Soal Agama Islam Kelas 7 Semester 1 Dan 2

Posted on

Download Soal Agama Islam Kelas 7 –  Pendidikan Agama  menjadi salah satu mata pelajaran yang wajib di ajarkan di jenjang Sekolah Menengah Pertama mulai dari kurikulum terdahulu sampai dengan kurikulum saat ini, yaitu kurikulum 2013 atau yang sering disebut sebagai K-13.



Pendidikan Agama merupakan pelajaran yang memiliki tujuan untuk membentuk karakter peserta didik sehingga lebih bertakwa kepada Tuhannya. Selain itu, Pendidikan Agama juga akan mengarahkan karakter peserta didik agar menjadi lebih baik. Perlu diketahui bahwa ada 6 agama yang telah diakui di negara Indonesia, yaitu Agama Islam, Protestan, Katolik, Budha, Hindu, dan Konghucu.

Namun dari beberapa agama tersebut, yang akan kami bahas pada kesempatan kali ini hanyalah Agama Islam. Kami disini juga akan memberikan beberapa contoh soal Agama Islam Kelas 7 untuk semester 1 dan 2 yang bisa Anda jadikan sebagai contoh ataupun referensi. Untuk lebih jelasnya mari simak terlebih dahulu pembahasan mengenai agama islam kelas 7 berikut ini.

Baca juga: Download Soal Matematika Kelas 7 Semester 1

Pendidikan Agama Islam Kelas 7 SMP Kurikulum 2013

Pendidikan Agama Islam sudah pasti hanya diperuntukkan untuk peserta didik yang menganut agama islam. Dengan mempelajari agama islam,  maka nantinya peserta didik diharapkan mampu menjadi seseorang yang beriman, bertakwa, dan berkarakter serta mempunyai nilai akademik agama yang baik.

Disamping itu, Pendidikan Agama Islam juga merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan sejak dulu oleh para Nabi, yang dimana mengajarkan banyak hal tentang kebaikan seperti membaca Al-Quran dan memahami isinya untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, agama ini sangat penting untuk dipelajari dalam kehidupan sehari-hari terutama untuk para peserta didik.



Contoh Soal Agama Islam Kelas 7 Semester 1 dan 2

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa dengan andanya Pendidikan Agama Islam, diharapkan mampu menciptakan peserta didik yang beriman dan memiliki ilmu akademik agama yang baik. Nah, untuk melatih pengetahuan akademik Pendidikan Agama Islam, berikut ini kami akan berikan contoh soal agama islam kelas 7 SMP semester 1 dan 2 dalam bentuk pilihan ganda yang sudah dilengkapi kunci jawaban dengan tanda cetak tebal.

Contoh soal yang kami bagikan ini juga dapat digunakan oleh Bapak dan Ibu guru yang sedang mengajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 7 SMP sebagai referensi soalnya. Contoh soal ini khusus untuk semester ganjil dan genap kelas 7 SMP kurikulum 2013 yang sudah pasti pertanyaannya membahas materi-materi dari semester ganjil genap. Berikut ini adalah contoh soal Agama Islam Kelas 7 SMP semester ganjil dan genap Kurikulum 2013:

1. Kepercayaan dengan sepenuh hati, yang diucapkan secara lisan dan dipratikkan dalam kehidupan sehari-hari, adalah arti dari ………

A. Iman

B. Islam



C. Taqwa

D. Ikhsan

Jawaban: A

2. Subhanallah, keindahan alam semesta beserta seluruh isinya. Semuanya telah dilakukan dengan sangat rinci dan bekerja sesuai dengan keinginan Tuhan tanpa memiliki tujuan yang salah. Fenomena alam tersebut merupakan sebuah bukti bahwa Allah ….

A. Maha mengetahui

B. Dengan hati-hati

C. Dengar

D. Lihat

Jawaban: A

3. Allah Maha Melihat segalanya, meski wujudnya begitu lembut baik di surga ataupun di bumi. Pernyataan tersebut merupakan makna dari sifat Allah …..

A. al-‘Alim
B. al- Khabir
C. al-Basir
D. as-Sami‘
Jawaban: C

4. Allah SWT selalu mendengar segala suara yang ada di alam semester. Pendengaran milik Allah yang Maha Tinggi tidak terbatas, tidak ada satupun suara yang akan terpisah dari telinga-nya. Pernyataan tersebut merupakan makna dari ………..

A. Al-limal
B. As-Sami‘
C. Al-basir
D. Al-Chabir
Jawaban : B

5. Segala macam aktivitas yang dilakukan oleh semua makhluk Allah baik yang terlihat ataupun tidak terlihat harus diakui oleh Allah, karena Allah mempunyai sifat …….

A. Al-limal
B. As-Sami
C. Al-basir
D. Al-Chabir
Jawaban : C

6. Silvia Hayati menemukan uang di kelas sebesar Rp 50.000. Pada saat itu dia sangat butuh uang dan ingin mengambil uang tersebut untuk digunakannya. Namun ia menyadari bahwa uang tersebut bukan miliknya, ia tak ingin menggunakan uang yang bukan milikinya karena ia percaya sepenuhnya bahwa Allah mempunyai sifat …..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *