Cara Login Simas Kemenag 2022

Posted on

Cara Login Simas Kemenag 2022 Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang cara untuk masuk atau login dalam Sistem Informasi Masjid Kemenag.



Saat ini, dalam upaya meningkatkan kemudahan akses publik dalam dengan mengintegrasikan masjid atau musola dengan kementerian agama maka dikembangkanlah sebuah aplikasi yang disebut dengan SIMAS.

Baca juga: SK Inpassing Kemenag Guru Non PNS

Baca juga: Gambar Fauna Yang Simple Dan Mudah Digambar

Apa itu aplikasi SIMAS? Mari simak penjelasan berikut ini.

Mengenal Aplikasi SIMAS

Aplikasi SIMAS merupakan aplikasi yang digunakan untuk melakukan pendataan masjid dan mushola di seluruh Indonesia oleh Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama.

Tujuan dari dibuatnya aplikasi SIMAS ini adalah untu lebih mempermudah akses publik dalam mengintegrasikan mushola dan masjid dengan Kementerian Agama.

Agar program tersebut dapat berjalan dengan baik, diharapkan kepada pengelola, pengurus, takmir, atau DKM untuk memastikan bahwa muhsola atau masjid telah terdaftar di dalam aplikasi SIMAS atau Sistem Informasi Masjid.



Bagi masjid atau mushola yang telah terdaftar akan dibuktikan dengan kepemilikan ID masjid / muhsola. Sedangkan bagi masjid atau mushola yang belum memiliki ID masjid/ mushola bisa melakukan pendaftaran secara online oleh DKM masjid.

Bagaimana cara mendaftarkan masjid / mushola ke SIMAS secara online?

Caranya sangat mudah, perhatikan langkah – langkah di bawah ini.

Baca juga: Gambar Flora Simple, Mudah Dan Berwarna

Cara Untuk Mendaftarkan Masjid/ Mushola di SIMAS

Agar dapat lebih mudah dalam mengakses integritas masjid / mushola dengan kemenag, maka masjid/ mushola harus memiliki ID terlebih dahulu untuk login di SIMAS.

Untuk memperoleh ID, masjid atau muhsola harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

Berikut cara untuk mendaftarkan masjid / mushola ke aplikasi SIMAS dengan uraian langkah – langkah berikut ini :



(1) Langkah Pertama

Pada langkah pertama hal yang harus dilakukan adalah silahkan kunjungi laman resmi dari SIMAS untuk melakukan pendaftaran dan mendapatkan ID dengan cara klik link berikut ini : https://simas.kemenag.go.id/

(2) Langkah Kedua

Jika sudah, pada bagian halaman Form Pendaftaran Masjid atau Mushola slahkan scroll ke bawah hingga sampai pada area Klik di sini untuk download file , setelah itu silahkan klik tombol tersebut untuk mengunduh file formulir pendaftaran Instrumen Data Base Masjid / Musholla.

 

(3) Langkah Ketiga

Langkah ketiga, perhatikan setelah lembaran Form Pendaftaran masjid / Mushola telah terdownload, silahkan pilih salah satu pendaftaran ID dari masjid/ mushola.

(4) Langkah Keempat

Silahkan lengkapi instrumen data base masjid yang tersedia untuk mendapatakan ID masjid / mushola. Bagian nomor ID diisi oleh petugas dari Kemenag pusat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.