Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 7 K13 Revisi 2017


Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 7 K13 Revisi 2017 – Pendidikan Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang seringkali di praktekan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini karena pendidikan Bahasa Indonesia sangat penting untuk pergaulan.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan bagikan soal bahasa Indonesia kelas 7 Semester 1 dan 2 Untuk SMP atau MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017. Keberadaan soal ini memiliki untuk membantu siswa siswi kelas 7 SMP dalam mempersiapkan diri menghadapi UAS mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Kami berharap bahwa contoh soal ini nantinya dapat dijadikan sebagai sarana belajar yang paling tepat dalam pemantapan diri menjelang Ujian Akhir Semester pada tahun ini.

Baca juga: Download Soal PAI Kelas 7 Semester 1 Dan 2

Tujuan Penilaian atau Ulangan Akhir Semester (PAS atau UAS)

PAS (Penilaian Akhir Semester) atau yang sebelumnya biasa disebut dengan UAS (Ulangan Akhir Semester) adalah kegiatan penilaian yang biasa dilaksanakan pada akhir semester sesuai dengan kalender pendidikan Indonesia. Tujuan dilaksanakannnya kegiatan UAS atau PAS adalah untuk menguji kemampuan siswa yang sebelumnya sudah mendapat pembelajaran selama satu semester. Secara umum kegiatan ini memiliki tujuan untuk :

  • Mengukur sejauhmana kemampuan siswa dalam menyelesaikan berbagai soal
  • Mengetahui kemampuan siswa dalam mengenal fakta, konsep dan skill untuk mengatasi masalah, baik yang berkaitan dengan mata pelajaran maupun masalah yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari
  • Mengetahui pemahaman siswa secara individu maupun kelompok untuk setiap mata pelajaran
  • Untuk mengetahui hasil mata pelajaran secara menyeluruh selama satu semester untuk melakukan langkah kegiatan pembelajaran selanjutnya
  • Untuk mengetahui perkembangan kemajuan siswa

Siswa yang berhasil mendapat nilai PAS atau UAS sesuai dengan standar KKM atau KBM yang telah ditetapkan oleh waka kurikulum dan dewan guru maka bisa dipastikan bahwa siswa tersebut sudah memahami materi yang telah diberikan oleh Bapak atau Ibu guru. Namun, jika nilai siswa kurang dari KKM maka siswa tersebut diharuskan untuk melakukan program remidial.

Disamping itu, PAS juga menjadi sarana evaluasi belajar bagi siswa siswa yang dilaksanakan pada akhir semester. Sehingga keberadaannya sudah pasti penting karena kontribusi atau sumbangannya sangat menentukan siswa untuk naik kelas menuju ke jenjang selanjutnya, yaitu kelas 8.

Belajar dengan baik dan rutin merupakan hal pokok yang wajib  dilaksanakan oleh peserta didik dengan penuh rasa tanggungjawab mengingat belajar sudah menjadi tugas yang paling utama bagi seorang siswa.

Soal UAS/PAS Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTS Kurikulum 2013

Selanjutnya kami gurupengajar.com akan memberikan contoh soal UAS/PAS Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017. Perlu diketahui bahwa siswa siswi kelas 7 sangat disarankan untuk memakai contoh soal yang kami share berikut ini untuk dijadikan sebagai salah satu referensi belajar. Hal tersebut karena contoh soal UAS atau PAS ini merupakan contoh soal yang secara faktual sudah diujikan pada tahun sebelumnya. Jadi, siswa siswi kelas 7 bisa memanfaatkannya dengan bijak dan proporsional.

Pada umumnya, soal yang digunakan untuk tahun selanjutnya tidak jauh berbeda dengan format soal yang sudah pernah diujikan pada tahun sebelumnya. Dengan demikian siswa siswa kelas 7 diharapkan dapat memaksimalkan contoh soal UAS PAS Mata Pelajaran Bahasa Indonesia yang dibagikan kali ini.

Berikut ini adalah contoh soal pilihan ganda Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 tentang teks deskripsi yang sudah di revisi 2017.

1. Ade Rai adalah seorang atlet binaraga Indonesia yang memiliki nama lengkap I Gusti Agung Kusuma Yudha Rai. Pria berdarah Bali ini sudah pernah mendapat banyak prestasi nasional dan internasional selama menitih karier sebagai binaragawan. Beberapa prestasi yang sudah pernah diraih oleh Ader Radi adalah National Champion pada tahun 1994, 1995, 1996, 1997, 1998, dan 1999. Mr Asia pada tahun 1995 dan 1998, Asian Pro-Am Classic Winner 1996, dan juga Musclmeania Overal Winner 1996 Life Time Drug Body Builder. Tokoh yang diceritakan dalam teks tersebut, berprofesi dalam bidang …..

A. Politik
B. Kesehatan
C. Olahrga
D. Sosial

2. Pria berdarah Bali ini sudah pernah mendapat banyak prestasi nasional dan internasional selama menitih karier sebagai binaragawan. Makna dari kata berdarah pada teks tersebut adalah …..

A. Keluar Darah
B. Keturunan
C. Serumpun
D. Campuran

3. Nama lengkapnya W.S Rendra, lahir di kota Solo pada tanggal 9 November 1935. Kegiatan seninya adalah membuat cerpen, sajak, drama, kritik, dan esai di berbagai majalah seperti kisah budaya, basis, dan lain sebagainya. Bahkan beliau juga mahir dalam membaca puisi, bermain drama, dan juga sudah pernah menjadi sutradara film. Tokoh tersebut bekerja dalam bidang ……

A. Seni
B. Budaya
C. Lingkungan
D. Pendidikan

4. Setiap harinya ayah membanting tulang untuk menghidupi anaknya yang berjumlah enam orang. Makna ungkapan Membanting Tulang yaitu ……….

A. Membanting-banting tulang
B. Ganda
C. Bersungguh-sungguh
D. Bekerja keras

5. Simak kutipan memo berikut ini! Tolong sampaikan informasi kepada seluruh wali kelas bahwa nilai siswa harus dikontrol secara ketat. Penggalan memo tersebut terletak pada bagian …..

A. Kop
B. Pemberi perintah
C. Isi
D. Penutup

6. Ninin pergi ke rumah Siska untuk mengajak belajar kelompok di rumah Yuli pada pukul 17.00. Namun ternyata Siska sedang keluar rumah, maka Ninin meninggalkan pesan untuk Siska pada selembar kertas. Pesan yang tepat berdasarkan ilustrasi di atas adalah …….

A. Siska, saya tunggu belajar kelompok di rumah Yuli pukul 17.00
B. Siska, mengapa tidak rumah, saya ingin mengajakmu belajar kelompok di rumah Yuli pukul 17.00
C. Siska, ayo pergi ke rumah Yuli untuk belajar kelompok pukul 17.00
D. Siska, seharusnya kita belajar kelompok di rumah Yuli pukul 17.000

7. Sebuah karya sastra yang biasa ditulis menggunakan pilihan kata atau diksi yang untuk mengekspresikan perasaan disebut dengan …….

A. Novel
B. Puisi
C. Cerita Picisan
D. Cerpen

8. Kegiatan wawancara dapat kita saksikan atau dengar secara langsung dari ……..

A. Televisi atau internet
B. Majalah
C. Koran
D. Televisi atau radio

9. Pada jaman dahulu ada seorang pangeran yang memiliki julukan Pangeran Remeh karena ia suka memerhatikan berbagai hal kecil yang dianggap remeh oleh orang lain. Semua kakaknya bahkan juga sering meremehkannya. Unsur cerita yang ada pada penggalan cerita diatas adalah …..

A. Tema dan tokoh
B. Tokoh dan amanat
C. Tokoh dan latar
D. Tema dan akur

10. Gadis itu sudah duduk di bangku halte bus selama satu jam lebih. Tiap kali ia menoleh kearah jalan kedatangan bus. Tetapi ketika bus sudah lewat dan berhenti di halte tersebut, ia tetap berada di tempat duduknya. Ia terlihat sangat gelisah, menutupi kegelisahannya dengan mengambil sebuah buku yang ada di dalam tasnya. Ia hanya membolak-balikan buku tersebut halaman demi halaman, namun tidak membacanya. Perasaan yang sedang dialami oleh tokoh dalam cerita tersebut adalah ….

A. Takut
B. Kecewa
C. Gelisah
D. Merana

Itulah contoh soal UAS Bahasa Indonesia kelas 7 yang bisa dijadikan sebagai referensi. Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkan contoh soal dan kunci jawaban UAS (Ujian Akhir Sekolah) Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP secara lengkap maka Anda bisa unduh disini.

Format file yang kami bagikan berikut ini adalah format DOC atau Microsoft Word sehingga bisa langsung di download dengan mudah. Untuk mendapatkan file contoh soalnya secara gratis langsung saja klik link di bawah ini.

Semester 1

  • Soal UAS Bahasa Indonesia (1) : Download
  • Kunci Jawaban Soal UAS Bahasa Indonesia (1) : Download
  • Soal UAS Bahasa Indonesia (2) : Download
  • Kunci Jawaban Soal UAS Bahasa Indonesia (2) : Download

Semester 2

  • Soal Dan Kunci Jawaban Soal UAS Bahasa Indonesia : Download

Baca juga: Download Soal Matematika Kelas 7 Semester 1

Demikian pembahasan mengenai Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2017 yang sudah kami lengkapi beserta filenya.

File tersebut juga sudah dilengkapi dengan kunci jawaban sehingga lebih mudah untuk dipahami.

Semoga apa yang telah kami share kali ini bisa bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *