Soal IPA Kelas 8 Semester 1 & 2 Kurikulum 2013

Posted on

Soal IPA Kelas 8 Semester 1 & 2 Kurikulum 2013 – Pada artikel kali ini gurupengajar.com ingin berbagi data untuk para guru ataupun adik-adik semua mengenai soal IPA semester 1 dan 2 untuk kelas 8 SMP Kurikulum 2013 tahun ajaran 2020/2021. Soal ini bisa digunakan untuk UAS (Ulangan Akhir Semester).



Ulangan Akhir Semester atau yang sekarang ini biasa disebut dengan Penilaian Akhir Semester merupakan kegiatan yang dibuat oleh pendidik dengan tujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik pada akhir semester. Cakupan ulangan ini meliputi seluruh indikator yang mempresentasikan KD pada semester itu sendiri.

Penilaian ataupun Ulangan Akhir Semester (PAS atau UAS) juga memiliki tujuan untuk mengetahui sejauh mana peserta didik mampu memahami pelajaran yang telah ditetapkan dalam jangka waktu yang tertentu atau semester.

Kami disini sudah menyusun berbagai soal lengkap beserta kunci jawaban PAS IPA kelas 8 SMP Semester 1 dan 2 tahun ajaran 2020-2021. Tujuannya adalah supaya bisa dijadikan sebagai fasilitas belajar bagi siswa yang sedang menempuh pendidikan di SMP/MTS yang tidak lama lagi akan mengalami PAS (Penilaian Akhir Semester).

Baca juga: Soal Pilihan Ganda Tekanan Kelas 8 SMP

Soal ini hanya digunakan untuk latihan saja, ada ataupun tidaknya soal ini dalam ujian yang sesungguhnya nanti, kami tidak bisa bertanggungjawab. Semua soal juga sudah kami lengkapi dengan kunci jawaban sehingga bisa memudahkan Anda dalam belajar.



Baca juga: Soal IPA Kelas 8 SMP Semester 2

Contoh Soal Ipa Kelas 8 SMP/MTS Semester 1 & 2 Pilihan Ganda

1.  Silvi mengamati jaringan otot dengan menggunakan mikroskop. Hasil pengamatan yang dilakukan oleh Silvi adalah sel silindris panjang, ada suatu bagian yang terlihat terang dan gelap, sehingga sel otot nampak melintang, memiliki cukup banyak nuklei. Sel-sel otot akan diamati dari jaringan.

A. Perut, usus dan dubur
B. Pronator, bisep dan trisep
C. Hati, ginjal dan jantung
D. Arteri, vena, dan aorta

Jawaban : B

2. Desvi menanam dua kacang hijau yang memiliki dua jenis sama dalam 2 buah pot yang berbeda. Ia menaruh salah satu pot (pot A) di sebuah tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.  Sedangkan untuk pot B ditempatkan pada tempat yang tidak terkenca sinar matahari sama sekali. Kedua pot tersebut disirami dengan jumlah air yang sama dan frekuensi irigasinya pun juga sama. Memasuki hari kelima Desvi langsung mengukur panjang batang pot B, yaitu sepanjang 12 cm. Sementara panjang pot A hanya 4 cm, hal ini karena……….

A. Sel punca yang terkena cahaya akan tumbuh lebih cepat jika dibandingkan dengan sel punca yang tidak terkena cahaya,  karena hormon auksin pada batang matahari dapat berfungsi secara optimal.



B. Sel punca yang terkena cahaya akan tumbuh lebih lambat jika dibandingkan dengan sel punca yang terkena cahaya, karena hormon auksin dapat bekerja secara maksimal ketika terpapar langsung dengan cahaya.

C. Sel punca yang tidak terpapar cahaya mengalami pertumbuhan yang lebih cepat jika dibandingkan dengan sel punca yang terpapar cahaya, karena hormon auksin pada balok yang terkena paparan cahaya tidak bisa berfungsi secara optimal.

D. Sel  punca yang tidak terkena cahaya akan mengalami pertumbuhan yang lebih lambat dibandingkan sel punca yang tidak terkena cahaya, karena hormon auksin pada batang tidak akan bisa berfungsi secara optimal.

Jawaban : A

3. Berikut ini yang tidak termasuk alasan yang tepat mengapa burung bisa terbang di udara adalah….

A. Memiliki lapisan air dengan bentuk sayap

B. Memiliki tubuh yang terbilang ringan dan kuat

C. Memiliki sayap berukuran pendek

D. Kekuatan ke atas dan ke bawah sangat stabil saat di udara

Jawaban : C

4. Perhatikan informasi di bawah ini!

1). Ini merupakan jaringan tanaman yang paling luar

2). Ditemukan pada akar, batang, daun, bunga, buah, dan juga biji

3). Semua sel didalamnya tersusun padat

4). Bahkan memiliiki lapisan kutikula yang berada di tengah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *