SK Komite Sekolah DOC

Posted on

SK Komite Sekolah Doc– Beberapa waktu yang lalu ada sosialisasi bendahara mahir pajak di UPTD daerah kami yang melibatkan antara Kepala Sekolah dan Bendahara Sekolah. Pada sosialisasi ini sekolah diminta untuk membawa berkas-berkas yang berkaitan dengan laporan bos yang dibuat dalam format K1, K2, K3, K4, K5,K6, K7, K7a.



Namun ternyata tidak hanya berkas itu saja yang wajib dibawah, ada pula profil sekolah dan SK komite Sekolah. Untuk “profil sekolah” pastinya sekolah sudah ada arsip, namun bagaimana dengan SK Komite Sekolah?

Apabila anda sudah mempunyai SK Komite Sekolah maka anda bisa mengabaikan postingan kami ini. Namun bagi anda yang belum, kami akan membagikan format Surat Keputusan (SK) komite sekolah dalah bentuk format Word yang dapat digunakan oleh Sekolah SD, SMP, SMA, dan SMK di tahun pelajaran 2019/2020.

Nah untuk lebih jelasnya ini adalah tampilan format SK Komite Sekolah dalam format word yang bisa anda download melalui tautan yang telah kami sematkan di bawah.

Pengertian komite sekolah sendiri adalah sebuah lembaga mandiri di lingkungan sekolah dan memiliki peran untuk meningkatkan mutu pelayanan dengan memberikan pertimbangan, arah, dan dukungan tenaga, saran, dan prasarana serta pengawasan pada tingkat satuan pendidikan (sekolah).



Pada awal mula terbentuknya Komite Sekolah berdasarakan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional (Kemendiknas) No. 014/ U/ 2002 Tanggal 2 April 2002 sekaligus menyatakan bahwa Badan Pembantu Penyelenggara Pendidikan (BP3) sudah tidak berlaku lagi.

Badan ini bersifat mandiri, tidak memiliki hubungan hierarkis dengan lembaga pemerintahan. Komite sekolah mempunyai kedudukan yang cukup kuat karena diundangkan dalam UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN Np. 20/2003).

Baca juga : Contoh Program Kerja Perpustakaan

Tujuan Komite Sekolah

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No 44/U/20012 Tahun 2002 tentang komite sekolah, Komite Sekolah memiliki tujuan untuk :

  1. Mewadahi dan menyalurkan aspirasi dan prakarsa masyarakat untuk menciptakan kebijakan operasional dan program pendidikan di satuan pendidikan;
  2. Meningkatkan rasa tanggung jawab dan peran serta masyarakat dalam menyelenggarakan pendidikan di satuan pendidikan;
  3. Menciptakan suasana dan kondisi transparan, akuntabel, dan demokratis dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yang memiliki mutu terbaik di satuan pendidikan.

Peran Komite Sekolah

  1. Pemberi pertimbangan atau Avisory Agency dan menentukn dan melaksanakan kebijikan pendidikan di satuan pendidikan.
  2. Pendukung atau Supporting Agency baik itu yang berwujud finansial, pemikiran, ataupun tenaga dalam penyelenggaraan pendidikan di satuan pendidikan.
  3. Pengontrol atau Controlling Agency dalam rangka transparansi dan akuntabilitas penyelengaraan pendidikan di satuan pendidikan.
  4. Mediator atau Mediator Agency antara pemerintah (Excecutive) dengan masyarakat di satuan pendidikan.

Fungsi Komite Sekolah



Dalam menjalankan perannya komite sekolah memiliki beberapa fungsi, diantaranya :

  1. Mendorong perhatian dan komitmen masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan yang memiliki mutu terbaik.
  2. Melakukan kerja sama dengan masyarakat (perorangan / organisasi / dunia usaha) dan pemerintah berkenaan dengan penyelenggaraan pendidikan yang memiliki mutu terbaik.
  3. Menampung dan menganalisis aspirasi, ide, tuntutan, dan berbagai kebutuhan pendidikan yang telah diajukan oleh masyarakat.
  4. Memberikan sebuah masukan, pertimbangan dan rekomendasi satuan pendidikan tentang : a). Kebijakan dan program pendidikan; b). Rencana anggaran pendidikan dan belanja madrasah (RAPBM); c). Kriteria kinerja satuan pendidikan; d). Criteria tenaga kependidikan; e) hal-hal lain yang berhubungan dengan pendidikan.
  5. Mendorong orang tua dan masyarakat agar ikut berpartisipasi dalam pendidikan guna mendukung peningkatan dan pemerataan pendidikan.
  6. Melakukan penggalangan dana masyarakat dalam rangka pembiayaan penyelenggaraan pendidikan di satuan pendidikan.
  7. Melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap kebijakan, program, penyelenggaraan, dan keluaran pendidikan di satuan pendidikan.

Komite Sekolah bisa menjalankan peran dan fungsinya sebagai penunjang dalam pelaksanaan proses pembelajaran yang sejalan dengan kondisi dan persoalan lingkungan masing-masing sekolah.

Komite sekolah bisa melaksanakan fungsinya sebagai partner sekolah dalam mengadakan sumber-sumber daya pendidikan dalam rangka melaksanakan pengelolaan pendidikan yang mampu mewujudkan fasilitas bagi guru dan peserta didik untuk belajar sehingga pembelajaran akan menjadi lebih efektif.

komite sekolah

SK Komite Sekolah Yang Baik dan Benar

Dalam membuat SK Komite Sekolah, anda harus memperhatika bagian-bagian SK yang sesuai dengan prosedurnya. Ada beberapa bagian dari SK tersebut, diantaranya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *