Cara Membuat SKHUN Sementara Di Excel Mail Merge

Posted on

Cara Membuat SKHUN Sementara Di Excel Mail Merge – Pada artikel kali ini, kami akan menyajikan informasi tentang Cara Membuat Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional atau SKHUN Sementara Di Excel Mail Merge.



Setelah para peserta didik tingkat akhir dalam satuan pendidikan melaksaksanakan Ujian Nasional atau UN tentunya hasil dari ujian tersebut akan terangkum dalam ijazah. Namun, ijazah tidak dapat didapatkan secara langsung setlah peserta didik tingkat akhir melakukan Ujian Nasional.

Baca juga: Cara Mengatasi NISN Ganda Peserta Didik

Baca juga: Cara Cetak Kartu NISN

Padahal setelah melakukan Ujian Nasional biasanya para siswa tingkat akhir membutuhkan hasil ujian atau keterangan kelulusan untuk mendaftarkan diri pada tingkat satuan pendidikan yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, untuk mengatasi persoalan tersebut kementrian pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia memperbolehkan pihak sekolah untuk membuat Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) dan juga Surat Keterangan Lulus (SKL).

Yang mana SKHUN sementara dan SKL tersebut dapat digunakan oleh peserta didik untuk mendaftarkan diri pada jenjang pendidikan selanjutnya atau untuk memenuhi persyaratan dalam melamar pekerjaan.

Sebelum masuk pada topik utama kita yang membahas tentang cara pembuatan SKHUN semetara, akan lebih baik jika kita memahami tentang apa itu SKHUN sementara terlebih dahulu.



Apa itu SKHUN Sementara

SKHUN sementara merupakan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional sementara yang diberikan oleh pihak sekolah dengan tujuan semoga para peserta didik yang telah diyatakan lulus dalam menempuh Ujian Nasional dalam satuan pendidikan berdasarkan Permendikbud Republik Indonesia No. 97 Tahun 2013 Tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik dari Satuan Pendidikan dan Penyelenggaraan Ujian Sekolah/ Madrasah/ Pendidikan Kesetaraan serta Ujian Nasional (UN)

SKHUNS atau SKHUN sementara digunakan sebagai tanda telah mengikuti ujian dengan menyandang kelulusan serta dijadikan sebagai syarat masuk ke jenjang berikutnya yang lebih tinggi.

Pihak sekolah biasanya harus membuatkan SKHUN sementara dulu sebelum yang asli dikeluarakan untuk mengantisipasi berakhirnya masa pendaftaran pada pendidkan jejang selanjutnya.

Baca juga: Pakta Integritas Pengawas UNBK 2021/2022

Baca juga: Formulir Peserta Didik Dapodik 2021/2022 Excel

Cara Membuat SKHUN Sementara Menggunakan Excel Mailing (Mail Merge)

Dalam pembuatan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional Sementara ini dapat dilakukan melalui beberapa cara. Salah satunya dengan menggunakan Mailing Mail Merge.

Tahapan – tahapan dalam pembuatan Surat keterangan Hasil Ujian Nasional sementara dengan menggunakan Excel Mail Merge adalah sebagai berikut:



  1. Langkah Pertama

Pada tahap pertama silahkan menyiapkan dua file penting yaitu file database peserta didik dalam bentuk excel, yang berisikan nama, tempat dan tanggal lahir, nama orang tua, NIS (Nomor Induk Siswa), NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan nilai rata – rata yang akan digunakan sebagai data source yang akan diinsert ke dalam SKHUN sementara. Lalu format SKHUN sementara yang nantinya akan dicetak.

Untuk mempermudah teman – teman dalam membuat SKHUN sementara kami telah menyajikan file – file yang dibutuhkan. File – file tersebut dapat didownload melalui link di bawah ini:

Untuk SD

  • Format SKHUN sementara SD Ms Word:
  • Format Database/ Data Source SKHU Sementara SD Ms Excel:

Untuk SMP

  • Format SKHUN sementara SMP Ms Word:
  • Format Database/ Data Source SKHU Sementara SMP Ms Excel:
  1. Langkah Kedua

Langkah kedua, silahkan buka format file database SKHUN sementara yang telah anda unduh sebelumnya. Silahkan masukka data berupa nama, tempat dan tanggal lahir, nama orang tua, NIS (Nomor Induk Siswa), NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan nilai ke dalam sheet “Data Mentah” lalu Simpan.

Untuk sheet yag kedua yaitu “Data Source”, jangan diubah – ubah, biarkan saja dulu, dikarenakan data mentah yang kita entry sebelumnya tadi akan secara otomatis masuk ke dalam data source yang nantinya akan digunakan recipient saat mengolah Ms Word.

Jika tahap di atas sudah selesai silahkan simpan dan tutup kembali. Perhatikan gambar di bawah ini agar lebih jelas.

  1. Langkah Ketiga

Langkah ketiga, buka format SKHUN sementara yang ada di Ms Word, lalu klik “Mailing”, pilih select recipient, setelah itu klik use existing list, kemudian pilih file database excel sebelumnya tadi lalu klik open, setelah itu pilih data source. Perhatikan gambar di bawah ini agar lebih jelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *