Contoh SK Operator Sekolah 2022

Posted on

SK Operator Sekolah – Salah satu kebijakan yang harus ditetapkan oleh kepala sekolah dalam persiapan menyambut datangnya aplikasi dapodik versi 2017 yaitu menetapkan petugas sistem aplikasi pendataan dapodikdas dan dapodikmen dengan cara membuat SK (Surat Keputusan). Dengan adanya SK, hal ini berarti para operator sekolah akan bekerja sesuai dengan tupoksi yang terdapat di SK.



Nah, disini terdapat 2 SK yang perlu dibuat untuk Dapodik. Yang pertama adalah SK yang ditujukan ke Dinas, dan yang ke dua adalah SK yang ditujukan ke pusat. Tanpa adanya SK Operator dapodik, maka pendataan di sekolah bapak / ibu guru tidak akan berjalan dengan lancar. Hal ini dikarenakan sekolah tidak akan diberikan kewenangan untuk membuka dapodik dan untuk mengirim data ke pusat.

operator sekolah

Baca juga : Contoh Program Kerja Perpustakaan

Biasanya SK dibuat oleh Wakil bidang kurikulum, akan tetapi tidak menutup kemungkin yang disuruh nantinya adalah operator dapodik, kalau sudah demikian supaya tidak mengalami kesulitan maka memerlukan sebuah konsep konsep dalam membuat Sk operator dapodik yang benar dan mempunyai dasar yang sesuai berdasarkan aturan yang berlaku sekarang ini. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan berbagi 2 contoh SK yang harus dibuat untuk operator dapodik, yakni :

  1. SK penetapan petugas sistem aplikasi pendataan dapodik (Download disini)
  2. SK Penugasan Operator Dapodik / Sekolah (Download disini)

Pada kedua SK operator sekolah tersebut ada beberapa perbedaan yang harus anda ketahui. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini.

  1. SK penetapan petugas sistem aplikasi pendataan dapodik (Download disini)

Dalam membuat SK Peneteapan petugas sistem aplikasi pendataan dapodik (Operator Sekolah) yang nantinya akan diberikan ke dinas ini, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Maka yang pertama harus anda ketahui adalah bagian atau susunan SK yang benar sebagai berikut ini :

  1. Kop Sekolah dan Kepala SK

Membaca teks “kop sekolah” pastinya tidak asing lagi bagi anda karena sudah sangat familiar terutama di instansi pendidikan. KOP Sekolah dan Kepala SK ini berada di bagian paling atas SK operator Sekolah seperti tampilan gambar berikut ini.



  1. Tentang dan nomor SK

Selanjutnya Tentang dan nomor SK terletak di urutan yang kedua setelah kepala SK atau Kop surat diatas. Contohnya adalah sebagai berikut :

  1. Nama jabatan penjabat yang berwenang mengeluarkan surat keputusan

Nama jabatan penjabat yang berwenang mengeluarkan surat keputusan yaitu Kepala Sekolah.

  1. Konsideran

Sebenarnya pada potingan mengenai SK pembagian tugas mengajar guru (Disini) sudah mengulas tentang “Konsideran”, yakni bagian surat keputusan yang berisi dasar hukum untuk membuat surat keputusan. Nah pada bagian ini anda harus perhatikan mengenai permendikbud dan surat edaran terbaru dari dinas dan pusat karena diperlukan penyesuaian. Berikut ini adalah contoh konsideran dalam SK.



Leave a Reply

Your email address will not be published.