RPP Seni Budaya SMA/SMK Kurikulum 2013


RPP Seni Budaya SMA/SMK  – Penyusunan RPP Kurikulum 2013 bertujuan sebagai penunjang bagi para guru supaya proses belajar mengajar bisa berjalan dengan baik dan bisa sesuai dengan materi kompetensi dasar.

Pada umumnya, penyusunan RPP akan dilakukan ketika memasuki tahun ajaran baru. Nah, berbicara tentang RPP yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah RPP Seni Budaya SMA/SMK Kurikulum 2013.

Perencanan pembelajaran di rancang karena memiliki fungsi untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran siswa dalam upaya mendorong untuk bisa mencapai kriteria ketuntasan yang sudah ditetapkan. Selain itu juga memiliki tujuan agar proses pembelajaran dalam kelas bisa berlangsung secara interaktif, menyenangkan, menantang, dan juga efisien.

Sementara untuk pengembangan RPP Kurikulum 2013 SMA/SMK bisa dilakukan secara sendiri atau bisa juga dengan melakukan musyarawarah bersama kelompok kerja guru mata pelajaran, namun harus menyesuaikan tuntutan K13 dan kemampuan awal siswa, serta gaya belajar dan juga kondisi lingkungan dalam satuan pendidikan.

Baca juga: RPP Prakarya Dan Kewirausahaan SMK / SMA

RPP Seni Budaya SMA Kurikulum 2013 Kelas X, XI, XII

Keberhasilan siswa untuk bisa mencapai ketuntas belajar tentunya di dasari dengan banyak faktor. Namun faktor yang paling utama adalah pengelolaan perencanaan pembelajaran yang baik. Sehingga dalam hal ini guru diharuskan untuk mampu menyusun rancangan konsep bahan ajar.

RPP Kurikulum 2013 pada umumnya merupakan pedoman bagi seorang guru setelah buku teks pelajaran. Dalam menyusun konsep materi guru bisa mengambil materi dari berbagai sumber media yang relevan dengan materi KD.

Pada RPP yang akan kami bagikan untuk mata pelajaran Seni Budaya ini telah disusun sesuai dengan arahan permendikbud, yaitu yang memuat beberapa komponen seperti tujuan pembelajaran materi, metode, sumber belajar, alat atau bahan penilaian, sehingga nantinya dapat Anda gunakan sebagai rujukan maupun perbandingan.

RPP SMA Kurikulum 2013 ini memuat materi pokok tentang seni rupa dua dimensi dan indikator yang wajib dicapai, yaitu melakukan analisis pada perbedaan bahan, media, dan teknik dalam berproses berkarya seni rupa dua diemensi, serta menciptakan karya seni rupa dua dimensi yang merupakan hasil modifikasi.

Metode pembelajaran dengan melalui pendekatan saintifik dan komunikatif, dilakukan dengan menyiapkan alat sebagai sumber pembelajaran seperti misalnya media cetak, alat atau bahan, laptop, infocus, screen, speaker aktif atau kertas, dan MMT.

Sebelumnya penting untuk diketahui bahwa pedoman atau acuan yang digunakan dalam penyusunan RPP terbaru Kurikulum 2013 adalah hasil sosialisasi dengan perubahan terbaru K13 tahun 2017.

Disamping itu, RPP Seni Budaya K13 Revisi 2017 untuk semester 1 dan 2 sekarang ini sudah terintegrasi dengan 4 poin penting yang wajib ada di dalamnya, yaitu Literasi, HOTS, PPK dan 4C. Kami nantinya akan bagikan RPP tersebut secara lengkap dan  bisa Anda download dengan mudah. RPP yang akan kami berikan berupa dokumen word yang siap edit. Selain RPP, kami juga akan share Silabus SMA revisi terbaru secara lengkap untuk semua kelas.

RPP ini memang harus segera disiapkan mulai dari sekarang, hal ini karena tahun ajaran baru sudah didepan mata. Nah, dalam penyusunan RPP pastinya harus memperhatikan pedoman yang benar sesuai dengan petunjuk terbaru mengenai langkah-langkah pembuatan RPP Kurikulum 2013 yang benar dan kreatif.

Mengapa? Karena nasib siswa yang merupakan calon generasi penerus bangsa kini ada di tangan Anda. Jika Bapak/Ibu guru menyusun RPP dengan baik, benar dan kreatif pastinya juga akan memberikan pengaruh yang baik dalam proses pembelajaran.

Pada komponen RPP sendiri akan dibahas secara lengkap dan jelas mengenai kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, sehingga nantinya bisa tercapai tujuan pembelajaran. Hal ini sangat ditentukan oleh materi ajar serta teknis cara penyampaian yang disampaikan guru kepada siswanya.

Untuk RPP dan Silabus Kurikulum 2013 yang akan kami bagikan pada postingan kali ini sayangnya hanya khusus untuk mata pelajaran Seni Budaya saja. Sementara untuk mata pelajaran yang lainnya akan kami bagikan pada artikel selanjutnya. Baiklah untuk lebih jelasnya Anda bisa langsung download RPP nya di bawah ini.

Download RPP Seni Budaya SMA Kurikulum 2013

Bagi Bapak/Ibu yang bertugas untuk mengajar di jenjang SMA/SMK pelaksana Kurikulum 2013,  Anda bisa menyimpan file silabus dan juga rpp seni budaya untuk kelas 10, 11 dan 12 yang bisa dijadikan sebagai referensi. Silahkan Anda simpan dengan melalui tautan yang telah kami sematkan berikut ini.

RPP Seni Budaya SMA/SMK Kurikulum 2013

Baca juga: RPP PAI SMK Dan SMA Kurikulum 2013

Demikian pembahasan kali ini mengenai RPP Seni Budaya SMA/SMK K13 untuk Kelas X, XI, XII Revisi Terbaru Semester 1 dan 2. Semoga apa yang telah kami bagikan kali ini bisa bermanfaat, jika ada kekurangan maka Anda bisa langsung melakukan revisi. Sekian, terima kasih atas perhatiannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *