RPP Matematika Kelas 6 K13 Revisi 2018

Posted on

RPP Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013 –  Pada jenjang pendidikan sekolah dasar yang menggunakan kurikulum 2013, telah mengalami revisi pada materi pembelajarannya. Pada revisi yang sebelumnya mata pelajaran matematika di kolaborasikan secara langsung di dalam tema. Sehingga pemahaman mengenai materi matematika menjadi sangat kurang.



Sedangkan untuk revisi yang terbaru ini, mata pelajaran matematika kini sudah bisa berdiri sendiri. Tujuannya adalah untuk memberikan porsi yang lebih terhadap pemahaman konsep matematika. Sehingga pelajaran matematika yang terbilang sangat penting ini tidak akan lagi dipelajari dengan setengah-setengah.

Dari penjelasan diatas maka sudah bisa diambil kesimpulan bahwa setiap guru kelas diharuskan untuk memiliki RPP matematika SD semester 1 dan semester 2.  Maka dari itulah, pada kesempatan kali ini kami akan bagikan contoh RPP matematika kelas 6 sekolah dasar kurikulum 2013 revisi 2018 kepada bapak / ibu guru semua. Contoh RPP yang kami bagikan nantinya bisa dijadikan sebagai referensi dalam menyusun perangkat pembelajaran matematika.

Baca juga: Soal UTS Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Review RPP Matematika Kelas 6 SD Revisi 2018

 

RPP matematika kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 adalah RPP K13 kelas 6 SD mata pelajaran matematika yang baru diaplikasikan pada tahun ajaran 2020/2021 ini, yang dibuat berdasarkan buku guru 2018. Dalam penyusunan RPP ini sudah pasti membutuhkan kreativitas guru yang dikembangkan sesuai dengan silabus, keterkaitan antara KD (Kompetensi Dasar), KI (Kompetensi Inti) dan juga bahan ajar yakni buku guru matematika kelas 6 revisi terbaru supaya bisa terintegrasi dengan literasi, ppk, hots, dan 4c.



Komponen yang wajib ada dalam RPP K13 matematika kelas 6 revisi 2018 sesuai dengan format yang telah ditentukan oleh Permendikbud yaitu KI, KD, indikator, tujuan pembelajaran, metode, materi pembelajaran, sumber belajar, media, tahapan dalam pembelajaran, dan juga penilaian hasil pembelajaran.

Dalam RPP K13 Matematika kelas 6 ini ada lima 5 bab yang akan dibahas, yaitu operasi hitung campuran, operasi hitung pecahan, lingkaran, bangun ruang, dan gabungan bangun ruang. Masing-masing bab tersebut sudah memuat materi pembelajaran, metode pembelajaran, penilaian pengayaan dan remidial, catatan anekdot untuk mencatat sikap peduli dan rasa tanggung jawab, dan melakukan kerja sama dengan orang tua.

Baca juga: RPP Kelas 6 Semester 1 Dan 2 Revisi 2018

Kompetensi Inti (KI)

Berikut ini adalah kompetensi inti pelajaran matematika kurikulum 2013 kelas 6 SD:

  • KI 1: Menerima, melaksanakan dan menghargai ajaran agama yang sedang dianutnya.
  • KI 2: Berperilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam melakukan interaksi dengan teman, keluarga, tetangga, dan gurunya.
  • KI 3: Memahami pengetahuan faktual dengan cara melakukan pengamatan (melihat, mendengar, membaca, dan menanya) dan menanya karena adanya rasa ingin tahu terhadap dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan berbagai benda yang ingin dijumpainya di sekolah, rumah, dan tempat bermain.
  • KI 4: Menyajikan pengetahuan faktual dengan menggunakan bahasa yang jelas, sistematis, dan lgis, dalam sebuah karya yang estetis, dalam gerakan yang menunjukkan anak sehat, dan dalam perilaku dan menunjukkan anak beriman dan memiliki akhlak mulia.

Kompetensi Dasar (KI)

Sedangkan kompetensi dasar (KI) matematika kurikulum 2013 kelas 6 sd adalah sebagai berikut ini:

  • Menjelaskan tentang bilangan bulat negatif (salah satunya yang menggunakan garis bilangan).
  • Menjelaskan dan mengoperasikan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang berkaitan dengan bilangan bulat negatif.
  • Menjelaskan dan mengoperasikan hitung campuran yang berkaitan dengan bilangan cacah dan bilangan pecahan dalam berbagai macam bentuk.
  • Menjelaskan tentang titik pusat, jari-jari, busur, diameter, tali busur, tembereng, dan juring.
  • Menjelaskan tentang taksiran keliling dan luas lingkaran.
  • Menjelaskan tentang diagonal bidang dan diagonal ruang sebuah bangun ruang.
  • Menganalisis bangun prisma, tabung, limas, kerucut dan bola.
  • Menjelaskan tentang bangun ruang yang merupakan gabungan dari banyak bangun ruang, serta luas permukaan dan juga volumenya.
  • Menjelaskan serta menentukan modus, median, dan mean dari data tunggal.

Baca juga: Soal Tematik Kelas 6 Semester 1 & 2 Revisi 2018

Petunjuk Download



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *