Soal UTS Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Soal UTS Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 – Kali ini kami akan bagikan soal PTS /UTS Kelas 6 Sekolah Dasar Kurikulum 2018 lengkap untuk semester 1 dan 2 yang dapat Bapak/Ibu guru jadikan sebagai acuan dalam membuat soal pertanyaan untuk mendukung kegiatan UTS/PTS atau Ulangan Tengah Semester/Penilaian Tengah Semester pada tahun ajaran 2020/2020 sekarang ini.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa ada banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi mutu pembelajaran, salah satunya yaitu sistem penilaian atau assesment. Penilaian merupakan sebuah proses yang dilakukan untuk mengumpulkan informasi dengan melalui pengukuran (menafsirkan, mendiskripsikan, dan mengintepretasi hasil pengukuran). Sementara evaluasi adalah proses yang dilakukan untuk mengambil keputusan sesuai dengan hasil penilaian.

Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 mengenai Standar Nasional Pendidikan menyebutkan bahwa penilaian dalam jenjang sekolah dasar dan menengah terbagi menjadi 3 macam bentuk, yaitu:

  1. Penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh pendidik atau guru;
  2. Penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh satuan pendidikan;
  3. Penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh pemerintah.

Sementara itu, dalam Permendikbud Nomor 53 tahun 2015 dijelaskan bahwa penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh pendidik atau guru merupakan sebuah proses untuk mengumpulkan bukti atau informasi mengenai capaian pembelajaran siswa dalam kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial, kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan yang dilaksanakan secara sistematis selama dalam proses pembelajaran.

Penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh guru bisa dilakukan melalui observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, ujian, memberikan tugas, praktik secara langsung, project, dan juga portofolio yang disesuaikan dengan karakteristik kompetensi. Padaumumnya, penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh guru dilakukan untuk dapat memenuhi fungsi formatif dan sumatif dalam penilaian.

Penilaian formatif memiliki tujuan untuk mendapatkan informasi tentang masalah kekuatan dan kekurangan dalam proses pembelajaran yang sudah dilakukan. Dengan adanya informasi tersebut maka nantinya dapat digunakan untuk melakukan perubahan, perbaikan, dan modifikasi kegiatan pembelajaran sehingga lebih efektif dan mampu meningkatkan kompetensi siswa.

Sementara untuk hasil penilaian sumatif dapat digunakan untuk mengambil keputusan apakan seorang siswa nantinya bisa terus melanjutkan atau tidak bisa melanjutkan ke kompetensi yang selanjutnya, naik kelas ataukah tidak, lulus atau tidak lulus. Dengan begitu, penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh guru memiliki fungsi untuk memantau kemajuan belajar, memantau hasil belajar, dan juga mendeteksi kebutuhan remidial.

Baca juga: RPP Kelas 6 SD Semester 1 Dan 2 Revisi 2018

Prinsip-Prinsip Penilaian dalam Kurikulum 2013

Penilaian pendidikan dalam K13 merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi yang digunakan untuk mengukur pencapaian hasil belajar siswa yang meliputi berbagai macam bentuk penilaian, yaitu penilaian otenik, penilaian diri, penilaian projek, ulangan, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, ujian tingkat kompetensi, ujian mutu tingkat kompetensi, ujian nasional, dan juga ujian sekolah.

Penilaian hasil belajar ini harus dilaksanakan dengan menggunakan beberapa prinsip penilaian sebagai berikut ini:

  1. Sahih, berarti penilaian sesuai dengan data yang menunjukkan kemampuan yang sedang diukur.
  2. Objektif, berarti penilaian sesuai dengan prosedur dan kriteria yang jelas, tidak dapat dipengaruhi oleh subjektivitas penilaian.
  3. Adil, berarti penilaian yang dilakukan tidak menguntungkan atau justru merugikan siswa.
  4. Terpadu, penilaian yang dilakukan oleh pendidik menjadi sebuah komponen yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran.
  5. Terbuka, berarti prosedur penilaian, kriteria penilaian, dan dasar pengambilan keputusan bisa diketahui oleh berbagai pihak yang bersangkutan.
  6. Menyeluruh atau holistik dan berkesinambungan, berarti penilaian yang meliputi seluruh aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai macam teknik penilaian yang sesuai untuk melihat perkembangan kemampuan yang dimiliki peserta didik.
  7. Sistematis, berarti penilaian harus dilakukan secara berencana dan bertahap namun tetap mengikuti langkah-langkah yang baku.
  8. Beracuan kriteria, berarti penilaian sesuai dengan ukuran pencapaian kompetensi yang sudah ditetapkan.
  9. Akuntabel, berarti penilaian benar-benar bisa dipertanggungjawabkan, baik itu dari segi teknik, prosedur ataupun hasil akhirnya.

Baca juga: RPP Matematika Kelas 6 SD Kurikulum 2013

Ulangan Tengah Semester (UTS)

Setiap satuan pendidikan, selain diharuskan untuk melakukan perencanaan dan proses pembelajaran, juga diwajibkan untuk menilai hasil pembelajaran sebagai salah satu upaya untuk dapat terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien.

Adapun salah satu bentuk penilaian tersebut adalah Ulangan Tengah Semester (UTS) atau yang sekarang ini disebut dengan Penilaian Tengah Semester (PTS). Penilaian Tengah Semester adalah salah satu bentuk evaluasi belajar yang dimana materi soalnya diambil langsung dari setengah materi selama satu semester.  PTS digunakan sebagai penilaian hasil belajar selain bentuk penilaian yang lainnya seperti Penilaian Ulangan Harian, Penilaian Tugas, dan Penilaian Akhir Semester.

Di setiap sekolah ataupun satuan pendidikan, UTS pastinya sering dilaksanakan sesuai dengan jadwal pada kalender pendidikan sesuai tahun baru. Dalam penyusunan soal PTS/UTS kelas 6 SD baik itu untuk semester 1 ataupun semester 2, guru wajib memasukkan unsur HOTS (High Order Thinking Skill), PPK, Literasi, dan 4 C.

Baca juga: Soal Tematik Kelas 6 SD Semester 1 Dan Semester 2

Contoh Soal UTS Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Revisi 2018

Selanjutnya kami akan bagikan contoh soal UTS Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Revisi 2018 dalam bentuk pilihan ganda, sehingga cocok sekali jika digunakan sebagai latihan soal untuk menghadapi Ulangan Tengah Semester (UTS) yang sesungguhnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak beberapa contoh soal di bawah ini.

1. Kegiatan yang umumnya dilakukan ketika malam hari untuk menjaga keamanan kampung adalah ….

a. Ronda malam

b. Begadang

c. Belajar

d. Sahur

2. Berikut ini adalah contoh sikap yang menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan rumah adalah ……

a. Selalu membuang sampah disungai

b. Melakukan penebangan pohon disekitar rumah

c. Membuang sampah ditempatnya

d. Menebang pohon secara sembarangan

3. Salah satu hak yang dimiliki oleh setiap warga negara adalah mendapat perlindungan hukum, hal ini tertulis dalam UUD 1945 pasal ….

a. 27 ayat 1
b. 27 ayat 2
c. 27 ayat 3
d. 27 ayat 4

4. Berikut ini yang merupakan tanda masa puber dari anak perempuan terkecuali ……..

a. Mengalami menstruasi

b. Mulai tumbuhnya payudara

c. Mengalami mimpi basah

d. Tumbuhnya rambut yang berada disekitar kemaluan dan ketiak

5. Berikut ini yang merupakan tanda masa puber dari anak laki-laki yaitu …….

a. Mengalami menstruasi

b. Mengalami mimpi basah

c. Mulai tumbuhnya payudara

d. Suara tiba-tiba menjadi halus

6. Umumnya masa awal pubertas dimulai saat berusia ……. tahun.

a. 7 sampai 8 tahun

b. 10 sampai 11 tahun

c. 13 sampai 14 tahun

d. 16 sampai 17 tahun

7. Sperma yang keluar secara tanpa disadari ketika sedang tidur disebut dengan ……

a. Ngompol

b. Mimpi kencing

c. Mimpi basah

d. Mimpi bertemu teman

8. Berikut ini adalah anggota negara yang bergabung dalam ASEAN, kecuali …….

a. Indonesia

b. Mesir

c. Myanmar

d. Philipina

9. Negara yang memililiki ukuran luas sangat kecil jika dibandingkan dengan negara yang lainnya adalah ……

a. Malaysia

b.Vietnam

c. Singapura

d. Laos

10. Berikut ini yang merupakan tujuan negara sesuai dengan pembukaan UUD 1945 adalah …

a. Melindungi segenap bangsa dan negara
b. Memajukan kesejahteraan umum
c. Mencerdaskan kehidupan bangsa
d. Memicu keributan

Baca juga: Contoh SK Tim Literasi SD SMP SMA

Download Soal UTS Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Revisi 2018

Untuk lebih lengkapnya kami akan share file soal UTS/PTS Kelas 6 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Revisi 2018. Soal yang kami bagikan di bawah ini adalah sekumpulan dari butir-butir tes yang disusun sesuai dengan sub tema pada pembelajaran tematik yang telah dikatalogkan untuk mencapai jumlah yang tertentu sesuai dengan isi dan karakteristik butir. Soal-soal berikut ini disusun sesuai dengan karakteristik materi, tingkat kesulitan, dan juga kesesuaian materi yang diajarkan pada siswa.

Sedangkan formatnya adalah dalam bentuk file Microsoft Word atau Doc sehingga akan memudahkan Bapak/Ibu untuk melakukan pengeditan dan mengembangkan butir-butir soal. Soal ini kami dapatkan dari berbagai sumber dan kami bagikan secara khusus untuk evaluasi Ulangan Tengah Semester, dimana didalamnya terdiri dari berbagai materi pokok sesuai yang sudah diajarkan dan juga berdasarkan RPP yang kami bagikan di website ini juga.

Dalam file soal ini ada mata pelajaran Bahasa Indonesia, PPKN, Matematika, SBDP, PJOK dan lainnya. Dengan begitu, juga mempermudah Bapak/Ibuguru dalam memilih manakah soal yang kategori PPKN, Bahasa Indonesia, atau yang lainnya.

Silahkan bagi Bapak/Ibu guru yang ingin mendapatkan Contoh Soal UTS Kelas 6 SD  Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018 bisa langsung klik tautan berikut ini:

Semester 1

  • Soal PTS/UTS Kelas 6 SD Semester 1 Tema 1.1 dan 1.2 – Download
  • Soal PTS/UTS Kelas 6 SD Semester 1 Tema 1.3 dan 2.1 – Download
  • Soal PTS/UTS Kelas 6 SD Semester 1 Tema 2.2 dan 2.3 – Download
  • Soal PTS/UTS Kelas 6 SD Semester 1 Tema 3.3 – Download

Semester 2

  • Soal PTS/UTS Kelas 6 SD Semua Tema – Download RAR
  • Soal PTS/UTS Matematika Kelas 6 SD – Download
  • Kisi-Kisi PTS/UTS Matematika Kelas 6 SD – Download

Sebagai informasi tambahan, soal UTS Kelas 6 Sekolah Dasar K13 Revisi 2018 yang kami bagikan kali ini hanya bisa dijadikan sebagai contoh ataupun referensi. Meskipun demikian, juga tidak dilarang jika nantinya langsung digunakan sebagai soal tes uji pada Penilaian Tengah Semester atau Ulangan Tengah Semester. Yang perlu diingat, Anda wajib untuk memeriksannya terlebih dahulu.

Baca juga: Aplikasi KKM SD Kurikulum 2013

Demikian pembahasan singkat yang dapat kami sampaikan mengenai soal UTS kelas 6 K13 Revisi 2013 secara lengkap beserta contoh filenya yang bisa Anda dapatkan secara gratis. Semoga apa yang telah kami sampaikan kali ini bisa memberikan manfaat bagi pembaca semua, terutama bagi Bapak/Ibu guru kelas 6 Sekolah Dasar sehingga dapat membantu dalam penyusunan soal. Terima kasih sudah mengunjungi website kami.

Ayo Cilacap - - - -