RPPM BDR PAUD Semester 2 Terbaru 2022

Posted on

RPPM BDR PAUD Semester 2 Terbaru 2022 – Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang RPPM daring atau belajar dari rumah pada PAUD TK A dan TK B semester 2.



Dalam melaksanakan proses belajar mengajar, seorang guru harus memiliki perangkat mengajar terlebih ahulu. Perangkat mengajar ini disebut dengan RPP.

Baca juga: Contoh RPPH PAUD Berbagai Tema Kurikulum 2013

Apa itu RPP?

RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan sebuah komponen administrasi pembelajaran yang wajib dimiliki oleh seorang guru atau pendidik yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus.

Pada masa pandemi seperti saat ini, guru cukup menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan (RPPM) anak usia dini yang dibuat berdasarkan pada tujuan pembelajaran serta disesuaikan dengan karakteristik dari keluarga anak didik.



Baca juga: RPPM BDR PAUD Semester 1 Terbaru 2022

Pengertian RPPM

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan yang disingkat dengan RPPM ini adalah perangkat pembelajaran atau rencana pembelajaran yang sudah disiapkan atau dibuat sebelumnya oleh guru yang mencakup kegiatan pembelajaran selama satu minggu.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwasanya pendidik atau guru hanya perlu menyusun RPPM saja yang disesuaikan dengan kondisi dari keluarga anak didik. Hal ini dikarenakan proses bermain atau kegiatan pembelajaran di lakukan dari rumah atau daring.

Sehingga RPPM yang disiapkan pun harus diselaraskan dengan kondisi sosial budaya anak didik di rumah dan dengan alat dan bahan kiranya ada atau dapat disiapkan orang tua anak didik di rumah.

Agar orang tua tidak mengalami kebingungan maka sangat perlu dibuat RPPM agar dalam melaksanakan proses pembelajaran dari rumah orang tua dapat mendampingi kegiatan bermain dan belajar anak dengan baik.

Baca juga: Kode Registrasi Dapodik Paud, SD Dan SMP

Manfaat Dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan

Dalam pembuatannya, rencana pelaksanaan pembelajaran selama satu minggu (RPPM) pasti memiliki manfaat yang tertentu. Berikut kami informasikan manfaat dari pembuatan RPPM antara lain:



  1. Mendukung pencapaian pengetahuan, keterampilan, serta sikap yang perlu ditanamkan di dalam diri anak usia dini
  2. Untuk mengembangkan aspek perkembangan anak yang memuat nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, sosial emosional, bahasa dan juga seni
  3. Untuk mendukung tercapainya kompetensi inti dan kompetensi dasar
  4. Untuk lebih mendukung proses pembelajaran yang lebih bermakna, menyenangkan, dan memorable sehingga mengoptimalkan tumbuh kembang anak
  5. Untuk mengarahkan orang tua dalam menyiapkan alat dan bahan sesuai dengan tema pembelajaran yang digunakan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dari rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.