SK Tim Pengembang Kurikulum SD SMP SMA SMK DOC

Posted on

SK Tim Pengembang Kurikulum DOC –  Ada 4 jenis contoh format SK tim pengembangan kurikulum versi terbaru yang dapat digunakan untuk jenjang sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), dan sekolah menengah kejuruan (SMK).SK Tim Pengembang Kurikulum SD SMP SMA SMK 2020/2021



Jika pada artikel sebelumnya kami sudah membahas mengenai program kerja yang harus dilakukan oleh sekolah maka pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang suatu pedoman, yakni surat keputusan atau SK yang harus dibuat oleh sekolah untuk membentuk tim pengembangan sekolah.

Dalam setiap satuan pendidikan, sekolah diharuskan untuk membentuk tim yang khusus mengatasi berbagai permasalah dalam pengembangan kurikulum sekolah. Seperti yang diketahui bahwa kurikulum sekolah akan selalu mengalami perubahan sehingga sekolah harus bisa menerapkan serta mengembangkan kurikulum sesuai dengan yang digunakan sekarang ini.

Pemilihan panitia yang akan dimasukkan dalam tim pengembang kurikulum sudah pasti melalui tahapan pertemuan atau rapat terlebih dahulu, dimana tahapan ini akan diikuti oleh beberapa warga sekolah yang memiliki kepentingan terkait seperti kepala sekolah, staff tata usaha, dewan guru, karyawan sekolah, ketua komite, dan warga lainnya yang bisa diajak untuk bekerjasama dalam mengatasi masalah pengembangan kurikulum di sekolah.

tim pengembang kurikulum sekolah

Baca juga: Pengembangan Profesionalisme Guru

Siapapun nanti yang telah terpilih menjadi panitia dan tim pengembangan kurikulum harus selalu aktif untuk memajukan serta mengembangkan kurikulum sesuai dengan yang sudah diamanahkan untuk digunakan sekarang ini.

Ketika mengembangkan kurikulum penting sekali untuk membentuk tim pengembang kurikulum dengan tujuan supaya tim tersebut mampu merancang dengan baik mengenai cara ataupun tahapan yang perlu dilakukan. Dengan demikian maka kurikulum yang digunakan di sekolah bisa berjalan sesuai dengan yang diamanahkan oleh Kementerian Pendidikan.



Untuk membentuk sebuah tim pengembang kurikulum sekolah, sekolah wajib membuat SK panitia tim pengembang sekolah SK ini nantinya dijadikan sebagai dasar bagi warga sekolah terkait. Mereka yang telah terplih menjadi tim pengembang kurikulum pun nantinya bisa menjalankan tugas dan kewajibannya dengan baik.

Pada dasarnya perubahan kurikulum memang sangat dibutuhkan, apalagi jika kurikulum yang digunakan kurang efektif dan tidak relevan. Dalam hal ini sekolah bisa mendukung adanya perubahan kurikulum, sehingga kurikulum nantinya bisa terlaksana dengan baik dan membuat program pendidikan menjadi semakin berkembang.

Nah, bagi Anda yang merupakan tim pengembang kurikulum dan ditugaskan untuk membuat SK, maka Anda pastinya harus bisa menyusun SK tim pengembang kurikulum sekolah. Jika Anda masih belum mempunyai contoh ataupun referensi untuk membuat SK tim pengembang kurikulum maka Anda tidak perlu khawatir.

Leave a Reply

Your email address will not be published.