Contoh SKHUN SD Dan Cara Mencetaknya

Posted on

Contoh SKHUN SD Dan Cara Mencetaknya Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang contoh SKHUN SD dan Cara Mencetaknya.



Artikel ini juga akan menyajikan penjelasan dari SKHUN SD, contoh – contoh, serta langkah – langkah untuk mencetak SKHUN yang dapat dilihat pada artikel kami kali ini.

Setelah melakukan ujian nasional peserta didik akan mendapatkan hasil dari ujian nasional mereka, hasil tersebut berupa ijazah. Namun ijazah biasanya tidak bisa langsung dikeluarkan oleh sekolah. Hal ini dikarenakan pembuatan ijazah membutuhkan waktu yang cukup lama, sedangkan peserta didik membutuhkan hasil ujian sebagai bukti jika sudah lulus dalam ujian nasional.

Hasil kelulusan juga digunakan sebagai persyaratan untuk masuk ke jenjang pedidikan yang lebih tinggi lagi. Untuk menangani hal tersebut sekolah memberikan SKHUN untuk dapat digunakan sebagai surat keterangan lulus sebelum ijazah dikeluarkan oleh sekolah. Sebelum itu mari kita simak terlebih dahulu apa itu SKHUN.

Baca juga: Cara Membuat SKHUN Sementara Di Excel Mail Merge

SKHUN Adalah

SKHUN memiliki kepanjangan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional merupakan surat keterangan kelulusan yang dikeluarkan oleh sekolah setelah dikleuarkannya SKL dan sebelum ijazah dikeluarkan.

SKHUN adalah sebuah dokumen yang sifatnya hanya sementara sebagai pengganti ijazah karena penerbitan ijazah membutuhkan waktu yang lama. SKHUN ini dapat menjadi pengganti ijazah untuk melengkapi persyaratan pendaftaran masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.



SKHUN memuat hasil nilai dari Ujian Nasional serta rekapan nilai yang didapat oleh peserta didik. Tidak hanya bermanfaat bagi peserta didik untuk dijadikan sebagai dokumen verifikasi data di jenjang pendidikan yang lebih tinggi, namun SKHUN juga bermanfaat bagi orang tua.

Dengan adanya SKHUN orang tua dapat menjadikan SKHUN menjadi bahan evaluasi bagi orang tua terhadap hasil belajar anak dan juga untuk dapat mengarahkan peserta didik dalam memilih sekolah selanjutnya.

Baca juga: Download Dan Cara Login Bio UN SD / MI

Contoh SKHUN SD

SKHUN terdiri dari 2 lembar, yang mana lembar pertama berisikan hasil dari nilai tes masing – masing siswa di setiap mata pelajaran (Hasil Ujian Sekolah).

Selain itu, pada lembar pertama juga memuat nilai UN rerata sekolah, nilai rerata Ujian Nasional , serta deskripsi dari nilai peserta didik. Deskripsi dari nilai pada lembar pertama ini mencakup 4 (empat) kategoris yaitu sangat baik, baik, cukup, dan kurang.

Sedangkan pada lembar kedua, memuat deskripsi kompetensi peserta didik terhadap komponen – komponen mata pelajaran yang diujikan. Artinya, deskripsi ini menjadi penjabaran atau penjelasan yang lebih jelas lagi kepada siswa, orang tua, guru tentang nilai yang telah diperoleh di setiap mata pelajaran Ujian nasional yang diujikan.

Agra tidak hanya membayangkan saja bentuk dari SKHUN, berikut kami berikan contoh – contoh dari SKUN SD.



Letak No SKHUN terdapat di dasar tengah dari akta, serta dimulai dengan DN-[angka isyarat provinsi]-[kode tahapan pendidikan]-[tujuh digit no seri].

Baca juga: Cara Mengatasi NISN Ganda Peserta Didik

Cara Mencetak SKHUN

Setelah mengetahui penjelasan dan contoh – contoh dari Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional atau SKHUN SD. Sekarang kita masuk pada tahap cara mencetak SKHUN melalui aplikasi Cetak nilai SKHUN.

Aplikasi ini berfungsi untuk mempercepat kerja bapak dan ibu guru dalam pembuatan SKHUN, sehingga tidak banyak membuang waktu mengingat pasti banyak sekali dokumen yang perlu disiapkan paska Ujian Nasional.

Aplikasi ini masuk ke dalam sistem Ms. Oce Excel yang akan mempermudah penggunaannya dalam editing proses baik pemula maupun yang sudah terbiasa menggunakan excel.

Aplikasi Cetak SKHUN Sekolah Dasar (SD) dapat didownload melalui link di bawah ini:

https://drive.google.com/open?id=1wXNIaSr8zYbm88M1Rh59yyiHtmpqs5NE

Baca juga: Download Kisi Kisi Soal UN SD 2022

Cara Mencari SKHUN Online Tanpa Barcode

Ada banyak hal tidak terduga yang mungkin saja bisa terjadi meski kita tidak menginginkannya, salah satunya mungkin sdeperti kehilangan SKHUN. Bagaimana jika kita sedang mmebutuhkan nomor seri SKHUN namun dokumen SKHUN kota hilang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *