentuk instrumen dan instrumen
  3. Pedoman penskoran

Petunjuk Pembuatan RPP Kurikulum 2013

RPP Kurikulum 2013 ini wajib dibuat oleh setiap guru sebelum masuk ke dalam kelas untuk memberikan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013. Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa pembelajaran kurikulum 2013 adalah pembelajaran yang berpusat pada siswa. Maka dari itu, RPP kurikulum yang akan kita buat juga harus mengarahkan terwujudnya pembelajaran berpusat pada siswa tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang RPP Kurikulum 2013. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih atas perhatiannya.

Leave a Comment