RPP Matematika SMA K13 Revisi 2017


RPP Matematika SMA Kurikulum 2013 – Pada kesempatan kali ini kami akan bagikan salah satu perangkat pembelajaran, yakni RPP mata pelajaran Matematika yang digunakan untuk SMA/MA/SMK. Jika membahas tentang RPP pastinya bukan merupakan hal asing lagi bagi Anda, apalagi jika Anda bekerja dalam bidang pendidikan seperti seorang pendidik.

RPP  adalah perangkat rencana pelaksana pembelajaran yang wajib disiapkan oleh seorang guru sebelum melaksanakan proses belajar mengajar atau PBM. Pada kurikulum 2013 edisi 2017, RPP harus mencakup PPK (Penguatan Pendidikan Karakter), literasi, 4 C dan juga HOTS. Semuanya telah teringrasi dalam RPP pada komponen berbagai langkah pembelajaran.

Seberapa Pentingkah Matematika?

Seberapa Pentingkah Matematika?

Seperti yang kita ketahui bahwa matematika merupakan salah satu ilmu yang memiliki peran penting dalam mendukung kemajuan peradaban manusia. Ilmu matematika sudah dikembangkan sejak lama lebih tepatnya pada zaman Babylonia, Mesir Kuno, Yunani Kuno dan pastinya pada masa peradaban islam.

Ada banyak sekali ilmuwan yang ahli matematika terlahir dalam islam, salah satunya adalah Al Khawarizmi (780-810 M) yang berhasil menemukan sistem penomoran mulai dari 1 sampai dengan 10, konsep Al Jabbar dan Algoritma.

Akan tetapi, kenyataannya masih banyak siswa di sekolah yang tidak menyukai ilmu pasti ini. Hal ini bisa jadi dikarenakan potensi dan kemampuan yang dimiliki oleh para siswa kurang digali oleh pendidik. Dengan adanya konsep pembelajaran PPK, Literasi, 4C dan HOTS yang termuat dalam RPP matematika diharapkan bisa menjadi solusi terbaik bagi para siswa dengan tujuan supaya lebih mencintai mata pelajaran matematika.

Keberadaan model matematika PPK, Literasi, 4C dan HOTS yang siswa pada awalnya memiliki respon kurang terhadap matematika maka nantinya akan lebih merespon, menyenangkan, siswa merasa lebih nyaman, tidak takut, tidak tertekan, mandiri, semakin kreatif, inovatif, komunikatif, dan pastinya dapat menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh RPP Matematika SMA Kurikulum 2013 Revisi

Contoh RPP Matematika SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017

Pada RPP Matematika SMA K13 semester 1 ini diharapkan indikator pencapaian kompetensi sebagai berikut ini:

  1. Selalu aktif dalam pembelajaran pangkat bulat dan pangkat pecahan.
  2. Melakukan kerja sama yang baik dalam kegiatan kelompok.
  3. Toleran terhadap proses pemecahan berbagai masalah dan kreatif.
  4. Menjelaskan mengenai pengertian pangkat bulat positif, pangkat nol, dan pangkat pecahan.
  5. Membahas mengenai berbagai sifat pangkat bulat dan pangkat pecahan.
  6. Terampil dalam menerapkan konsep atau prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berhubungan dengan pangkat bulat dan juga pangkat pecahan.

RPP Matematika SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017

Dengan melakukan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok saat proses pembelajaran pangkat bulat dan pangkat pecahan ini maka para siswa diharapkan untuk selalu aktif dalam kegiatan pembelajaran, dapat bekerja sama dengan baik, bertanggung jawab saat menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberikan saran, kritik, dan bisa

  • Memberikan penjelasan mengenai pangkat bulat positif, pangkat nol dan pangkat pecahan secara tepat, sistematis, dengan menggunakan simbol yang benar.
  • Memberikan penjelasan mengenai sifat-sifat pangkat bulat positif dan pangkat pecahan secara tepat, sistematis, dengan menggunakan simbol yang benar.
  • Terampil saat menerapkan konsep atau prinsip dan strageti dalam memecahkan masalah yang relevan yang berhubungan dengan pangkat bulat positif dan pangkat pecahan.

Untuk mendapatkan materi pelajaran, media pembelajaran, metode pembelajaran, sumber belajar, dan kegiatan pembelajaran secara lengkap maka dapat diunduh dengan mudah melalui tautan yang akan kami bagikan berikut ini.

Downlod RPP Matematika Terintegrasi PPK, Literasi, 4C dan HOT

Sebelum memulai proses pembelajaran, RPP memang harus disiapkan terlebih dahulu. Dalam hal ini juga bisa dibuat sendiri yang kemudian dikembangkan dan mengacu pada SKL, KI, KD, Matematika dan silabus untuk mengevaluasi. Beberapa langkah ini merupakan cara yang paling tepat jika seorang guru memang benar-benar mampu dan menguasai dalam membuat RPP (Rencana Perangkat Pembelajaran).

Namun, jika RPP disusun sendiri sudah pasti akan memakan banyak waktu dan kesempatan serta keahlian yang menguras tenaga dan juga pikiran sehingga kurang efisien. Maka dari itu, kami disini akan bagikan RPP matematika yang bisa membantu Bapak / Ibu guru yang sekarang ini masih bingung untuk mempersiapkannya.

Berikut ini adalah kumpulan RPP Matemtika kurikulum 2013 Revisi 2017 yang sudah terintegrasi PPK, Literasi, HOTS, dan 4C untuk SMA kelas X, XI, X11 yang bisa Anda dapatkan secara gratis atau free.

RPP Matematika SMA / MAN Lengkap : Download

Kelas X

Semester 1 Peminatan (Eksponen dan Logaritma) – Download
Semester 1 Wajib KD 3.1 – Download
Semester 1 Wajib KD 3.2 – Download
Semester 1 Wajib KD 3.4 – Download

Semester 2 Peminatan (Vektor) – Download
Semester 2 Wajib KD 3.6 – Download
Semester 2 Wajib KD 3.7 – Download

Kelas XI

Semester 1 (Matematika Wajib) – Download

Kelas XII

Semester 1 Minat (Limit Fungsi) – Download
Semester 1 Minat (Ketidakhinggaan Fungsi) – Download
Semester 1 Minat (Turun Pertama Fungsi) – Download

Semester 2 Minat (Distribusi Normal) – Download
Semester 2 Minat (Sempel dan Fungsi Binominal) – Download
Semester 2 Minat (Turunan Trigonometri) – Download
Semester 2 Wajib (Geometri Ruang) – Download

RPP Matematika Peminatan SMA Kelas X

Revisi 2019 Semester Ganjil | Revisi 2019 Semester Genap | Revisi 2020 Semester Genap

RPP Matematika Peminatan SMA Kelas XI

RPP Matematika Peminatan SMA Kelas XII

Demikian yang dapat kami share terkait contoh RPP SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang telah terintegrasi dengan PPK, Literasi, 4C dan HOTS. Mohon maaf jika ada link yang masih belum aktif dan dalam penyajian artikel yang kami bagikan kali ini masih banyak kekurangnnya.

RPP Matematika ini tentu dapat Anda kembangkan sendiri khususnya dalam strategi penyajian untuk peserta didik sehingga caranya akan lebih menarik dan menyenangkan. Dengan menggunakan metode dan media yang relevan sudah pasti bisa dicerna dengan mudah oleh siswa. Maka jangan lupa untuk siapkan media pembelajaran yang menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *