RPP Matematika Kelas 5 Semester 1 K13 Revisi 2018

Download RPP Matematika Kelas 5 Semester 1 – RPP Matematika kelas 5 SD semester ganjil Kurikulum 2013 revisi terbaru tahun ini sudah kami perbaharui di blog gurupengajar.com. RPP ini kami bagikan dengan tujuan untuk membantu Bapak / Ibu guru dalam menyusun perangkat mengajar yang mengikuti perkembangan pembelajaran abad 21 berdasarkan revolusi 4.0.

RPP Matematika Kelas 5 Semester 1 K13 Revisi 2018

RPP matematika kelas 5 SD kurikulum 2013 revisi 2018 ini telah disesuaikan dengan Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016. Dengan demikian maka di dalam RPP  ini terdapat KI1, KI2, KI3, dan KI4, yang dimana memiliki tujuan untuk menciptakan sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik. Disamping itu, di dalam RPP K13 matematika kelas 5 SD ini juga mengandung PPK atau Pendidikan Penguatan Karakter, sehingga proses belajar mengajar akan menjadi semakin religius, gotong royong, dan nasionalis.

Sebelum berbagi contoh atau referensi RPP kelas 2 semester ganjil kurikulum 2013, kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai RPP. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak ulasan mengenai RPP matematika kelas 5 K13 berikut ini.

Baca juga: Download Soal PAS Kelas 5 Kurikulum 2013

Riview RPP Matematika Kelas 5 Semester Ganjil Kurikulum 2013

Riview RPP Matematika Kelas 5

RPP Matematika kelas 5 K13 ini merupakan rencana kegiatan pembelajaran semester 1 yang dirancang secara khusus oleh seorang guru sebelum melaksanakan proses pembelajaran siswa-siswa dasar kelas 5. Adapun contoh RPP kelas 5 kurikulum 2013 berisi tentang data sekolah, materi pelajaran, kelas atau semester, alokasi waktu, materi pokok, tujuan pembelajaran, KD, dan juga indikator pencapaian kompetensi. Bahkan juga meliputi metode pembelajaran, alat, media, sumber belajar, tahapan kegiatan pembelajaran dan juga penilaian.

Pembelajaran dalam RPP ini mencakup kegiatan literasi, PPK (Penguatan Pendidikan Karakter), 4C (Critical Thingking, Communicative, Collaborative, dan Creative) dan HOTS (Higher Order Thinking Skill) yang dimana digunakan untuk tahun pelajaran 2018/2019 semester ganjil. Sedangkan untuk buku yang digunakan pastinya masih revisi 2017 terkecuali untuk kelas 6 yang sudah menggunakan buku tematik terpadu edisi revisi 2018 Kemdikbud.

Riview RPP Matematika Kelas 5

Sementara itu, untuk materi pokok RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) K13 SD mata pelajaran matematika kelas 5 ini memiliki 6 Bab yang terdiri dari:

  1. Penjumlahan pecahan penyebut Beda
  2. Pengurangan Penyebut beda
  3. Penjumlahan dan pengurangan Pecahan campuran
  4. Penjumlahan dan pengurangan Pecahan desimal
  5. Penjumlahan dan pengurangan Pecahan persen
  6. Pemecahan masalah

Perlu diketahui bahwa tugas dan tanggung jawab yang dimiliki oleh seorang pendidik atau guru sebenarnya bukan hanya mendidik siswa-siswinya saja. Namun juga memiliki kewajiban sebagai sosok perencana terutama untuk menyusun perangkat pembelajaran. Nah, RPP matematika yang akan kami bagikan ini sudah dirancang secara tepat. Ini karena memang berpacu pada kurikulum 2013 dan sudah sesuai dengan Permendikbud No 24 tahun 2016 mengenai kompetensi inti dan kompetensi dasar.

Sementara itu, untuk memudahkan dalam menyusun RPP matematika K13 kelas 5 SD ini, Bapak / Ibu guru diwajibkan untuk membuat silabus terlebih dahulu. Silabus yang digunakan sudah pasti harus update atau terbaru yang dimana  memuat 8 hingga 9 komponen. Komponen-komponen yang ada dalam silabus K13 terbaru adalah mata pelajaran, kompetensi dasar, indikator, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, alokasi waktu, sumber belajar, dan juga PPK (Penguatan Pendidikan Karakter).

Baca juga: Download RPP Kelas 5 SD Revisi 2017

Contoh RPP Matematika K13 Kelas 5 SD

RPP Matematika Kelas 5 Semester 1 K13 Revisi 2018

Tidak hanya RPP K13 matematika kelas 5 SD saja, kami juga akan memberikan perangkat pembelajaran untuk mata pelajaran matematika secara lengkap yang dimana dokumennya terdiri dari cover, KI, KD, analisis keterkaitan, pemetaan, analisis KD, pentepan IPK, silabus, kalender pendidikan, jadwal pelajaran, promes, prota, dan format penilaian.

Supaya lebih jelas, berikut ini kami akan bagikan sebuah contoh RPP matematika kelas 5 SD kurikulum 2013 yang pastinya telah kami revisi tahun ini. Dengan adanya contoh ini diharapkan bisa dijadikan sebagai referensi yang bermanfaat.

Riview RPP Matematika Kelas 5

Untuk mendapatkan format secara lengkap dengan perangkat pembelajaran matematika lainnya maka Bapak / Ibu guru bisa langsung menghubungi kami. Atau bisa juga download contoh lengkapnya melalui link berikut ini:

  • RPP Matematika Semester 1 Akar Pangkat Dua.doc – Download
  • RPP Matematika Semester 1 Akar Pangkat Tiga.doc – Download
  • RPP Matematika Semester 1 Bilangan Berpangkat dan Berakar.docx – Download
  • RPP Matematika Semester 1 Bilangan Berpangkat.doc – Download
  • RPP Matematika Semester 1 Jarak, Waktu dan Kecepatan.docx – Download
  • RPP Matematika Semester 1 Operasi Bil Pangkat dan Akar.doc – Download
  • RPP Matematika Semester 1 Pemecahan Masalah.doc – Download
  • RPP Matematika Semester 1 Penjumlahan Pengurangan Pecahan.docx – Download
  • RPP Matematika Semester 1 Perkalian dan Pembagian Pada Pecahan.docx – Download
  • RPP Matematika Semester 1 Posisi Benda Terhadap Mata Angin.docx – Download
  • RPP Matematika Semester 1 Ujian.doc – Download

Baca juga: Download RPP Kelas 5 SD Revisi 2020

Sekian dulu pembahasan yang dapat kami sampaikan tentang RPP matematika kelas 5 SD Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018. Semoga dengan adanya contoh Rencana Perangkat Pembelajaran (RPP) khusus untuk mata pelajaran matematika di kelas 5 SD ini, Bapak/Ibu guru bisa semakin mudah untuk membuatnya. Semoga bermanfaat, terima kasih sudah mengunjungi website kami.

Ayo Cilacap - - - -