Sipintar PIP Terbaru Tahun 2022

Posted on

Sipintar PIP Terbaru Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang Sipintar PIP Terbaru Tahun 2022.



Artikel ini juga akan menyajikan langkah – lagkah serta penjelasan tentang cara Login Dan Cek Nama Penerima Bantuan PIP atau program Indonesia Pintar yang dapat anda lihat pada artikel kami kali ini.

Dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia salah satu upaya pemerintah adalah dengan cara memberikan dan bantuan kepada setiap satuan pendidikan di berbagai jenjang.

Sasaran penerima dari dana bantuan yang diberikan biasanya ditujukan kepada peserta didik yang memiliki keluarga dengan tingkat ekonomi yang kurang mampu. Selain itu juga biasanya ditujukkan untuk peserta didik yang sudah tidak memiliki orang ayah (yatim) atau tidak memiliki ibu (piatu), atauh bahkan yatim piatu.

Lalu bagaimana cara mengetahui nama peserta didik yang termasuk dalam list nama peserta didik yang mendapatkan dan bantuan PIP? Sebelum itu ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu PIP. Mari simak penjelasan berikut ini.

Baca juga: No Registrasi Akta Kelahiran Di Dapodik

Baca juga: Cara Cek Virtual Account PIP SD

Apa itu Dana PIP

PIP atau yang memiliki kepanjangan Program ndonesia Pintar merupakan salah satu program pemerintah yang diberikan kepada kepada para peserta didik di sekolah, yang mana memiliki sasaran utama untuk peserta didika yang memiliki latar belakang ekonomi keluarga yang kurang mampu.



Program Indonesia Pintar ini juga merupakan salah bentuk bantuan dana sebagai bentuk Bantuan Siswa Miskin (BSM).

Bantuan yang diterima untuk peserta didik:

  • SD/ MI mendapatkan dana bantuan sebesar  Rp 450.000,-/ tahun
  • Peserta didik Tingkat SMP/ MTs/ Paket B mendapatkan dana bantuan sebesar Rp 750.000,-/tahun
  • Peserta didik Tingkat SMA/ MA/ SMK/ Paket C mendapatkan dana bantuan sebesar Rp 1000.000,-/tahun

Baca juga: Cara Cek Virtual Account PIP SMP SMA SMK

Untuk mengecek nama – nama dari peserta didik yang namanya terdaftar pada list siswa yang mendapatkan dana bantuan Program Indonesia Pintar adalah dengan cara melalui SIPINTAR.

Bagi peserta didik yang namanya belum ada di list nama siswa yang mendapat dana bantuan Program Indonesia Pintar di tingkat SD, SMP, SMA, SMK, dapat diusulkan melalui aplikasi Dapodik dengan ketentuan peserta didik memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Subang Sehat (KSS), Program Keluarga Harapan (PKH).

Namun, jika ada peserta didik dari tingkat SD, SMP, SMA maupun SMK yang dirasa kurang mampu namun tidak memiliki kartu – kartu tersebut, maka peserta didik tetap dapat diusulkan namun dengan beberapa kriteria.



Kriteria ketentuan peserta didik yang bisa diusulkan meski tidak memliki kartu – kartu tersebut adalah (mohon maaf) Miskin, Rentan, Miskin, Yatim, Piatu, Yatim Piatu, Orang tuanya terkena PHK, serta Mengalami dampak bencana alam.

Jadi peserta didik yang memiliki kriteria seperti di atas dapat diusulkan oleh sekolah melalui website Dapodik untuk menerima dana bantuan dari Program Indonesia Pintar.

Apabila peserta didik sudah diussulkan, maka setiap satuan pendidikan juga dapat dengan mudah mengecek nama  – nama dari peserta didik yang menerima bantuan Program Indonesia Pintar dengan membuka website pip.kemdikbud.go.id .

Baca juga: Cara Login PIP SD, SMP, SMA Dan SMK

Baca juga: Cara Mengatasi NISN Ganda Peserta Didik

Cara Cek Penerima Dana Bantuan PIP

Berikut kami sajikan langkah – langkah untuk mengecek penerima dana bantuan Program Indonesia Pintar melalui langkah – langkah di bawah ini:

  • Langkah pertama adalah dengan masuk atau login ke dalam situs pip.kemdikbud.go.id
  • Lalu setelah masuk ke laman SIPINTAR, akan muncul fitur “Cari Penerima PIP” yang dapat kalian akses tanpa perlu melakukan Login terlebih dahulu

  • Selanjutnya isi data NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional dari peserta didik yang akan dicek, serta tempat tanggal lahir, dan nama ibu kandung

  • Lalu secara otomatis akan muncul tampilan nama siswa yang menerima bantuan dana Program Indonesia Pintar. Apabila tidak muncul berarti peserta didik tersebut belum menerima bantuan dan Program Indonesia Pintar (PIP)

Itulah langkah – langkah atau cara untuk mengetahui nama – nama peserta didik yang menerima bantuan dana PIP dengan sedikit penjelasan sebagai pelengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *