Silabus Matematika SMA Kurikulum 2013

Posted on

Silabus Matematika SMA Kurikulum 2013 – Berkaitan dengan Prioritas Program Pemerintah dalam Peningkatan mutu pendidikan, maka kami disini akan memberikan informasi mengenai perangkat pembelajaran. Pada artikel ini perangkat pembelajaran yang akan kami bagikan untuk anda adalah Silabus SMA Kelas 10, 11, 12  Kurikulum 2013. Perlu anda ketahui bahwa Kurikulum 2013 merupakan pengganti dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang dalam pelaksaannya menekankan tiga aspek penilaian, yakni aspek pengetahuan, aspek keterampilan, dan aspek sikap dan perilaku.



Silabus adalah sebuah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran atau tema tertentu yang meliputi standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok atau pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu dan sumber / bahan / alat belajar. Silabus adalah penjelasan standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok atau pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Silabus akan dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah yang sesuai dengan pola pembelajaran pada tiap tahun ajaran tertentu. Silabus dapat digunakan sebagai patokan dalam pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran.

Dalam silabus kurikulum 2013 termuat beberapa komponen, diantaranya :

  • Kompetensi inti adalah gambar secara kategorial tentang kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang perlu dipelajari oleh para peserta didik untuk jenjang sekolah, kelas, dan mata pelajaran.
  • Kompetensi Dasar adalah kemampuan spesifik yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang berkaitan dengan mata pelajaran.
  • Materi pokok akan memuat fakta, konsep, prinsi, dan prosedur yang relavan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir yang sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.
  • Pembelajaran adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik untuk bisa mencapai kompetensi yang diharapkan bersama.
  • Penilaian adalah sebuah peroses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik.
  • Alokasi waktu yang sesuai dengan jumlah jam mata pelajaran dalam struktur kurikulum untuk satu semester atau satu tahun, dan
  • Sumber Pembelajaran bisa dalam bentuk buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar atau sumber belajar lain yang relevan.

Baca juga : Kurikulum 2013 revisi 2018 SD

Kegiatan pembelajaran pada silabus ini bisa diperkaya sesuai dengan sumber daya yang terdapat di daerah atau sekolah dan peserta didik.  Dalam kegiatan belajar mengajar, peserta didik harus memiliki peran terpenting. Selain harus mampu menguasai pelajaran dengan baik, peserta didik juga diharuskan menikmati kegiatan pembelajaran. Upaya yang dilakukan untuk menciptakan pembelajaran yang optimal tentu harus dimulai dari guru, oleh sebab itu  perlu dituntut kreativitas dari seorang guru dan menuntut guru untuk selalu belajar dan belajar.

Dalam pelajaran matematika sebaiknya peserta didik diajak untuk mengobservasi lingkungan sekitar yang berkaitan dengan pelajaran yang akan diulas. Hal ini akan bemanfaat untuk melatih cara berpikir peserta didik dan akan membuat peserta didik lebih berminat terhadap pelajaran yang diikuti. Selain itu peserta didik juga tidak akan menjadi bosan saat mengikuti pelajaran karena akan melibatkan aktivitas fisik, bukan hanya mendengarkan dan memperhatikan apa yang telah dijelaskan oleh guru.

silabus matematika sma



Berikut ini adalah sebagian cuplikan isi dari file Silabus Matematika SMA kelas 10, 11, dan 12 Kurikulum  2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published.