×

Soal Matematika Kelas 7 Semester 1

Posted on

Soal Matematika Kelas 7 Semester 1 – Soal matematika SMP kelas 7 semester 1 & 2 dan pembahasannya kurikulum 2013 ini berupa pilihan ganda yang dapat kita gunakan untuk latihan UKK, ulangan harian, UTS, UAS, dan materi soal. Apabila berminat Bapak / Ibu bisa mendapatkannya secara gratis dalam bentuk DOC siap edit hanya dengan klik – SIMPAN SOAL MATEMATIKA.

Selamat datang di website kami. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan contoh latihan soal ulangan semester ganjil atau UAS Matematika yang telah dilaksanakan pada awal bulan Desember tahun 2018 lalu. Bagi bapak / Ibu guru yang selalu mengikuti perkembangan update postingan terbaru dari website kami tentu anda sudah tahu berita terbaru yang kami bagikan.

Pada pembahasan sebelumnya kami telah membagikan soal-soal ulangan semester 1 ganjil mata pelajaran IPS, Seni Budaya, dan PKN kelas 7, 8, dan 9 yang bisa anda download langsung lewat menu “Kumpulan Soal Ulangan”. Sedangkan pada postingan kali ini kami akan membagikan Latihan Soal Ulangan Semester 1 pilihan ganda mata pelajaran Matematika Kelas 7. Kami nanti juga akan memberikan jawabannya.



Setelah file sudah terdownload silahkan extract here, password isikan…….., semoga anda pahami.

Baca juga : Analisis Butir Soal Pilihan Ganda

Mengingat Kembali Apa Itu KPK dan FPB

Nah sebelum akan membagikan Latihan Soal Ulangan Semester 1 pilihan ganda mata pelajaran Matematika Kelas 7, kami akan mengingatkan kembali apa itu KPK dan FPB.

Masih ingatkah anda tentang materi KPK dan FPB? Atau jangan-jangan anda sudah lupa? Nah, kini anda tidak perlu bingung lagi karena kami akan mengingatkan kembali apa itu KPK dan FPB, supaya anda bisa ingat kembali.

Pertama-tama, sebaiknya anda harus ketahui dulu apa itu kelipatan dan faktor. Kenapa? karena jika anda sudah mengetahui apa itu kelipatan dan faktor, maka materi yang akan kami sampaikan tentang KPK dan FPB ini akan menjadi lebih mudah untuk anda pahami.

  • Kelipatan

Kelipatan adalah mengalikan suatu bilangan dengan setiap bilangan asli secara berurutan. Seperti misalnya, apabila kita pilih satu bilangan, yaitu 2. Lalu angka 2 tersebut akan kita kalikan dengan bilangan asli secara berurutan, seperti :

2 x 1 = 2

2 x 2 = 4

2 x 3 = 6

2 x 4 = 8……. dst

Jadi, angka 2, 4, 6, 8 dan seterusnya adalah kelipatan dari 2.

  • Faktor

Faktor adalah bilangan-bilangan yang dapat membagi sampai habis suatu bilangan. Seperti misalnya, kita pilih satu bilangan, yaitu 10. Nah, angka 10 tersebut kira-kira bisa habis dibagi oleh angka berapa saja. Angka 10 ini dapat dibagi oleh 1, 2, 5 dan 10. Jadi, 1, 2, 5, dan 10 ini adalah faktor dari 10.

Nah, sekarang anda sudah tahu kan apa itu kelipatan dan faktor. Berikutnya, mari kita langsung membahas Kelipatan Persekutuan Kecil (KPK).

  • Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK)

KPK adalah bilangan kelipatan terkecil yang sama dari banyaknya bilangan yang dimaksud. Banyaknya bilangan yang dimaksud adalah 2 bilangan, 3 bilangan, 4 bilangan, dan seterusnya.

Contoh :

Kita akan menentukan KPK dari 2 bilangan, yakni 5 dan 6. Langkah pertama yang akan kita lakukan yaitu mencari kelipatan dari masing-masing bilangan tersebut.

5 = 5, 10, 15, 20, 25, 30,..

6 = 6, 12, 18, 24, 30,…….

Setelah itu, kita akan dapatkan kelipatan bilangan terkecil yang sama dari 5 dan 6, yakni  30. Jadi, KPK dari 5 dan 6 adalah 30.

  • Faktor Persekutuan Terbesar (FPB)

FPB adalah faktor terbesar yang sama dari banyaknya bilangan yang dimaksud. Sama seperti dengan KPK, banyaknya bilangan yang dimaksud ini adalah 2 bilangan, 3 bilangan, atau lebih.

Contoh :

Kita akan mencari nilai FPB dari 2 bilangan, yakni 12 dan 18. Langkah pertama yang akan kita lakukan yaitu mencari faktor atau bilangan yang bisa membagi habis dari masing-masing bilangan tersebut.

12 = 1, 2, 3, 4, 5, 6, 12.

18 = 1, 2, 3, 6, 9, 18.

Kemudian, kiat akan dapatkan faktor bilangan terbesar yang sama dari 12 dan 18, yaitu 6. Jadi, FPB dari 12 dan 18 adalah 6.

Nah, sekarang anda sudah dapat mengingat kembali tentang KPK dan FPB. Perlu diketahui bahwa nilai KPK dan FPB ternyata juga bisa dicari dengan cara faktor prima. Apa saja sih pengertian faktor prima? Faktor prima adalah faktor-faktor dari bilangan bulat yang hanya mempunyai dua faktor saja, yakni 1 dan bilangan itu sendiri. Berikut ini adalah langkah yang dapat anda lakukan untuk mencari nilai KPK dan FPB dengan faktor prima. Langsung saja simak ulasan dibawah ini !

  • Mencari KPK dan FPB dengan faktor prima

Kita akan mencari nilai KPK dan FPB dari dua bilangan, yakni 12 dan 18. Caranya adalah, kita buat pohon faktornya dulu seperti berikut ini :

Selanjutnya, akan didapatkan faktor prima dari masing-masing bilangan tersebut, yaitu :

12 = 2 x 2 x 3 = 2² x 3

18 = 2 x 3 x 3 = 2 x 3²

Nilai KPK dari 12 dan 18 bisa anda cari menggunakan cara berikut ini :

Sedangkan nilai FPB dari 12 dan 18 bia anda cari menggunakan cara seperti di bawah ini:

Bagaimana, sangat mudah kan? Sekarang anda sudah tahu bagaimana cara mencari nilai KPK dan FPB dari suatu bilangan. Berikutnya, supaya anda semakin mahir lagi, ayo kita latihan soal.

contoh soal FPB dan KPK

Penyelesaian:

  • Permasalahan pada soal pertama merupakan aplikasi dari materi kelipatan, Squad. Jadi, sudah pasti kita bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan cara mencari KPK nya terlebih dahulu.

Diperoleh faktor prima dari 6, 4, dan 8 adalah sebagai berikut:

6 = 2 x 3

4 = 2 x 2 = 2²

8 = 2 x 2 x 2 = 2³

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *