Contoh SK Bendahara BOS

Posted on

Contoh SK Bendahara BOS – Bagi Anda yang berkecimpung di dunia sekolah tentu sudah tidak asing dengan BOS. BOS atau Bantuan Operasional Sekolah adalah program yang dibuat pemerintah pusat untuk penyediaan pendanaan biaya operasi personalia dan non personalia bagi sekolah yang bersumber dari dana alokasi khusus non fisik.



Dana BOS ini disalurkan setiap triwulan dan bertujuan untuk meningkatkan akses maupun mutu pendidikan sebagai salah satu prioritas pembangunan nasional.

Tujuan Dana BOS

Ada beberapa tujuan dianggarkannya BOS. Salah satunya untuk membantu biaya operasional penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Selain itu dana BOS juga berfungsi membantu pendanaan biaya operasi dan non personalia sekolah, meringankan beban biaya operasi sekolah bagi peserta didik dan meningkatkan kualitas proses pembelajaran di sekolah.

Baca juga : Contoh Program Kerja Perpustakaan

Sasaran BOS adalah sekolah yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah atau masyarakat penyelenggara pendidikan yang sudah terdata dalam Dapodik. Bagi sekolah yang diselenggarakan oleh masyarakat diharuskan sudah memiliki izin operasional.

Adanya dana BOS dari pemerintah kepada sekolah sangat bermanfaat dalam menyelenggarakan pendidikan bagi semua kalangan. Lantaran peran dana BOS bagi sekolah sangat besar, maka pengelolaannya harus akuntabel dan transparan. Maka dari itu setiap sekolah wajib membentuk Tim Manajemen BOS sekolah yang bertanggungjawab dalam pengelolan dana BOS yang diterima oleh sekolah.

Salah satu bagian penting dalam tim manajemen tersebut adalah bendahara BOS. Dalam Permendikbud No. 3 Tahun 2019 disebutkan bahwa bendahara BOS adalah unsur pembantu kepala sekolah yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan fungsi perbendaharaan BOS.



Untuk maksud tersebut maka perlu ditetapkan dengan keputusan kepala sekolah. Dengan demikian penetapan bendahara BOS perlu dilakukan dengan membuat SK Bendahara BOS. Penunjukan guru yang mendapat tugas tambahan sebagai bendahara BOS pada dasarnya bertujuan untuk menciptakan dan kelancaran dalam pengurusan keuangan di sekolah yang berasal dari dana BOS.

Untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan contoh SK Bendahara BOS. Pada dasarnya SK bendahara BOS tidak berbeda dari tahun ke tahun. Baik SK Bendahara BOS 2017, SK Bendahara BOS 2018 maupun SK Bendahara BOS 2019.

Sebelum masuk ke contoh, perlu diketahui bahwa semua tugas yang diberikan oleh pimpinan atau segala pekerjaan yang dilakukan oleh pegawai dalam ruang lingkup pemerintahan biasanya dilakukan berdasarkan Surat Keputusan (SK) yang sudah dikeluarkan dan disahkan oleh pimpinan.

Artinya, seluruh kewajiban yang tertera dalam surat keputusan atau SK harus dipertanggungjawabkan oleh pihak yang tercantum dalam surat keputusan tersebut. SK diartikan sebagai surat yang dikeluarkan oleh instansi atau organisasi yang diwakili oleh pimpinan tertinggi yang memuat pernyataan memutuskan suatu hal yang berhubungan dengan tertib organisasi yang bersangkutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.