Silabus Kurikulum 2013 SD Dan MI

Posted on

Indikator ini memiliki kegunaan sebagai penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai dengan perubahan perilaku yang bisa diukur yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.



Pengembangan indikator telah disesuaikan berdasarkan karakteristik siswa, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah serta dirumuskan dalam kata kerja operasional secara terukur dan bisa diobservasi. Selain itu, indikator juga bisa digunakan sebagai acuan dalam menyusun alat penilaian.

  1. Materi Pokok

Materi pokok merupakan pokok-pokok materi yang wajib dipelajari oleh siswa sebagai sarana untuk mencapai KD (kompetensi dasar) dan akan dilakukan penilaian dengan menggunakan instrumen penilaian yang dibuat sesuai dengan indikator pencapaian belajar.

Pada umumnya materi pokok ini meliputi berbagai fakta, konsep, prinsip dan prosedur secara relevan, dan ditulis berupa butir-butir berdasarkan rumusan indikator pencapaian kompetensi.

  1. Pembelajaran

Pembelajaran merupakan kegiatan yang dilakukan oleh siswa dan guru dengan tujuan untuk mencapai kompetensi yang sesuai dengan harapan.  Strategi pembelajaran bisa berupa kegiatan tatap muka secara langsung atau bisa juga non tatap muka (pengalaman belajar).

Proses dalam pembelajaran dirancang khusus untuk memberikan pengalaman belajar yang dimana dalam hal ini melibatkan proses mental dan fisik dengan melalui interaksi antar siswa, siswa dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya dengan tujuan untuk mencapai KD (kompetensi dasar).

Adapun untuk pengalaman belajar yang dimaksud disini yaitu bisa tercapai dengan melalui penggunaan pendekatan pembelajaran yang beragam tetapi tetap fokus pada siswa.



  1. Penilaian

Penilaian adalah kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan, menganalisis, dan menafsirkan data mengenai proses dan hasil belajar siswa yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga nantinya akan menjadi informasi yang berguna untuk mengambil keputusan.

Hasil penilaian yang telah dianalisis akan menentukan tindakan secara lebih lanjut, seperti misalnya dengan melakukan perbaikan pada proses pembelajaran selanjutnya, program remidi bagi siswa yang memiliki nilai di bawah kriteria ketuntasan, dan program penyaan untuk siswa yang sudah memenuhi kriteria ketuntasan.

  1. Alokasi Waktu

Alokasi waktu merupakan waktu yang diperlukan untuk mencapai suatu kompetensi. Alokasi waktu dalam pengembangan silabus akan ditetapkan sesuai dengan jumlah jam pelajaran pada struktur kurikulum untuk satu semester (satu tahun).

Penentuan alokasi waktu pada setiap kompetensi dasar akan disesuaikan dengan jumlah minggu efektif dan alokasi waktu mata pelajaran selama satu minggi dengan mempertimbangkan jumlah kompetensi dasar, keluasan materi, kedalaman, tingkat kesulitan, serta tingkat kepentingan kompetensi dasar.

Alokasi waktu yang telah tertulis pada silabus adalah perkiraan waktu untuk mengusai kompetensi dasar yang dibutuhkan oleh siswa secara kompleks dan beragam.

  1. Sumber Belajar

Sumber belajar merupakan rujukan, objek atau bahan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Sumber belajar disini bisa dalam bentuk media cetak dan elektronik, narasumber, dan juga lingkungan fisik, alam, sosial, dan budaya.



Sumber belajar ditentukan berdasarkan standar kompetensi, kompetensi dasar (KD), materi pokok atau materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi.

Baca juga: RPP Abad 21 SD SMP SMA

Download Silabus Kurikulum 2013 SD/MI Tahun Ajaran 2020/2021

Penyusunan silabus harus menggunakan format dan penyajian yang sederhana, sehingga nantinya akan lebih mudah untuk dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format memiliki tujuan supaya penyajiannya lebih efisien,  tidak menggunakan banyak halaman, namun untuk lingkup dan substansinya tidak akan berkurang.

Silabus bisa disusun dengan menggunakan prinsip keseimbangan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum, memudahkan guru dalam proses mengajar, kemudahan bagi siswa dalam mengajar, pencapaian kompetensi yang terukur, kebermaknaan, dan kebermaknaan dalam dipelajari untuk dijadikan sebagai bekal kehidupan dan kelanjutan pendidikan siswa.

Seperti yang sudah kamis sampaikan sebelumnya, bahwa kami disini akan bagikan silabus Kurikulum 2013 SD dan MI  untuk kelas 1 sampai dengan kelas 6. Bapak dan Ibu guru bisa memilih sendiri silabus manakah yang ingin di downlod, untuk linknya kami sediakan pada bagian bawah artikel ini.

File silabus yang kami bagikan disini dibuat dengan menggunakan aplikasi Microsoft Office Word, sehingga jika ada bagian yang kurang sesuai maka Bapak dan Ibu guru bisa langsung melakukan pengeditan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *