Download Soal USBN TIK SMP 2020 DOC-PDF

Posted on

Download Soal USBN TIK SMP 2020-2021 –  Menjelang kelulusan sekolah biasanya siswa akan dihadapkan dengan banyak ujian. Namun ujian akhir yang akan dihadapi siswa SMP kelas 9 adalah UN atau USBN. UN sendiri merupakan Ujian Nasional yang dimana semua soalnya dibuat secara langsung oleh pemerintah.



Ada  4 mata pelajaran yang pada umumnya diujikan dalam UN atau Ujian Nasional, yaitu BI (Bahasa Indonesia), IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), BiNG (Bahasa Inggris), dan Matematika. Sedangkan USBN adalah Ujian Sekolah Berstandar Nasional, yang dimana sebagian soalnya dibuat oleh pemerintah dan sebagiannya lagi dibentuk oleh guru mata pelajaran. Dalam hal ini mata pelajaran yang di ujikan saat USBN adalah semua mata pelajaran termasuk mata pelajaran yang telah di UN-kan.

Nah, untuk membantu siswa siswi kelas 9 yang sebentar lagi akan melaksankan USBN maka pada kesempatan kali ini admin akan bagikan contoh soal UASBN TIK (TIKOM) Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020/2021. Namun sebelum bagikan soalnya, kami akan membahas terlebih dahulu mengenai mapel TIK. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Baca juga: Download Kisi Kisi Soal UN SD 2022

TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) SMP/MTS

Teknologi Informasi dan Komunikasi atau yang biasa disebut dengan TIK merupakan mata pelajaran yang memuat semua teknologi terutama yang berkaitan dengan penanganan informasi. Adapun penanganan ini biasanya mencakup pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan juga penyajian informasi.

Dilihat dari susunan katanya, teknologi informasi dan komunikasi atau TIK ini terdiri dari 3 kata yang dimana setiap kata memiliki arti tersendiri. Kata yang pertama, yaitu teknologi memiliki arti pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang dapat membantu manusia untuk mengatasi masalahnya. Penggunaan istilah teknologi seringkali untuk menggambarkan penemuan berbagai alat baru yang menerapkan prinsip dan proses penemuan saintifik.



Kata yang kedua dan ketiga, yaitu informasi dan komunikasi memiliki hubungan yang erat dengan data. Informasi  memiliki arti hasil pemrosesan, manipulasi dan pengorganisasian sekelompok data yang dapat menambah pengetahuan (knowledge) untuk para penggunanya. Sedangkan komunikasi sendiri merupakan suatu proses untuk menyampaikan informasi berupa pesan, ide atau gagasan dari satu pihak ke pihak yang lainnya supaya terjadi hubungan yang saling mempengaruhi diantara keduanya.

Dari penjelasan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa teknologi informasi dan komunikasi merupakan hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dan proses untuk menyampaikan pesan, ide, atau gagasan dari satu pihak ke pihak yang lainnya sehingga akan jauh lebih cepat, lebih luas sebarannya, serta lebih lama penyimpanannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.