Soal Teks Prosedur Kelas 7 Dan Jawabannya

Posted on

Soal Teks Prosedur Kelas 7 Dan Kunci Jawaban – Ketika ingin menguji suatu instrumen maka yang biasa digunakan adalah dengan memberikan soal. Perlu diketahui bahwa ada banyak sekali jenis atau tipe soal, salah satunya HOST atau Higher Order Thinking Skills. HOST merupakan jenis soal yang dimana dalam mengerjakannya membutuhkan kemampuan analisis yang tinggi.



Soal Hots

Awal Mula Kemunculan Soal Hots

Istilah HOTS dipertama kali diperkenalkan pada tahun 1956 oleh Benjamin S. Bloom dengan melalui buku “Taksonomi Tujuan Pendidikan” (Taxonomy of Educational Objectives). Dalam buku Taksonomi Tujuan Pendidikan ini, Benjamin S. Bloom membahas mengenai tahap pembelajaran secara kognitif. Kemudian Bloom membagi tahap ini menjadi 6 tingkatan, yakni:

  • Pengetahuan
  • Pemahaman
  • Aplikasi
  • Analisis
  • Sintetis
  • Evaluasi

Klasifikasi yang telah dibuat oleh Bloom ini kemudian direvisi kembali oleh David Reading Krathwohl dan Lorin W. Anderson pada tahun 2000 yang lali. Setelah dilakukan revisi, Taknonomi Bloom mengalami banyak perubahan dan berbeda. Pada Taksonomi Bloom, pengetahuan merupakan tingkat paling rendah dalam pembelajaran kognitif.

Akan tetapi, setelah dilakukan revisi maka mengalami perubahan menjadi:

  • Mengingat atau Remember
  • Memahami atau Understanding
  • Menerapkan atau Apply
  • Analisis atau Analyze
  • Evaluasi atau Evaluate
  • Menciptakan atau Creating

Lantas apa hubungannya dengan soal HOTS? Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) yang berhubungan dengan Taksonomi Bloom tergolong dalam tingkatan analisis (analyze).

Soal Hots



Adapun beberapa soal yang tidak tergolong dalam tingkatan analisis ke atas selanjutnya disebut sebagai soal LOTS (Lower Order Thingking Skills). Hal ini berarti bahwa soal-soal yang tergolong dalam kategori soal LOTS lebih cenderung memiliki sifat menggali kemampuan dalam mengingat, memahami, dan melaksanakan.

Sementara itu, soal-soal yang tergolong dalam kategori soal HOTS akan menggali kemampuan dalam melakukan analisis, evaluasi, dan penciptaan dari seorang peserta didik.

Penting untuk diketahui bahwa dalam penyusunan soal berdasarkan Taksonomi Bloom, selain dibedakan menjadi 2 macam kategori seperti HOTS (Higher Order Thinking Skills) dan LOTS (Lower Order Thingking Skills).  Masing-masing tingkatan dari Taksonomi Bloom ini juga mempunyai karakteristiknya tersendiri.

Dengan begitu, ada  soal khusus yang digunakan untuk menguji kemampuan dalam mengingat, ada soal khusus yang digunakan untuk menguji kemampuan dalam memahami, ada juga soal khusus yang menguji kemampuan dalam analisis, dan seterusnya.

Tujuan Pembuatan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills)

Tujuan Pembuatan Soal HOTS

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa soal HOST diciptakan karena memiliki tujuan utama untuk menguji kemampuan yang dimiliki oleh seorang siswa mulai dari tingkat analisis hingga menciptakan.



Lalu mengapa kemampuan dari tingkat analisis dan lainnya ini cukup penting? Hal ini karena di era globalisasi seperti saat ini sekat-sekoat dunia hampir tidak ada lagi, bahkan dalam konteks pekerjaan beberapa orang yang berasal dari beberapa negara kemungkinan besar bisa menjadi pesaing kita.

Karena merupakan salah satu negara yang termasuk negara berkembang, Indonesia diharuskan untuk meningkatkan kualitas SDM. Tujuannya adalah supaya dalam persaingan secara global, Indonesia tidak akan semakin tertinggal. Maka dari itu, setiap individu setidaknya memiliki kemampuan kognitif yang baik dalam melakukan analisis, evaluasi, dan menciptakan berbagai hal-hal baru.

Karakteristik Soal HOTS

Tujuan Pembuatan Soal HOTS

Sebagian besar orang berpikir bahwa soal HOTS jauh lebih sulit jika dibandingkan dengan soal LOTS. Sebenarnya hal ini tidak selalu benar, karena tergantung dari apa yang ditanyakan soal itu sendiri. Tidak selamanya soal LOTS itu mudah dan soal HOTS itu sulit dikerjakan, karena keduanya memang mempunyai karakteristik yang tidak sama.

Pada dasarnya soal LOTS merupakan tipe soal yang dimana karakteristik pengerjaan lebih mengutamakan kemampuan dalam menghafal dari seorang siswa. Sementara untuk soal HOTS merupakan tipe soal yang memiliki karakteristik yang lebih mengandalkan kemampuan berpikir secara kritis dari seorang siswa.

Penjelasan mengapa pengerjaan soal HOTS itu dianggap jauh lebih susah pada intinya adalah karena kebiasaan yang sudah ada selama ini. Kebiasaan tersebut adalah sebagian besar dari kita sudah sering mengerjakan soal-soal yang bertipe HOTS baik itu saat masih berada dalam jenjang SD (Sekolah Dasar), SMP (Sekolah Menengah Pertama), SMA (Sekolah Menengah Atas), maupun perguruan tinggi. Maka tak heran, saat mengerjakan soal HOTS untuk pertamakali kebanyakan dari kita akan mengatakan bahwa soal HOTS sangat susah.

Contoh Soal Dan Kunci Jawaban Pilihan Ganda

Soal Teks Prosedur Kelas 7 Dan Jawabannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *