Soal UTS Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Posted on

Soal UTS Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 – Kali ini kami akan bagikan soal PTS /UTS Kelas 6 Sekolah Dasar Kurikulum 2018 lengkap untuk semester 1 dan 2 yang dapat Bapak/Ibu guru jadikan sebagai acuan dalam membuat soal pertanyaan untuk mendukung kegiatan UTS/PTS atau Ulangan Tengah Semester/Penilaian Tengah Semester pada tahun ajaran 2020/2020 sekarang ini.



Seperti yang kita ketahui bersama bahwa ada banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi mutu pembelajaran, salah satunya yaitu sistem penilaian atau assesment. Penilaian merupakan sebuah proses yang dilakukan untuk mengumpulkan informasi dengan melalui pengukuran (menafsirkan, mendiskripsikan, dan mengintepretasi hasil pengukuran). Sementara evaluasi adalah proses yang dilakukan untuk mengambil keputusan sesuai dengan hasil penilaian.

Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 mengenai Standar Nasional Pendidikan menyebutkan bahwa penilaian dalam jenjang sekolah dasar dan menengah terbagi menjadi 3 macam bentuk, yaitu:

  1. Penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh pendidik atau guru;
  2. Penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh satuan pendidikan;
  3. Penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh pemerintah.

Sementara itu, dalam Permendikbud Nomor 53 tahun 2015 dijelaskan bahwa penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh pendidik atau guru merupakan sebuah proses untuk mengumpulkan bukti atau informasi mengenai capaian pembelajaran siswa dalam kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial, kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan yang dilaksanakan secara sistematis selama dalam proses pembelajaran.

Penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh guru bisa dilakukan melalui observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, ujian, memberikan tugas, praktik secara langsung, project, dan juga portofolio yang disesuaikan dengan karakteristik kompetensi. Padaumumnya, penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh guru dilakukan untuk dapat memenuhi fungsi formatif dan sumatif dalam penilaian.

Penilaian formatif memiliki tujuan untuk mendapatkan informasi tentang masalah kekuatan dan kekurangan dalam proses pembelajaran yang sudah dilakukan. Dengan adanya informasi tersebut maka nantinya dapat digunakan untuk melakukan perubahan, perbaikan, dan modifikasi kegiatan pembelajaran sehingga lebih efektif dan mampu meningkatkan kompetensi siswa.



Sementara untuk hasil penilaian sumatif dapat digunakan untuk mengambil keputusan apakan seorang siswa nantinya bisa terus melanjutkan atau tidak bisa melanjutkan ke kompetensi yang selanjutnya, naik kelas ataukah tidak, lulus atau tidak lulus. Dengan begitu, penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh guru memiliki fungsi untuk memantau kemajuan belajar, memantau hasil belajar, dan juga mendeteksi kebutuhan remidial.

Baca juga: RPP Kelas 6 SD Semester 1 Dan 2 Revisi 2018

Prinsip-Prinsip Penilaian dalam Kurikulum 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published.