Soal Agama Islam Kelas 2 SD Semester 1 Dan 2 K13

Posted on

Sementara itu,  pengertian pendidikan agama islam menurut Zakiyah Dradjat adalah suatu usaha yang dilakukan untuk membina serta mengasuh para siswa dengan tujuan agar selalu bisa memahami ajaran islam secara keseluruhan. Kemudian menghayati tujuan yang pada akhirnya bisa mengamalkan dan menjadikan islam sebagai pedoman hidup.

Tujuan Pendidikan Agama Islam di Sekolah

Tujuan Pendidikan Agama Islam di Sekolah



Pendidikan agama islam yang diberikan di sekolah memiliki tujuan untuk menumbuhkan serta meningkatkan keimanan dengan melalui pemberian pengetahuan, penghayatan, pengamalan, dan pengamalan para siswa mengenai agama islam. Dengan demikian maka nantinya akan menjadi seorang muslim yang selalu berkembang dalam masalah keimanan, ketaqwaan, berbangsa, dan bernegara, serta untuk bisa melanjutkan dalam jenjang pendidikan selanjutnya.

Pada umumnya, tujuan pendidikan agama islam terbagi dalam: tujuan umum, tujuan sementara, tujuan, akhir dan tujuan operasional. Tujuan umum merupakan suatu tujuan yang bisa dicapai dengan seluruh kegiatan pendidikan, baik itu dengan pengajaran ataupun dengan cara lainnya.

Tujuan sementara merupakan tujuan yang bisa dicapai setelah siswa mendapat pengalaman tertentu yang telah direncanakan pada sebuah kurikulum. Sedangkan tujuan akhir merupakan tujuan yang dikehendaki supaya siswa siswi nantinya bisa menjadi manusia yang sempurna (insane kamil). Dan untuk tujuan operasional merupakan suatu tujuan praktis yang bisa dicapai dengan melakukan kegiatan pendidikan tertentu.

Fungsi Pendidikan Agama Islam

Fungsi Pendidikan Agama Islam

Leave a Reply

Your email address will not be published.