Soal UTS Matematika SD Kelas 4 Kurikulum 2013

Posted on

Soal UTS Matematika Kelas 4 SD – Belajar matematika bisa dibilang gampang-gampang susah. Dibutuhkan keberanian dan kerajinan seorang peserta didik untuk mempelajari pelajaran yang terkenal sulit ini. Khusus bagi peserta didik yang duduk di sekolah dasar atau SD kelas 4, belajar matematika sebenarnya bisa menjadi hal yang sangat mudah. Namun dengan syarat murid harus mengasah otak dan pengayaan cara berpikir dengan terus mengerjakan latihan soal matematika.



Dasar yang kuat mengenai ilmu matematika dapat membantu untuk menumbuhkan pemikiran secara logis pada diri seorang murid. Selain itu, juga dapat membantu murid untuk menyelesaikan berbagai soal matematika dalam tingkat yang lebih lanjut, seperti dalam jenjang SMP ataupun di SMP.

Pengelolaan cara berpikir secara sistematis dapat membantu seorang murid untuk memahami ilmu matematika ini dengan baik. Pondasi yang cukup kuat mampu membentuk pengetahuan serta pola pikir peserta didik sehingga lebih matang.

Berkaitan dengan pemecahan masalah dalam matematika dan pembentukan pola pikir ini, gurupengajar.com pada kesempatan kali ini akan memberikan beberapa contoh soal matematika kelas 4 SD untuk UTS Semester 1 dan 2 kurikulum 2013 yang mudah untuk dipahami dan diselesaikan.

Baca juga: Soal UTS PJOK Kelas 4 SD Semester 1 Dan 2

Kompetensi Dasar (KD) Mata Pelajaran Matematika Kelas 4 SD/MI

Ulangan Tengah Semester atau UTS sendiri merupakan kegiatan yang dilakukan oleh guru dengan tujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melakukan kegiatan pembelajaran selama 8 sampai 9 minggu.



Cangkupan ulangan tengah semester meliputi semua indikator yang merepresentasikan semua KD pada periode tersebut.  Berikut ini adalah kompetensi dasar mata pelajaran matematika kelas 4 SD/MI:

3.1 Menjelaskan mengenai semua pecahan yang senilai dengan gambar dan model konkret

4.1 Mengidentifikasi semua pecahan yang senilai dengan gambar dan model konkret

3.2 Menjelaskan semua bentuk pecahan seperti pecahan biasa, pecahan campuran, pecahan desimal, persen dan menjelaskan hubungan diantaranya.

4.2 Mengindentifikasi semua bentuk pecahan seperti pecahan biasa, pecahan campuran, pecahan desimal, persen dan menjelaskan hubungan diantaranya.

3.3 Menjelaskan dan melakukan penaksiran mulai dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dari dua bilangan cacah ataupun campuran.



4.3 Menyelesaikan semua masalah dalam penaksiran mulai dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dari dua bilangan cacah ataupun campuran.

3.4 Menjelaskan mengenai faktor dan kelipatan dari sebuah bilangan.

4.4 Mengidentifikasi faktor dan kelipatan dari sebuah bilangan.

3.5 Menjelaskan mengenai bilangan prima.

4.5 Mengindentifikasi mengenai bilangan prima.

Leave a Reply

Your email address will not be published.