Soal Agama Islam Kelas 1 SD Kurikulum 2013

Posted on

Soal Agama Islam Kelas 1 SD –  Pelaksanaan penilaian yang diterapkan dalam Kurikulum 2013 atau yang biasa disebut dengan K-13 jauh lebih komplek jika dibandingkan dengan penilaian dalam Kurikulum KTSP.



Saat melakukan proses penilaian Kurikulum 2013, guru diharuskan untuk memperhatikan 4 aspek penting, yaitu penilaian spiritual, penilaian sosial, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan.

Penilaian dalam Kurikulum 2013 jenjang sekolah dasar terdiri dari PH (Penilaian Harian), PTS (Penilaian Tengah Semester), dan PAS/PAT (Penilaian Akhir Semester atau Tahun). Dalam hal ini Pendidikan Agama Islam menjadi salah satu mata pelajaran wajib SD dalam Kurikulum 2013 yang terpisah dengan pembelajaran tematik.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas serta memberikan contoh soal agama islam kelas 1 sekolah dasar Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2. Namun sebelum memberikan contoh soalnya, mari simak terlebih dahulu pembahasan secara lebih detail mengenai mata pelajaran PAI berikut ini.

Baca juga: Soal Agama Islam Kelas 4 SD Kurikulum 2013

Pendidikan Agama Islam

Pendidikan Agama Islam atau PAI adalah rumpun mata pelajaran yang merupakan perkembangan dari ajaran-ajaran pokok atau dasar yang ada dalam agama islam. Maka dari itu, PAI sudah menjadi bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dari ajaran islam. Dilihat dari isinya, PAI merupakan mata pelajaran pokok yang memiliki tujuan untuk mengembangkan moral dan kepribadian peserta didik.



Selain itu, PAI bertujuan untuk membentuk peserta didik agar menjadi individu yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, berbudi pekerti yang luhur (memiliki akhlak mulia), memiliki pengetahuan mengenai ajaran pokok agama islam untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, dan untuk memperdalam ajaran islam sehingga memadai baik dalam kehidupan bermasyarakat ataupun untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Perlu diketahui bahwa Pendidikan Agama Islam selama ini sudah menjadi suatu program pelajaran yang diarahkan untuk:

  • Menjaga akidah dan ketaqwaan peserta didik
  • Sebagai landasan untuk rajin dalam mempelajari berbagai ilmu lainnya yang diajarkan di sekolah atau madrasah
  • Memotivasi peserta didik supaya semakin kritis, kreatif, dan inovatif
  • Sebagai landasan perilaku dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat
  • PAI tidak hanya mengajarkan mengenai Agama Islam saja, namun juga harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari terutama untuk membangun etika sosial

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam tidak hanya fokus pada penguasaan kompetensi kognitif saja, namun juga afektif dan psikomotoriknya. Semua isi yang ada dalam mata pelajaran PAI sudah disesuaikan dan dikembangkan dari berbagai ketentuan yang ada dalam sumber pokok ajaran islam, yaitu Al Qur’an dan Sunnah Nabi Muhammad SAW (dalil naqli). Bahkan materi PAI juga dilengkapi dengan berbagai hasil istinbath dan ijtihad (dalil aqli) para ulama. Dengan begitu, ajaran-ajaran pokok yang sifatnya umum akan lebih rinci dan detail.

Materi PAI merupakan perkembangan dari 3 kerangka dasar ajaran islam, yaitu aqidah, syari’ah dan akhlak. Aqidah adalah penjabaran konsep islam, sedangkan akhlak adalah penjabaran konsep ihsan. Dari ketiga konsep tersebut, kini telah berkembang beberapa kajian keislaman seperti kajian-kaijan yang berhubungan dengan ilmu, teknologi, seni dan budaya.

Out put pembelajaran PAI di sekolah memang terbentuknya peserta didik yang berakhlak mulia (berbudi pekerti luhur), dimana ini merupakan misi paling utama diutusnya Nabi Muhammad SAW ke dunia. Pendidikan akhlak seperti budi pekerti merupakan jiwa pendidikan dalam islam, sehingga pencapaian akhlak yang mulia atau karimah merupakan tujuan sesungguhnya dari pendidikan. Dalam hal ini berarti bahwa pelajaran Pendidikan Agama Islam tidak hanya identik dengan menafikan pendidikan jasmani dan pendidikanakal. Program pembelajaran lainnya juga menjadi kebutuhan peserta didik yang juga penting. Meski demikian, pencapaian akhlak yang mulia justru sulit jika hanya dianggap sebagai tanggung jawab mata pelajaran PAI. Dengan begitu maka untuk pencapaian akhlak mulia merupakan tanggung jawab dari seluruh pihak, termasuk mata pelajaran selain PAI dan pendidik yang mengajarkannya.

Hal ini berarti meskipun akhlak tersebut kelihatannya hanya menjadi muatan mapel Pendidikan Agama Islam, mapel lain juga harus mengandung muatan akhlak. Bahkan seluruh pendidik atau guru diharuskan untuk memperhatikan bagaimana akhlak peserta didik dan berupaya untuk selalu menanamkannya ketika melaksankan pembelajaran. Jadi, bisa diambil kesimpulan bahwa untuk mencapai akhlak mulia sebenarnya tidak hanya cukup melalui mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).



Baca juga: Soal Agama Islam Kelas 2 SD Semester 1 Dan Semester 2

Contoh Soal Agama Islam Kelas 1 SD/MI Semester 1 dan 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *