×

Pembahasan Tentang Proximity Sensor

Posted on

Ada 3 jenis sensor jarak fotolistrik, antara lain:

  • Direct Reflection: emitor dan receiver yang ditempatkan bersama, memakai cahaya yang dipantulkan langsung dari objek untuk dideteksi.
  • Refleksi dengan Reflektor: emitor dan receiver yang disimpan bersama dan memerlukan reflektor. Suatu objek dideteksi saat objek tersebut mengganggu berkas cahaya antara sensor dan reflektor.
  • Thru Beam: emitor dan receiver ditempatkan secara terpisah dan mendeteksi suatu objek saat objek itu mengganggu berkas cahaya antara pemancar dan penerima.

Baca juga : Pembelajaran Problem Based Learning

Proximity Sensor pada Smartphone

Seperti yang sudah disinggung di atas, proximity sensor juga bisa ditemui pada smartphone. Proximity Sensor atau P-Sensor merupakan sensor wajib yang banyak diaplikasikan pada ponsel pintar. Apa fungsi sensor proximity sensor pada smartphone?



Saat pengguna melakukan panggilan atau menerima telepon, smartphone akan didekatkan ke telinga. Sensor ini akan mendeteksi adanya objek yang mendekatinya dan memberikan sinyal untuk mematikan layar sentuh sehingga terhindar dari masalah layar tersentuh secara tidak sengaja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *