Silabus Kurikulum 2013 SD Dan MI

Posted on

Silabus Kurikulum 2013 SD Dan MI – Selamat datang kembali di website gurupengajar.com. Pada kesempatan kali ini admin akan share silabus Kurikulum 2013 SD atau MI untuk semua mata pelajaran yang ada di kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 Semester Ganjil dan Semester Genap.



Melalui halaman ini Bapak dan Ibu guru bisa mendownload semua silabus yang akan kami bagikan tersebut secara gratis, kami juga sudah menyusunnya secara khusus hingga bisa di download dengan mudah.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa silabus merupakan salah satu dokumen penting yang harus dimiliki oleh setiap guru atau pendidik. Silabus merupakan rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran tertentu yang meliputi beberapa bagian penting, yaitu KD (kompetensi dasar), KI (kompetensi inti), standar kompetensi, indikator, penilaian, alokasi waktu, materi pembelajaran, dan lain sebagainya.

Dengan adanya silabus untuk Kurikulum 2013 Kelas 1 sampai 6 SD/Mi ini, Bapak dan Ibu guru nantinya diharapkan bisa lebih mudah untuk menyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Silabus kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 SD/MI K13 ini telah dintegrasikan dengan HOTS, literasi, PPK, dan 4C.

Disamping itu, pada setiap silabus juga sudah kami tambahkan KI 1 hingga KI 4. Dengan adanya silabus ini, siswa siswi juga diharapkan mampu menumbuhkan sikap sosial, pengetahuan, spiritual, dan juga keterampilan dengan baik.

Baca juga: Download RPP Adiwiyata SD, SMP, SMA

Prinsip Pengembangan Silabus



Silabus yang telah dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan harus selalu berada dalam bingkai pengembangan kurikulum nasional, sehingga penting sekali untuk memperhatikan beberapa prinsip pengembangan silabus.

Adapun prinsip-prinsip yang penting untuk diikuti dalam pengembangan silabus adalah sebagai berikut:

  1. Ilmiah

Silabus harus dikembangkan dengan menggunakan prinsip ilmiah, yang dimana hal ini berarti materi dan kegiatan secara keseluruhan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar, logis, dan bisa dipertanggungjawabkan secara keilmuwan.

  1. Relevan

Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian pada sebuah silabus harus sesuai dan berkaitan dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional dan spiritual siswa.

  1. Sistematis

Semua komponen pada silabus akan saling berhubungan secara fungsional untuk mencapai kompetensi.

  1. Konsisten

Hubungan secara konsisten antara KD (kompetensi dasar), indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan juga sistem penilaian.



  1. Memadai

Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian sudah cukup untuk digunakan sebagai penunjang dalam mencapai KD (kompetensi dasar).

  1. Aktual dan Kontekstual

Silabus yang mencakup indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi dan seni mutahir pada kehidupan nyata, dan juga peristiwa yang sedang terjadi.

  1. Fleksibel

Komponen silabus secara menyeluruh bisa mengakomodasi keragaman siswa, guru, dan juga dinamika perubahan yang sedang terjadi di lingkungan sekolah dan tuntutan masyarakat.

  1. Menyeluruh

Silabus memiliki beberapa komponen penting yang secara keseluruhan meliputi ranah kompetensi seperti kognitif, efektif, dan psikomotor.

Baca juga: Perangkat Pembelajaran KTSP SD

Komponen-Komponen Silabus

Komponen-komponen penting yang harus ada dalam pengembangan silabus adalah sebagai berikut:

  1. KI (Kompetensi Inti)

Kompetensi inti atau KI adalah gambaran tentang kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan,  dan keterampilan yang wajib dipelajari oleh siswa untuk jenjang sekolah, kelas, dan mata pelajaran.

Kompetensi inti adalah terjemahan atau operasionalisasi dari SKL (Standar Kompetensi Lulusan) berupa kualitas. Tujuan pembentukan kompetensi inti ini sebenarnya bukan untuk diajarkan, namun dibentuk dengan melalui pembelajaran mata pelajaran yang relevan.

Masing-masing mata pelajaran diharuskan relevan dengan kompetensi inti yang sudah dirumuskan  atau memberikan kontribusi pada pembentukan kompetensi inti.

  1. KD (Kompetensi Dasar)

Kompetensi dasar atau KD merupakan kemampuan spesifik yang meliputi sikap pengetahuan, dan keterampilan yang berhubungan dengan mata pelajaran.

Dalam mengkaji kompetensi dasar mata pelajaran maka penting sekali untuk memperhatikan urutan yang sesuai dengan hierarki konsep disiplin ilmu atau tingkat kesulitan materi, hubungan antara kompetensi inti dengan kompetensi dasar pada setiap mata pelajaran, dan hubungan antara standar kompetensi dan kompentensi dasar antara masing-masing pelajaran.

  1. Indikator Pencapaian Kompetensi

Indikator pencapaian kompetensi adalah perilaku yang bisa diukur dan diamati untuk dapat menunjukkan pencapaian kompetensi dasar tertentu yang dijadikan sebagai acuan dalam penilaian mata pelajaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *