Contoh SK Tim Manajemen BOS

Posted on

Contoh SK Tim Manajemen BOS Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang Contoh Surat Keputusan Tim Manajemen BOS.



Kami juga akan menyajikan contoh – contoh dari surat keputusan atau SK tim manajemen dana Bantuan  Operasional Sekolah dalam bentuk PDF/ Doc. yang dapat di download dengan mudah.

Dalam pengelolaan dana BOS pada suatu lembaga atau satuan pendidikan, Kepala Sekolah diwajibkan untuk membuat Surat Keputusan atau SK Tim Manajemen BOS. Surat keputusan ini nantinya akan dijadikan sebagai dasar bagi yang tercantum di dalam surat tersebut untuk mencairkan, mengelola, serta membuat Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) selama penggunaan dana bantuan operasional sekolah (BOS).

Baca juga: Download Alpeka Bos 2019 Kemdikbud

Baca juga: Aplikasi Dana Bos Terbaru 2022

Untuk mengetahui lebih jelasnya silahkan simak penjelasan di bawah ini.

SK TIM Manajemen BOS

SK atau Surat Keputusan merupakan dasar hukum atau dasar peraturan dari suatu tindakan, kegiatan, kondisi, ataupun fungsi pada sesuatu atau bagi perseorangan, yang dijadikan legal aspek untuk menetapkan atau mempertahankan sesuatu yang diputuskantersebut.

SK Tim Manajemen BOS merupakan merupakan surat keputusan yang wajib dibuat dalam suatu lembaga atau satuan pendidikan yang menerima dana Bantuan Operasional Sekolah untuk menciptakan sistem pengelolaan dana BOS sesuai dengan prinsip fleksibilitas, efektfitas, efisien, akuntabilitas, dan  transparansi.



Selain itu diharapkan agar sekolah dapat menggunakan dana Batuan Operasional Sekolah untuk membiayai penyelenggaraan operasional sekolah setelah dana BOS dapat dicairkan dan disalurkan kepada sekolah.

Pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah dijelaskan pada Permendikbud No. 8 tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Reguler, yang mengatur dan memuat sebagai berikut:

  • Dalam pengelolaan dana BOS Reguler Kepala Sekolah membentuk Tim BOS Sekolah.
  • Tim BOS Sekolah terdiri atas Kepala Sekolah sebagai penananggung jawab, bisa Bendahara Sekolah ataupun anggota.
  • Anggota sebagaimana dimaksud terdiri dari 1 (satu) orang unsur Guru, 1 (satu) orang dari unsur komite sekolah dan 1 (satu) orang dari unsur orang tua atau wali peserta didik di luar Komite Sekolah, yang dipilih oleh Kepala sekolah dan Komite sekolah dengan mempertimbangkan kredibilitas dan tidak memiliki konflik.

Baca juga: Format Laporan BOS Terbaru 2021-2022

Larangan TIM BOS Dalam Pengelolaan Dana BOS

Larangan – larangan yang harus diperhatikan sebagai penanggung jawab atau anggota Tim manajemen BOS, antara lain:

  1. Dilarang melakukan transfer Dana Bantuan Operasional Sekolah ke rekening pribadi atau pada rekening lainnya untuk kepentingan lain selain penyelenggaraan operasional sekolah.
  2. Meminjamkan dana Bantuan Operasioanl Sekolah kepada orang lain dan membungakan untuk kepentingan individu
  3. Membeli perangkat lunak untuk pelaporan Dana BOS atau perangkat lain sejenisnya
  4. Membiayai kegiatan lain yang sebenarnya tidak mejadi kegiatan prioritas di sekolah, serta melakukan pendanaan bagi kegiatan lain yang seharusnya dibiayai dengan sistem iuran.
  5. Membeli pakaian, seragam, sepatu, atau pun perlengkapan bagi guru atau peserta didik untuk kepentingan individu, yang mana tidak termasuk dalam kepentingan dalam inventaris sekolah.
  6. Membeli instrumen investasi, memelihara prasarana sekolah dengan kategori kerusakan sedang atau berat, membangun gedung atau ruangan baru
  7. Membiayai kegiatan yang telah dibiayai secara penuh oleh dari sumber dana pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan sumber lain yang sah
  8. Melakukan penelewengan penggunaan dana BOS untuk kepentingan individu atau kelompok tertentu
  9. Menjadi distributor atau pengecer buku kepada peserta didik di sekolah yang bersangkutan, yang mana sebenarnya buku tersebut telah dibiayai dengan menggunakan dana Bnatuan Operasional Sekolah.

Baca juga: Contoh SK Bendahara BOS

Tugas dan Tanggung Jawab TIM BOS

Dibentuknya Tim Manajemen BOS ini tentunya memiliki tugas dan tanggung jawab tersendiri dalam pelaksanaannya. Tugas dan tanggung jawab Tim BOS ini adalah sebagai berikut:

  1. Mengisi dan memutakhirkan data sekolah secara valid dan lengkap ke dalam Dapodik sesuai dengan kondisi riil yang yang ada di sekolah yang bersangkutan
  2. Bertanggung jawab pada hasil data sekolah yang diinput dalam Dapodik
  3. Memenuhi ketentuan dari efektivitas, efisiensi, akuntabilitas, dan transparansi dalam pengelolaan dan penggunaan Dana BOS.
  4. Menyelenggarakan pengadministrasian pertanggungjawaban pengguna Dana BOS Regurel secara lengkap, serta menyusun dan menyampaikan laporan penggunaan Dana BOS reguler yang sesuai dengan peraturan perundang – undangan yang ada.
  5. Bertanggung jawab secara formal dan material atas pengelolaan serta penggunaan Dana BOS Reguler yang diterima.
  6. Melaksanakan laporan pertanggung jawaban dan diaudit leh lembaga yag memiliki kewenangan dalam melakukan audit sesuai dengan ketentuan peraturan perundang – undangan terhadap seluruh dana bantuan operasional sekolah yang dikelola oleh sekolah
  7. Melakukan pembukuan secara lengkap dan tepat serta memenuhi ketentuan transparan dalam pengelolaan dan juga penggunaan dana bantuan operasional sekolah.
  8. Segera mendandatangani surat pernyataan tentang tanggung jawab yag menyatakan bahwa dana BOS yang telah diterima oleh sekolah telah sesuai dengan NPH BOS 2022
  9. Dapat memberikan pelayanan, penanganan terhadap pengaduan masyarakat
  10. Bagi sekolah SD yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah harus memasang spanduk yang menunjukkan kebijakan bebas pungutan biaya setiap hari di sekolah.

Seperti Surat Keputusan pada umumnya susunan SK Tim BOS ini memuat bagian konsideran, desideratum, dan diktum.

Baca juga: Pelaporan Bos Secara Online

Untuk memahami lebih jelas tentang Surat Keputusan atau SK Tim Manajemen BOS ini, silahkan simak contoh – contoh berikut ini.



Contoh – contoh SK Tim BOS

Agar lebih mudah dalam memahami tentang surat keputusan Tim dana Bantuan Operasional Sekolah ini, kalian dapat melihat contoh – contoh berikut ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *