×

Pembahasan Tentang Proximity Sensor

Posted on

Sensor jarak kapasitif bisa digerakkan oleh bahan konduktif dan bahan non konduktif. Elemen aktif sensor jarak kapasitif dibentuk dua elektroda logam yang diposisikan untuk membentuk ekuivalen (sama dengan) dengan kapasitor terbuka.

Elektroda ini ditempatkan pada rangkaian osilasi yang berfrekuensi tinggi. Saat objek mendekati permukaan sensor jarak kapasitif, medan elektrostatik pelat logam akan terinterupsi sehingga mengubah kapasitansi sensor jarak. Perubahan tersebut akan mengubah kondisi dalam pengoperasian sensor jarak, sehingga bisa mendeteksi keberadaan objek tersebut.



Ultrasonic Proximity Sensor (Sensor Jarak Ultrasonik)

Ultrasonic Proximity Sensor adalah sensor jarak yang memakai prinsip operasi mirip dengan radar atau sonar. Yakni menghasilkan gelombang frekuensi tinggi untuk menganalisis gema yang diterima setelah terpantul dari objek yang mendekatinya.

Sensor ini akan menghitung waktu antara pengiriman sinyal dengan penerimaan sinyal. Tujuannya untuk menentukan jarak objek yang bersangkutan. Sensor jarak ultrasonik sering dipakai untuk mendeteksi keberadaan objek dan mengukur jarak objek pada proses otomasi pabrik.

Photoelectric Proximity Sensor (Sensor Jarak Fotolistrik)

Photoelectric Proximity Sensor adalah sensor jarak yang memakai elemen peka cahaya untuk mendeteksi objek. Sensor ini terdiri dari sumber cahaya atau disebut dengan istilah emitor dan penerima atau receiver.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *