Soal UKG SD Kelas Tinggi 2017

Soal UKG SD Kelas Tinggi – Pada kesempatan kali ini kami akan bagikan latihan soal-soal UKG atau UTN untuk SD kelas tinggi terbaru tahun 2017. Soal dan latihan yang kami bagikan ini sudah disesuaikan dengan kisi-kisi UTN tahun 2017.

Kami pun berharap Bapak / Ibu guru yang akan mengikuti kegiatan PLPG 2017 bisa sedikit terbantuk dengan adanya soal-soal latihan ukg ini.

Kumpulan soal UKG yang sudah dilengkapi dengan kunci  jawaban dan pembahasaannya ini bisa digunakan guru SD kelas tinggi untuk latihan UKG 2017.

Mata pelajaran Uji Kompetensi Guru atau UKG tahun 2017 untuk guru Sekolah Dasar (SD) ada tiga, yakni guru SD kelas rendah, guru SD kelas tinggi, dan guru Penjaskes SD. Guru SD kelas 1, 2, dan 3 akan mengikuti dengan mata pelajaran guru kelas rendah SD.

Sedangkan untuk guru SD kelas 4, 5, dan 6 akan mengikuti UKG dengan mata pelajaran guru kelas tinggi SD. Sementara guru penjaskes mata pelajaran UKG-nya Penjaskes SD.

Baca juga : Analisis Butir Soal Pilihan Ganda

Pada UKG 2017 terdapat 2 materi yang akan diujikan, yakni kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Kompetensi pedagogik adalah salah satu jenis kompetensi yang mutlak wajib dikuasai oleh guru, terutama guru SD.

Sementara itu, kompetensi profesional adalah bidang studi yang akan diujikan sesuai dengan bidang studi sertifikasi sedangkan bagi guru yang masih belum sertifikasi disesuaikan dengan kualifikasi akademik guru.

Cara terbaik mempersiapkan diri bagi guru SD kelas tinggi  ketika akan menghadapi UKG 2017 adalah dengan banyak berlatih mengerjakan soal-soal UKG tahun lalu ataupun soal prediksi UKG yang dilengkapi kunci jawaban. Apabila dicermati dengan seksama, kisi-kisi materi UK 2017 mata pelajaran guru SD kelas rendah dan mata pelajaran guru kelas tinggi SD hampir sama.

Berikut ini adalah prediksi soal latihan UKG SD kelas tinggi PLPG yang dapat kami bagikan file nya melalui tautan yang telah disematkan dibawah dan juga kamu tuliskan langsung.

Prediksi soal ukg 2017 kelas tinggi sd – Download disini

Pilihlah Dengan Jawaban Yang Benar Dengan Memberi Tanda Silang (X) Pada Huruf A, B, C atau D !

1) Kemampuan bahasa anak sudah mulai berkembang, pemikiran masih statis, masih belum bisa berfikir abstrak, dan kemampuan persepsi waktu dan ruang masih terbatas merupakan perkembangan anak pada tahap……………

  1. Tahap sensorimotorik
  2. Tahap praoperasional
  3. Tahap operasional konkrit
  4. Tahap operasional konkrit

2) Seorang anak dengan kemampuan menggunakan kata secara efektif baik itu secara lisan (pendongeng, orator, penerjemah, dsb), ataupun secara tertulis / tulisan (sastrawan, penulis skenario drama atau film, fonologi atau bunyi bahasa, semantik atau makna bahasa, dimensi pragmatik atau penggunaan praktis bahasa) menurut Howard Gardner anak ini memiliki kecerdasan…

  1. Kecerdasan Bahasa atau linguistic
  2. Kecerdasan Logikan Matematika atau logic-mathematical
  3. Kecerdasan Ruang atau spatial
  4. Kecerdasan Gerak Tubuh

3)  Untuk dapat mengetahui kemampuan awal peserta didik, seorang guru dapat melakukan….

  1. Pengayaan materi pelajaran
  2. Refleksi
  3. Latar belakang peserta didik
  4. Tes awal (pre-test)

4) Dalam mengidentifikasi kasus kesulitan saat belajar, bisa dilakukan dengan metode criterion refererenced. Yang tidak termasuk tahap metode criterion referenced adalah………

  1. Menetapkan angka nilai kualitatif minimal yang bisa diterima, misalnya saa 5,0 atau 6,0.
  2. Membandingkan prestasi antar siswa dengan angka nilai batas lulus tersebut. Secara teoris, siswa yang angka nilai prestasinya berada di bawah lulus sudah dapat diduga sebagai siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar.
  3. Menganalisis kemampuan peserta didik
  4. Menghimpun siswa yang diduga mengalami kesulitan dalam belajar dan mencari siswa yang mengalami gejala terparah (yang nilainya berada cukup jauh dibawah siswa penderita kesulitan belajar lainnya)

5. Dalam kompentensi pedagogik seorang pendidik menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. Dalam prinsip pembelajaran yang mendidik seorang pendidik harus ….

  1. Melaksanakan Kegiatan Pembelajaran sesuai dengan jadwal
  2. Menerapkan berbagai pendekatan, stratei, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
  3. Menggunakan stratei pembelajaran
  4. Hanya menggunakan teknik pembelajaran

6) Salah satu unsur dari strategi pembelajaran yaitu Mengidentifikasi dan menetapkan spesifikasi dan kualifikasi hasil (out put) dan sasaran (target) yang wajib dicapai, dengan memperhatikan aspirasi dan selera masyarakat yang membutuhkannya. Newman dan  Logan (Abin Syamsuddin Makmun, 2003). Penerapan dari unsur strategi di atas dalam konteks pembelajaran adalah …

  1. Menetapkan spesifikasi dan kualifikasi tujuan pembelajaran yaitu perubahan profil perilaku dan pribadi peserta didik.
  2. Mempertimbangkan dan memilih sistem pendekatan pembelajaran yang dipandang lebih efektif.
  3. Mempertimbangkan dan menetapkan langkah-langkah atau prosedur, metode dan teknik pembelajaran.
  4. Menetapkan norma-norma dan batas minimum untuk ukuran keberhasilan atau kriteria dan ukuran baku keberhasilan.

7) Yang harus ditekankan di dalam strategi pembelajaan interaktif yaitu…

  1. Membangun inisiatif individu, kemandirian, dan peningkatan diri
  2. Diskusi dan sharing diantara siswa
  3. Pembelajaran didominasi arahan dari pendidik
  4. Proses penyampaian materi secara verbal

8) Pada Kurikulum 2013, penyusunan kurikulum dimulai dengan menetapkan SKL yang berdasarkan kesiapan peserta didik, tujuan pendidikan nasional, dan kebutuhan. Setelah kompentasi sudah ditetapkan, selanjutnya ditentukan kurikulumnya yang terdiri dari kerangka dasar kurikulum dan struktur kurikulum. Ada beberapa faktor yang perlu dikembangkan antara lain….

  1. Tantangan internal dan Eksternal
  2. Responsibility
  3. Reinforced
  4. Enriched

9) Kurikulum 2013, proses pembelajaran akan menggunakan pendekatan saitifik, artinya adalah………

  1. Kurikulum harus mengandung hal-hal baru sehingga dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan setiap potensi yang dimilikinya
  2. Menyeleksi nilai dan budaya, mana yang harus dipertahankan, dan mana yang harus dimiliki oleh peserta didik
  3. Pembelajaran yang mendorong peserta didik lebih mampu dalam mangamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan
  4. Mengembangkan Kompetensi Dasa berdasarkan pada prinsip akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar mata pelajaran

10) Pengembangan kurikulum pemangku kepentingan (sttka dilakukan dengan melibatkan pemangku (stakeholders) untuk dapat menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, seperti kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha atau industri dan dunia kerja. Pernyataan tersebut sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :

  1. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
  2. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
  3. Menyeluruh dan berkesinambungan
  4. Beragam dan terpadu

Baca juga : Soal Matematika Kelas 3 SD

11) Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa siswa mempunyai posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya supaya menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pernyataan tersebut sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum……..

  1. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
  2. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
  3. Menyeluruh dan berkesinambungan
  4. Beragam dan terpadu

12. Upaya guru dalam memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk merefleksikan pengalaman belajar yang sudah dialami yang paling optimal adalah dengan cara….

  1. Guru memberikan tes atau pekerjaan rumah kepada siswa setiap akhir pelajaran
  2. Guru menggunakan pertanyaan terarah ataupun pertanyaan yang bersifat penelusuran ketika pembelajaran berlangsung
  3. Guru mewawancarai setiap siswa tentang capaian atau masalah belajar yang dihadapi oleh siswa dalam belajar
  4. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam belajar.

Leave a Comment