SK Panitia PPDB SD SMP SMA Dan SMK

Posted on

SK Panitia PPDB SD SMP SMA Dan SMK – Memasuki semester atau tahun pelajaran baru seperti saat ini biasanya setiap sekolah akan di sibukkan dengan kegiatan PPDB (penerimaan peserta didik baru). Penerimaan peserta didik baru pada umumnya akan dilakukan secara serentak mulai dari jenjang pendidikan sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), hingga sekolah menengah atas (SMA) atau sederajat.



Sebelum mengunduh SKP panitia PPDB tahun pelajaran baru 2020/2021 untuk jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK, sebaiknya Anda pelajari terlebih dahulu mengenai PPDB. PPDB memiliki tujuan  untuk menjamin penerimaan peserta didik baru agar berjalan secara objektif, akuntabel, transparan, dan tanpa diskriminasi sehingga nantinya akan semakin meningkatkan akses layanan pendidikan.

PPDB bisa dilakukan dengan menggunakan dua cara. Pertama adalah pendaftaran yang dilakukan melalui jejaring (daring atau online), yakni dengan mengakses website resmi PPDB sesuai daerah masing-masing. Kedua adalah pendaftaran yang dilakukan melalui luring (luar jaringan atau offline), yakni dengan mendaftar secara langsung ke sekolah.

Sekolah yang diselenggarakan oleh pemerintah diharuskan untuk mengumumkan secara terbuka mengenai proses pelaksanaan dan informasi PPDB, dalam hal ini dimulai dari persyaratan, proses seleksi, daya tampung, dan hasil penerimaan dan peserta didik baru.

Sebelum melaksanakan kegiatan PPDB, sekolah pastinya akan membentuk terlebih dahulu panitia yang akan bekerja untuk melakukan kegiatan penerimaan peserta didik baru dalam setiap jenjang pendidikan. Saat menentukan panitian PPDB, biasanya akan diadakan rapat yang dilakukan oleh kepala sekolah, dewan guru, dan semua warga sekolah yang juga berhak untuk mengikuti rapat tersebut.



Saat pemilihan panitia penerimaan peserta didik baru, maka nantinya akan ditentukan siapa yang menjadi ketua, wakil ketua, sekertaris, bendahara, dan anggota-anggotanya. Dimana semuanya nanti akan memiliki tugas yang berbeda-beda.

Pada tahun 2017 sampai sekarang ini program penerimaan peserta didik baru sudah mengalami banyak perubahan. Salah satunya yaitu sekolah hanya akan menerima calon siswa siswi baru dengan menggunkan system zonasi. Hal ini berarti bahwa calon peserta didik baru akan diterima jika masih berada di wilayah yang sesuai dengan zonasi yang sudah ditentukan oleh pihak sekolah yang bersangkutan.

Keberadan system zonasi ini dibuat dengan tujuan supaya Pendidikan bisa di rasakan secara merata oleh siapa saja sehingga akan di diperoleh sekolah-sekolah yang berkualitas dan sesuai dengan harapan yang diinginkan oleh Menteri Pendidikan.

Surat keterangan (SK) akan menjadi bukti resmi bahwa nama-nama tersebut adalah nama orang terpilih yang akan menjadi panitia PPDB. Dengan demikian mereka yang sudah terpilih diharuskan untuk melaksanakan tanggung jawabnya sebagai panitia PPDB dengan baik.

SK PPDB menjadi dokumen penting bagi sekolah karena nantinya akan dijadikan sebagai arsip. Selain itu, SK PPDB juga sangat diperlukan bagi mereka yang bertugas menjadi panitia PPD baik itu untuk keperluan kenaikan pangkat bagi PNS ataupun sebagai berkas penting untuk melaksanakan kegiatan akreditasi sekolah.

Baca juga: Formulir Peserta Didik Dapodik Excel

Contoh SK PPDB 2021 untuk SD, SMP, SMA, dan SMK



Pada pembahasan selanjutnya kami akan membagikan contoh SK PPDB 2021 untuk semua jenjangan pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA, dan SMK sederajat. Hal ini bertujuan supaya Anda nantinya tidak mengalami kerepotan lagi untuk mencarinya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah semua contoh tersebut:

SK Panitia PPDB SD 2021

Bagi kepala sekolah ataupun bagi pengurus SK di sekolah maka bisa langsung lihat contoh SK PPDB SD yang akan kami bagikan disini. Silahkan didownload melalui tautan berikut ini: DOWNLOAD DISINI.

Contoh SK PPDB SD 2021 yang kami bagikan di atas adalah salah satu referensi yang kami anjurkan. Silahkan download dengan mudah dan dapatkan file nya berupa format Microsoft Word dengan ekstensi doc/docx.

Sebenarnya contoh tersebut tidak jauh berbeda dengan contoh pada tahun  sebelumnya. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika kami membahas mengenai hal tersebut sebagai pengingat kembali bagi Bapak atau Ibu guru yang sedang bertugas menjadi Panitia Penerimaan Siswa baru pada tahun pelajaran 2020-2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *